Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

11 Cara Agar Bibir Tidak Kering Dengan Mudah Dan 100% Alami

Bibir kering adalah kondisi yang sulit untuk dihindari dan jarang bisa disembuhkan secara langsung. Banyak orang yang lebih memilih untuk mencegahnya sebelum terjadi. Untuk sebagian yang lain menganggap bibir yang kering tidak bisa untuk dicegah, bibir kering dan pecah-pecah adalah sebuah gejala ataupun efek samping yang harus dihadapi. Sebagian besar bibir kering dan pecah-pecah dapat diatasi dan dapat dicegah.

Ada kesengasaraan tersendiri yang dirasakan ketika anda memiliki bibir kering dan pecah-pecah. Penderitaan yang dirasakan tidak hanya menyakitkan namun juga dapat membuat bibir anda yang dulunya cantik berubah menjadi seperti bibir zombie. Masalah bibir kering dan pecah-pecah akan bertambah parah pada musim dingin dan dapa terjadi kapan saja sepanjang tahun.

Cara Agar Bibir Tidak Kering Dengan Mudah

Jika bibir anda kering dan pecah-pecah maka sebaiknya menghindari penggunaan pelembap bibir tertentu untuk kebaikan anda. Aroma, warna yang mencolok dan bahan-bahan yang terkandung pada beberapa merek pelembap bibir akan membuat iritasi pada bibir anda lebih parah.

Berikut ini akan dijelaskan tentang cara agar bibir tidak kering dan menyembuhkannya secara alami dengan menghindari iritasi yang lebih parah.

1. Gosokkan petroleum jelly atau beeswax ke bibir anda

Adalah dua bahan utama untuk perawatan bibir kering yang direkomendasikan oleh Institusi Kesehatan Nasional. Beeswax mengandung propolis yang mana berfungsi sebagai anti peradangan dan berguna dalam pengobatan. Petroleum jelly adalah pelembap yang akan melembapkan dan melindungi bibir anda.

2. Letakkan atau gosokkan irisan mentimun di bibir anda selama lima menit

Buah mentimun sudah banyak menunjukkan bahwa bahan yang satu ini adalah pelembap paling efektif karena kandungan vitamin B5 di dalamnya. Vitamin B5 akan melembutkan kulit dan mengurangi peradangan yang terjadi.
Anda bisa mengaplikasannya dengan menghaluskan mentimun dan letakkan pada bibir beberapa kali dalam sehari

3. Menggunakan minyak almond atau minyak kelapa sebagai pengganti pelembap bibir

Kedua bahan tersebut adalah bahan yang bisa melembepkan dan membuat kulit bibir anda tetap elastis. Minyak almond dan minyak kelapa juga merupaka agen anti peradangan yang dapat digunakan dalam penyembuhan bibr kering dan pecah-pecah. Minyak kelapa juga dalam mempercepat penyembuhan dengan mengurangi resiko infeksi dan meringankan nyeri. Hal tersebut yang menyebabkn mengapa minyak kelapa adalah pilihan terbaik untuk perawatan bibir kering dan pecah-pecah.

  • Jenis minyak lain yang digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah adalah minyak zaitun, minyak jojoba, kanola dan mustard. Minyak-minyak tersebut memiliki sifat melembapkan dan melindungi dari bibir kering dan pecah-pecah walaupun khasiatnya tidak seperti minyak almond dan minyak kelapa.

4. Gosokkan coklat atau shea butter ke bibir anda

 

kedua bahan ini memiliki sifat melembapkan dan sebagai agen anti peradangan. Bahan-bahan tersebut akan menjaga kelembapan dan melindungi bibir anda. Coklat dan shea butter juga mengandung anti oksidan yang akan membantu mencegah kerusakan yang lebih parah pada bibir anda karena sengatan sinar matahari.

5. Tempatkan beberapa tetes krim susu di atas bibir anda

Kandungan lemak yang ada dalam krim susu akan menjadi pelembap bibir yang efektif walaupun tidak memiliki fungsi sebagai anti peradangan dan penyembuhan seperti pada beberapa jenis minyak lainnya.
Walaupun begitu jika anda tidak memiliki minyak atau butter maka anda dapat menggantikannya dengan menggunakan krim susu ini. Biarkan krim susu pada bibir selama kurang lebih sepuluh menit, dan kemudian bersihkan dengan air hangat.

6. Oleskan lidah buaya pada bibir anda

Anda dapat mendapatkan lidah buaya di toko ataupun dengan membeli tanaman lidah buaya, kemudian memetik beberapa daun dan menghaluskannya. Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung agen anti peradangan yang dapat mempercepat penyembuhan kulit. Namun ada beberapa dokter yang beranggapan bahwa dengan menggunakan lidah buaya malah akan membuat iritasi lebih parah. Jadi anda perlu hati-hati dalam menggunakan lidah buaya untuk mengatasi bibir kering anda.

7. Mengonsumsi vitamin E dan vitamin C

Ketika vitamin E dan vitamin C dikonsumsi secara bersamaan akan membantu mempercepat penyembuhan kulit yang iritasi, terutama jika iritas kulit anda dikarenakan panas sinar matahari. Beberapa situs kecantikan menganjurkan untuk mengaplikasikan langsung minyak vitamin E pada bibir anda, namun beberapa dokter juga memberi peringatan agar menggunakan vitamin E dengan hati-hati karena ada kemungkinan malah akan mengiritasi kulit.

8. Minum air dengan jumlah cukup

Dehidrasi adalah hal yang paling sering menjadi penyebab bibir yang kering. Hal ini dikarenakan ketika musim dingin dating banyak orang yang minum sedikit sehingga kebutuhan airnya tidak terpenuhi. Jika bibir anda kering dan pecah-pecah maka cobalah untuk minum sebanyak 8 gelas air dalam sehari agar anda tetap terhidrasi.

9. Hindari menjilat bibir

Anda mungkin tanpa sadar melakukan kebiasaan ini. Kebanyakan orang berpikir bahhwa dengan menjilat bibir akan membantu melembapkan bibir anda, namun kenyataannya justru sebaliknya. Dengan menjilat bibir anda akan mendapatkan efek yang sebaliknya yaitu bibir anda akan semakin kering. Karena adanya minyak yang ikut hilang ketika anda menjilat bibir mengakibatkan bibir anda akan tambah kering dan pacah-pecah.

  • Anda dapat mengaplikasikan pelembap bibir dengan lumayan sering agar mengingatkan anda agar tidak menjilat bibir ataupun menggigitnya. Gunakan pelembap bibir yang mengandung SPF.
  • Anak yang berusia antara 7-15 bulan cenderung akan memiliki kebiasaan menjilat bibir

10. Menghilangkan kulit atau sel-sel mati pada bibir

Jika bibir anda memiliki lapisan yang kering maka dengan menghilangkan sel kulit mati pada bibir anda akan mengembalikan bibir anda yang halus. Anda dapat membeli alat yang ada di toko kecantikan untuk melakukan penghilangan kulit mati. Namun anda juga dapat mengikuti resep alami yang dapat anda lakukan sendiri di rumah.

11. Hindari menarik kulit atau sel-sel mati dengan tangan

Menggaruk, dan menarik kulit atau sel-sel mati pada bibir atau menggigit bibir sangat dilarang ketika anda memilliki bibir yang kering. Dengan menarik kulit bibir akan menyebabkan iritasi atau luka yang akan menyebabkan perdarahan. Anda tidak dianjurkan menarik sel mati karena akan memicu adanya infeksi.

Bibir kering dan pecah-pecah merupakan salah satu gejala dari kondisi kesehatan atau kondisi medis tubuh salah satunya adalah penyakit auto imun (penyakut lupus dan penyakit crihn), penyakit tiroid, dan psoriasis. Orang dengan penyakit Syndrome down juga biasanya memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah.

Demikian beberapa cara agar bibir tidak kering yang dapat anda lakukan dengan alami dan dapat dilakukan di rumah tanpa harus kesusahan. Daerah bibir adalah daerah yang sangat menunjang penampilan anda, maka anda perlu memberi perhatian ekstra agar penampoilan anda tetap menarik.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.