Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

11 Cara Mencegah Kanker Serviks Yang Direkomedasikan Sejak Dini

Kanker serviks merupakan penyakit memantikan yang hingga sekarang menjadi momok menakutkan bagi para wanita. Tak jarang kita mendengar kasus wanita mulai dari wanita biasa hingga entertainer yang menjadi korban keganasan penyakit satu ini.

Cara Mencegah Kanker Serviks Secara Aman dan Alami

Oleh karena itu, Anda wajib mengetahui 11 cara mencegah kanker serviks secara aman dan alami sedari dini agar penyakit ganas satu ini tak mudah menyerang.

1. Bawang putih

Salah satu cara mencegah kanker serviks dengan aman dan alami adalah dengan menggunakan bawang putih

Yang perlu disiapkan :

  • 3-4 siung bawang putih

Yang harus dilakukan :

  • Kupas dan potong bawang putih menjadi bagian-bagian kecil
  • Biarkan selama 15 menit untuk dimasak
  • Proses ini berguna untuk mengaktifkan enzim dan mengeluarkan sulfur

Lakukan perawatan ini sesering Anda bisa untuk dapatkan hasil maksimal. Sulfur yang terkandung di dalam bawang ini berguna untuk mempercepat perbaikan sel DNA dan membunuh sel kanker di dalam tubuh.

2. Tomat

Buah dengan sensasi asam manis yang menyegarkan ini selain sering digunakan untuk minuman dan pelengkap makanan, ternyata juga memiliki khasiat baik bagi kesehatan.

Yang harus dilakukan :

  • Konsumsi tomat setiap hari minimal 1 buah
  • Sebaiknya konsumsi tomat segar yang sudah Anda cuci bersih atau dijus

Kandungan antioksidan kuat pada tomat terbukti ampuh menangkal sel kanker yang berkembang mulai dari kanker serviks, kanker payudara, kanker paru, dan lainnya.

3. Wortel

Sayuran berwarna jingga cerah dan sangat mudah didapat ini dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mata dan kulit. Namun, mengonsumsi wortel secara teratur ternyata bisa membantu mencegah kanker serviks.

Yang harus dilakukan :

  • Konsumsi wortel segar yang dibuat jus secara rutin
  • Jika tidak biasa mengonsumsi wortel mentah, Anda bisa memasaknya dengan cara dikukus atau direbus.

Menurut beberapa penelitian, antioksidan tinggi yang terkandung pada wortel dapat melawan virus penyebab utama kanker serviks, Human papiloma virus. Selain itu kandungan falcarinolnya juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Luar biasa, bukan?

4. Bayam

Sayuran hijau yang banyak mengandung zat besi dan asam folat ini ternyata juga memiliki kandungan senyawa khusus untuk mencegah kanker serviks

Yang harus dilakukan :

  • Konsumsi bayam secara rutin setiap 2-3 kali seminggu
  • Anda bisa mengonsumsi bayam dengan cara disayur bening, ditumis atau pun direbus
  • Konsumsilah bayam yang sudah diolah sebelum 6 jam sejak bayam disajikan

Bayam diketahui mengandung karoten dan antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas yang buruk bagi kesehatan dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

5. Brokoli

Sayuran hijau kaya manfaat ini juga ternyata memiliki khasiat luar biasa untuk mencegah berbagai macam penyakit hingga kanker serviks pada wanita.

Yang harus dilakukan :

  • Konsumsi sayuran ini dengan cara direbus, ditumis, maupun dikonsumsi mentah secara rutin

Brokoli diketahui mengandung enzim yang bermanfaat untuk melindungi tubuh. Selain itu, kandungan sulforaphane berfungsi sebagai alat detoksifikasi alami tubuh dari paparan zat-zat berbahaya setiap harinya sehingga menekan resiko menderita penyakit kanker.

6. Stroberi

Buah berwana merah menggoda dengan citarasa lezat yang memanjakan lidah ini sudah dikenal dengan khasiatnya pada kecantikan dan kesehatan tubuh.

Anda bisa mengonsumsi buah stroberi langsung secara rutin untuk mendapatkan berbagai kebaikan yang dikandung buah ini. Stroberi memiliki kandungan antioksidan tinggi dan asam elagic yang berguna sebagai anti kanker dan memperlambat perkembangan sel kanker yang sudah ada.

7. Gandum utuh

Bahan makanan yang diketahui memiliki serat tinggi ini ternyata juga memiliki khasiat anti kanker yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung gandum utuh seperti biskuit, roti, dan makanan lainnya. Untuk makanan kemasan, Anda bisa memastikan kandungan gandum utuh yang tertera pada tiap kemasan.

Gandum utuh memiliki kandungan saponin dan lignan, antioksidan yang mampu menghambat perkembangan dan pertumbuhan sel kanker. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi juga sangat baik untuk kesehatan pencernaan Anda.

8. Hindari stress

Manusia yang hidup di muka bumi ini pasti selalu dihadapkan pada masalah-masalah yang rentan memicu stress. Namun, jika Anda berkeinginan hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit berat seperti kanker, hindari stress dan latih diri Anda berpikir positif setiap saat.

Menurut penelitian, stress dipercaya dapat memicu terjadinya penyakit-penyakit ringan hingga berat dan memperparah kondisi kesehatan pasien yang sudah menderita sakit sebelumnya.
Jadi, semangati diri Anda dalam menghadapi beban hidup, berpikirlah positif, dan hindari stress atau kecemasan yang berlebihan terhadap sesuatu.

9. Hindari makanan yang dibakar

Jika Anda adalah penggemar makanan yang dibakar seperti ayam bakar, sate, dan lainnya, mulai saat ini bisa mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut demi menjaga kesehatan tubuh. Makanan yang dibakar diketahui memiliki kandungan karsinogen (zat pemicu kanker) lebih tinggi daripada makanan yang diolah dengan cara lainnya.

Jika Anda telanjur atau terpaksa mengonsumsi makanan yang dibakar, usahakan memakan bagian yang matang sempurna dan bukan bagian yang menghitam karena terpapar api langsung.

10. Pola makan dan pola hidup sehat

Selain mengonsumsi makanan-makanan sehat yang sudah disebutkan di atas, Anda juga wajib menjaga pola makan dan pola hidup agar terhindar dari beragam penyakit termasuk kanker. Ubah pola makan Anda dengan memperbanyak menu buah dan sayur demi mencukupi kebutuhan serat dan vitamin harian. Jangan lupa berolahraga secara teratur dan hindari mengonsumsi minuman keras dan merokok.

Pola makan dan pola hidup sehat tentunya akan semakin menguatkan daya tahan tubuh dan menghindarkan dari berbagai penyakit.

11. Jaga kebersihan organ intim dan periksa secara berkala

Sebagai kaum wanita yang beresiko terserang penyakit kanker serviks ini, Anda wajib menjaga kebersihan organ intim secara rutin. Hindari penggunaan pembalut yang terlalu lama dan selalu keringkan daerah kewanitaan sehabis buang air kecil. Anda juga bisa memeriksakan kesehatan organ intim secara berkala di rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat.

Itulah tadi 11 cara mencegah kanker serviks secara aman dan alami yang bisa Anda lakukan kapan saja, mulai dari konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayuran, menjaga pola makan dan pola hidup yang sehat, hingga menghindari stress yang berlebihan.

Pada dasarnya, selain faktor genetik yang bisa menurun, penyebab utama kanker serviks adalah pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Jadi, mulai sekarang ubahlah pola makan dan pola hidup Anda dan jangan lupa berolahraga rutin serta selalu berpikiran positif. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.