Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

3 Cara Membuat Masker Pepaya Untuk Memutihkan Dan Kecantikan Wajah

Pepaya merupakan salah satu buah kaya kandungan betakaroten, enzim dan fitokimia yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Enzim di dalam pepaya dapat memperlambat munculnya garis halus awal keriput di wajah, dengan mengurangi serangan radikal bebas. Rahasianya ada pada kandungan enzim papain yang dimiliki pepaya, enzim tersebutlah yang mampu membuat kulit menjadi lebih terang dan mengurangi noda bekas jerawat.Serta dapat mengangkat sel kulit mati secara alami.

Kandungan Nutrisi dalam Pepaya

Menurut penelitian, di dalam buah pepaya terdapat kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat baik untuk tubuh.Tak mengherankan jika pepaya menjadi bahan alami yang cukup populer untuk merawat kecantikan wajah. Agar tidak penasaran mengapa pepaya bisa begitu luar biasa untuk kecantikan, berikut informasi tentang kandungan nutrisi yang dimilikinya.

  • Vitamin A

Pepaya merupakan buah yang kaya Vitamin A, ini terlihat dari daging buahnya yang berwarna jingga atau kuning kemerahan ketika sudah matang. Manfaat Vitamin A sendiri tak hanya baik untuk kesehatan mata saja tetapi juga untuk kulit. Misalnya saja mampu melembabkan kulit kering dan terkelupas, mengurangi bintik hitam dan noda bekas jerawat serta menunda penuaan.

  • Vitamin C

Tak hanya mampu menyembuhkan sariawan, Vitamin C pada pepaya juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Misalnya saja membantu meningkatkan produksi kolagen serta membuat kulit terasa lebih kenyal dan kencang.

  • Enzim Papain

Enzim papain menjadi enzim utama buah pepaya yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan kulit.Seperti meregenerasi sel kulit, sifat anti inflamasi dari enzim papain tersebut mampu mengatasi masalah jerawat, eksim, rosacea dan masalah kulit lainnya. Enzim tersebut juga bekerja sebagai eksfoliator dengan mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah hingga mengurangi adanya masalah hiperpigmentasi.

  • AHA dan Potasium

Kandungan AHA atau alpha hidroxy acid membantu mengelupaskan sel kulit mati yang tertinggal di kulit. Sedangkan potasium membantu menghidrasi dan melembabkan kulit yang kering.

Cara Membuat Masker Papaya Dengan Mudah

Sebelum mulai membuat masker pepaya, pastikan benar bahwa Anda tidak memiliki jenis kulit yang sensitif. Hal ini karena kandungan enzim papain dan AHA yang ada dalam pepaya sangat mungkin menimbulkan iritasi pada kulit sensitif.Untuk itu sebelum mengaplikasikan masker pada wajah, cobalah pada bagian lengan atas bagian dalam Anda untuk memastikan kandungan tersebut aman untuk kulit wajah. Berikut beberapa cara membuat masker papaya yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

1. Masker Pepaya Pencerah Wajah Berjerawat

Memilik masalah jerawat memang sangat menjengkelkan sebab dapat meninggalkan bekas yang membuat wajah terlihat kusam dan kotor. Namun tenang saja karena masker pepaya, lemon dan madu dapat memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Semua bahan masker tersebut memiliki kandungan anti bakteri yang mampu mengatasi jerawat yang disebabkan oleh bakteri. Tak hanya sampai di situ saja, pepaya pun memiliki sifat deep cleansing yang mampu membersihkan kotoran di wajah secara menyeluruh.

Cara membuat masker pepaya ini juga tidaklah sulit, berikut langkah – langkahnya.

  • Siapkan bahan – bahannya, seperti ¼ bagian buah pepaya setengah matang, 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh air perasan lemon.
  • Cara membuatnya, pertama haluskan pepaya setengah matang tadi hingga lumat dan halus.
  • Kemudian campurkan madu dan air perasan lemon, aduk semua hingga tercampur rata seluruhnya dan masker siap digunakan.
  • Sebelum mengaplikasikan masker pada wajah, bersihkan wajah terlebih dahulu baik dari sisa-sisa make up atau kotoran yang menempel.
  • Lalu aplikasikan masker ke seluruh wajah kecuali mata dan mulut. Tunggu hingga mengering atau selama 15 menit.
  • Kemudian bersihkan wajah dari sisa masker yang menempel dengan air hangat. Ulangi sekali lagi tapi dengan air dingin.

2. Masker Pepaya Penghalau Keriput

Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit pun ikut menurun. Hal ini kemudian membuat wajah muncul keriput serta terasa lebih kering dan kusam. Tetapi jangan khawatir karena pepaya selalu bisa jadi solusi jitu mengatasi masalah kulit wajah. Apalagi jika dipadukan dengan bahan alami lainnya seperti mentimun dan juga pisang.

Pisang pun sangat baik untuk membuat kulit yang kasar jadi lebih lembut dan menghidrasi kulit dengan baik. Lalu mentimunmampu mengurangi inflamasi dan masalah sun burnpada kulit. Sedangkan pepayamampu mengurangi hiperpigmentasi pada kulit.

Kombinasi dari seluruh bahan tersebut mampu memberikan kelembaban pada kulit serta mencerahkannya secara bersamaan. Untuk membuat masker pepaya inisendiri pun tidaklahsulit. Berikut langkah yang perlu dilakukan.

  • Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti ¼ bagian pepaya setengah matang, ¼ bagian mentimun berukuran sedang, dan ½ bagian pisang.
  • Kupas semua bahan kemudian cuci hingga bersih lalu masukkan semua bahan dalam blender, haluskan hingga benar-benar halus.
  • Kemudian aplikasikan masker tersebut merata ke seluruh wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan lebih dulu.
  • Diamkan masker hingga 15 menit, agar semua nutrisi meresap dengan baik.
  • Setelah itu bilas wajah menggunakan air hangat terlebih dulu agar sisa-sisa masker terangkat semua.
  • Lalu bilas kembali dengan air dingin agar wajah menjadi lebih fresh.

Untuk hasil masker terbaik, gunakan pepaya dan pisang yang benar-benar matang. Agar tak mengotori baju, ada baiknya Anda gunakan celemek untuk menjaga agar tak ada bahan masker yang jatuh atau tumpah pada baju atau lantai.

3. Masker PepayaPenghalau Pori-Pori Besar

Pori-pori besar dapat membuat make up jadi terlihat kurang sempurna. Selain itu wajah dengan pori-pori yang besar cenderung lebih mudah terkena masalah, seperti jerawat dan produksi minyak berlebih. Tak perlu khawatir sebab pepaya pun juga bisa mengatasi masalah tersebut, apalagi jika dikombinasikan dengan putih telur.

Kedua bahan tersebut mampu membuat pori-pori jadi lebih kecil serta mengurangi produksi minyak berlebih. Karenanya masker pepaya dengan putih telur tersebut sangat cocok untuk pemilik kulit wajah berminyak. Berikut be cara membuat masker papaya dan putih telur, di antaranya.

  • Siapkan ¼ bagian pepaya setengah matang dan telur yang sudah dipisahkan putih telurnya.
  • Kupas kulit pepaya kemudian cuci hingga bersih lalu lumatkan hingga halus.
  • Dalam mangkuk terpisah, kocok telur putih hingga berbusa
  • Kemudian campur kedua bahan tersebut menjadi satu, masker pepaya dan putih telur pun siap digunakan.
  • Setelah wajah dibersihkan dari kotoran dan sisa make up, kemudianaplikasikan masker tersebut ke seluruh wajah secara merata. Biarkan mengering atau setidaknya selama 15 menit.
  • Setelah itu bersihkan wajah dari sisa masker dengan menggunakan air hangat terlebih dahulu.
  • Kemudian gunakan air dingin untuk membasuh wajah yang terakhir untuk menutup pori-pori yang terbuka.

Masker pepaya yang sudah dibuat ini bisa tahan selama 3 hari jika disimpan dalam lemari es. Setelah itu sebaiknya dibuang karena bisa saja sudah terkontaminasi dan dapat mengiritasi kulit wajah. Penggunaan bahan alami sebagai masker dapat memberikan manfaat yang jauh lebih besar dengan efek samping yang hampir kecil sekali.Asalkan bahan yang digunakan sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.