Tekno

5 Tips Merawat ASUS ROG agar Tahan Lama

Perkembangan industri game sekarang memang sedang melaju pesat. Hal itu bisa terlihat dari banyaknya varian perangkat game mulai dari konsol sampai dengan laptop gaming.

Khusus untuk laptop gaming, salah satu yang terbaik tentu adalah produk dari ASUS bernama ASUS ROG. Kehadiran laptop gaming tersebut membuat bermain game bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Namun, karena memang intensitas pemakaiannya cukup tinggi, perangkat laptop ini harus dirawat dengan baik. Apalagi perangkat tersebut juga punya pasaran harga cukup tinggi.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan beberapa tips perawatan berikut ini agar laptop gaming bisa bertahan dalam waktu lama.

Tips Perawatan Laptop Gaming ASUS ROG

1. Gunakanlah Cooler Fan Eksternal

Pada saat perangkat gaming digunakan untuk bermain game, secara otomatis suhunya pasti akan menjadi lebih panas. Jika dibiarkan, tentu ini akan membuat hardware ataupun komponen lain di dalam perangkat terkena dampaknya.

Kondisi seperti itu biasanya dikenal dengan istilah overheat. Paling umum, masalah ini akan menimbulkan dampak pada graphic card serta CPU.

Pada produk gaming ROG, memang sudah tersedia pendingin internal yang cukup memadai. Namun, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, menambahkan cooler fan atau pendingin eksternal tambahan dapat menjaga komponen dan hardware laptop jadi lebih awet lagi.

2. Lebih Baik Gunakan Keyboard External

Untuk bermain game, biasanya Anda akan menggunakan keyboard dan mouse. Jika terus digunakan, tentu lama-lama keyboard akan mengalami kerusakan.

Nah, untuk mengatasi terjadinya kerusakan, sangat disarankan bagi Anda untuk menggunakan perangkat keyboard eksternal saja. Selain itu, gunakan juga mouse eksternal untuk meminimalkan terjadinya kerusakan hardware.

3. Batasi Waktu Bermain

Seperti diketahui, spesifikasi gaming laptop sangatlah tinggi. Hal itu bertujuan agar perangkat dapat memainkan berbagai macam game dengan berbagai kualitas.

Nah, agar komponen PC jadi lebih awet, Anda dapat mencoba untuk memberikan batasan pada waktu bermain. Hal tersebut karena setinggi apapun kualitas laptop, jika penggunaannya berlebihan dapat membuatnya berumur pendek.

4. Bersihkan Secara Berkala

Selanjutnya, jangan lupa juga untuk rajin membersihkan komponen laptop dari debu. Bersihkanlah bagian layar, keyboard, serta berbagai bagian lainnya dengan kain lap setengah basah.

Setelah dibersihkan, pastikanlah bahwa tidak ada bagian yang masih basah agar tidak menyebabkan jamur. Selain itu, bersihkan juga kipas laptop untuk membuat proses pendinginan tetap berjalan optimal saat digunakan.

5. Pastikan Daya Listrik Stabil

Hal yang tidak kalah penting untuk merawat ROG adalah pastikan bahwa daya listrik yang digunakan stabil. Salah satu contohnya adalah dengan menggunakan pengisi daya original dari ASUS.

Apabila komponen listrik yang digunakan original, maka bisa dipastikan penyaluran listrik di perangkat akan berjalan maksimal. Dengan begitu, kondisi mesin komponen dapat bertahan dalam waktu lebih lama.

Demikian tadi tips yang bisa digunakan dalam merawat Laptop ASUS ROG. Rajin-rajinlah melakukan perawatan tersebut agar laptop dapat berumur panjang. Selain dapat membuatnya tahan lama, perawatan akan menghindarkan Anda dari biaya service yang besar di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.