Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

6 Cara Membesarkan Betis Yang Mudah Dan Terbukti Berhasil

Bagi wanita mungkin memiliki betis yang besar dapat mengurangi rasa percaya diri. Tetapi berbeda dengan para laki – laki yang justru bangga jika memiliki betis yang besar dan berotot. Namun membuat betis jadi lebih besar dan berotot bukanlah perkara yang mudah. Terdiri dari dua otot utama yakni soleus dan gastrocnemius, membuat massa otot pada betis sangat sulit untuk bertambah.

Cara Membesarkan Betis Dengan Cepat

Meskipun demikian bukan berarti tak mungkin untuk memiliki betis yang besar nan berotot. Hanya saja butuh perjuangan ekstra dan tekad yang luar biasa serta konsisten saat ingin mendapatkannya. Berikut beberapa cara membesarkan betis yang bisa Anda lakukan di mana saja.

1. Cukupi Kebutuhan Kalori Tubuh

Cara sederhana untuk membesarkan betis yang paling penting untuk diperhatikan ialah penuhi kebutuhan kalori. Namun bukan berarti Anda boleh sembarangan dalam memilih makanan. Pastikan jika sumber kalori yang didapat berasal dari bahan makanan sehat dan bukannya junk food.

Sebab ketika Anda memutuskan untuk melatih otot perut dan membentuknya, kebutuhan kalori di dalam tubuh harus tercukupi dengan baik agar hasil yang didapat pun menjadi maksimal. Berikut beberapa bahan makanan yang tinggi sumber kalorinya, di antaranya:

  • Daging,
  • Tahu,
  • Gandum utuh (whole grain),
  • Kacang-kacangan,
  • Buah – buaahan serta sayuran.

Selama berasal dari sumber yang sehat, Anda bisa mengkonsunsi makanan tersebut seberapa pun dan sesering mungkin. Namun ingat, Anda pun juga harus membatasi beberapa jenis bahan makanan. Seperti gula, makanan kemasan atau olahan, junk food atau siap saji, gluten serta atas cemilan. Sebab bahan makanan tersebut hanya akan membuat Anda cepat merasa lelah saat latihan.

2. Perkaya Asupan Protein

Protein tak hanya penting untuk membantu pembentukan tulang dan jaringan di dalam tubuh,tetapi juga penting untuk pembentukan otot. Sehingga jika Anda ingin memiliki bentuk betis yang besar dan berotot maka protein harus ada dalam daftar diet Anda. Sumber protein yang bisa Anda pilih bisa berasal dari tumbuhan atau pun hewan.

Misalnya.

  • Daging, baik daging sapi, ikan, dan ayam. Usahakan untuk memilih daging tanpa lemak.
  • Telur, pilih bagian putihnya saja dan dimasak dengan direbus bukan digoreng.
  • Susu, termasuk susu rendah lemak
  • Kacang-kacangan, serta produk turunannya seperti tahu, tempe, susu kedelai dan bahan makanan lainnya.

3. Latihan Kardio

Beberapa orang beranggapan jika latihan kardio nantinya akan membuat ukuran betis jadi lebih kecil. Meskipun tak sepenuhnya salah, namun dengan fokus latihan yang tepat Anda justru dapat memiliki betis besar yang Anda impikan.

Latihan kardio yang bisa Anda coba untuk melatih betis jadi besar ialah dengan latihan dipermukaan yang tinggi. Seperti hiking atau mendaki, berlari atau bersepeda di area pegunungan yang banyak area tanjakannya. Atau bisa juga dengan berlari di tangga.

Latihan kardio tersebut tak hanya membuat otot betis jadi terbentuk tetapi juga meningkatkan ketahanan tubuh. Selain itu latihan tersebut juga ampuh untuk meningkatkan kekuatan otot betis.

Saat latihan kardio ini perhatikan frekuensi waktu saat latihan. Jangan terlalu lama cukup selama 30 menit setiap hari dalam satu minggu. Ini karena jika Anda terlalu lama berlari, ukuran betis Anda bisa mengecil. Bukan berarti Anda harus menghentikan latihan kardio, hanya saja ubah medannya jadi lebih menanjak dan menantang. Maka otot betis akan terbentuk dengan ideal.

4. Latihan Calf Raises

Banyak orang mengira hanya dengan melakukan beberapa latihan saja dapat membuatnya memiliki betis besar yang diinginkan. Nyatanya, tak semudah itu, setiap kali Anda bergerak dan berjalanbetis akan turut bergerak dan berkontraksi. Sehingga butuh latihan ekstra untuk membentuknya jadi lebih besar dan kuat. Latihan yang biasa Anda lakukan mungkin bisa saja kurang maksimal. Salah satunya dengan latihan dumbell lunge.

Latihan ini bisa dilakukan dengan menggunakan dumbel. Repetisi untuk latihan ini cukup bervariasi tergantung dari kondisi betis Anda dan workout rutin yang sedang Anda jalani. Latihan ini sangat bagus tak hanya untuk membentuk betis lebih besar, tetapi juga untuk mengurangi lemak di perut, membentuk bokong dan paha baik bagian depan maupun belakang.

Untuk latihan awal, Anda boleh saja tak menggunakan beban untuk latihan ini. Tetapi jika Anda ingin membentuk otot lebih besar, ada baiknya untuk menambahkan beban. Sesuaikan berat beban dengan kemampuan agar tak terjadi cedera saat latihan. Berikut langkah yang harus Anda lakukan, di antaranya.

  • Mulailah dengan posisi berdiri tegakdan buka kaki selebar bahu sambil memegang dumbbell di kedua tangan. Jika mau, Anda dapat memegang dumbbell di bahu.
  • Kemudian langkahkan kaki kiri ke depan, dan tekuk lutut kaki kanan hingga menempel di lantai.
  • Jaga agar bagian torso tetap tegak di atas lantai.
  • Kemudian angkat tubuh kembali ke posisi awal, lalu ulangi gerakan yang sama untuk kaki yang satunya.
  • Lakukan repetisi gerakan hingga 15 kali, beri jeda waktu sebentar kemudian ulangi lagi gerakan tersebut sebanyak 15 kali.

5. Latihan Box Jump

Cara membesarkan betis yang selanjutnya ialah dengan latihan box jump. Latihan ini cukup simpel dan praktis karena tak membutuhkan banyak peralatan. Juga sangat bagus untuk pembentukan betis.

Anda hanya membutuhkan sebuah kotak yang kuat atau bangku yang tidak akan mudah bergeser jikadilompati atau terinjak. Jika Anda ingin latihan yang lebih menantang, coba gunakan kotak atau bangku yang lebih. Saat melakukan latihan ini hindari penggunaan dumbbell, karena dapat menyulitkan Anda ketika ingin meraih kotak untuk berpegangan. Berikut langkah yang perlu Anda ikuti, di antaranya.

  • Berdirilah tegak lurus dengan jari – jari kaki mengarah pada kotak yang ada di depan Anda.
  • Kemudian lompatlah ke atas kotak tersebut dengan tumit yang pertama mendarat di atas kotak.
  • Setelah itu lompatlah kembali ke bawah ke posisi awal.
  • Lakukan gerakan tersebut dalam 15 kali repetisi, berikan jeda istirahat sebentar dan ulangi kembali dalam 15 kali.

6. Latihan Leg Extenssion

Selanjutnya Anda pun dapat memilih latihan Leg extenssion untuk mendapatkan betis yang besar. Latihan ini memerlukan alat khusus, jadi Anda perlu pergi ke gym untuk melakukannya. Gunakan beban sesuai dengan kemampuan fisik Anda dan jangan memaksakan diri, mulailah dengan beban yang ringan lebih dahulu. Berikut cara melakukannya.

  • Duduklah dengan santai di alat leg extension.
  • Pilih beban yang sudah disesuaikan, lalu angkat kaki yang telah diberikan beban tadi sebanyak 8 hingga 10 kali repetisi tanpa jeda.
  • Kemudian turunkan kaki untuk memberi jeda beristirahat. Lalu ulangi latihan sebanyak 3 set latihan.
    Perlu diingat untuk latihan di gym, Anda memerlukan trainer agar latihan yang dilakukan lebih terarah dan tepat. Supaya hasil yang diinginkan bisa didapat dengan lebih maksimal.

Demikian cara membesarkan betis dengan mudah. Meskipun latihan atau cara tersebut cukup mudah untuk dilakukan. Tetapi otot betis tak sama dengan bagian lain yang bisa bertahan walau tidak latihan rutin. Sehingga kuantitas latihan sangat penting untuk dijaga disamping kualitas latihan juga asupan nutrisi yang tepat. Semoga bermanfaat.

Pencarian:

  • bagaimana cara membesarkan kentol
  • latihan membesarkan betis
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.