Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

11 Cara Mencegah Usus Buntu Dengan Tepat, Aman Dan Alami

Radang usus buntu atau dalam dunia medis disebut dengan Apendisitis adalah salah satu penyakit yang sering dirasakan oleh masyarakat baik dari kelas bawah sampai dengan kelas menengah, siapapun bisa mengidap penyakit yang satu ini. Apendisitis adalah suatu peradangan yang terjadi pada apendiks atau usus buntu.

Usus buntu sendiri merupakan salah satu bagian dari tubuh yang berbentuk menyerupai selang kecil dan menempel pada bagian awal usus besar. Letak apendiks sendiri terletak pada perut bagian bawah. Ukuran dari apendiks adalah sekitar 5 sampai 10 cm dan sampai sekarang belum diketahui secara pasti apa fungsi dari organ kecil ini.
Ada banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya peradangan pada usus buntu dan penyebab yang paling umum adalah makanan. Jika dokter telah mendiagnosis anda dengan apendisitis maka dianjurkan bagi anda untuk menjauhi makanan pedas yang akan memicu kondisi radang usus buntu yang semakin parah.

Faktor yang paling memungkinkan munculnya apendisitis adalah adanya penyumbatan pada usus buntu yang disebabkan oleh benda asing, feses atau mungkin sel kanker. Adanya penyumbatan ini memicu perkembangan bakteri yang menjadikan tempat sumbatan sebagai rumah baru baginya. Penyumbatan yang tidak diatasi akan mengakibatkan peradangan pada usus buntu yang nantinya membengkak dan dipenuhi nanah. Penyumbatan yang terjadi dapat menyeluruh menutupi semua saluran usus buntu atau bisa juga hanya sebagian dari organ usus buntu. Jika penyumbatan yang terjadi menutupi seluruh bagian organ maka operasi perlu dilakukan untuk menanganinya.

Cara Mencegah Usus Buntu Dengan Mudah

Saat ini tidak sedikit orang yang masih berat untuk memutuskan melakukan operasi, mereka lebih memilih untuk menangani penyakitnya dengan obat minum saja. Padahal peradangan pada usus buntu tidak akan sembuh hanya dengan mengonsumsi obat oral. Namun akan jauh lebih baik jika anda tidak mengidap penyakit yang satu ini, oleh kerena itu kami menawarkan beberapa cara mencegah usus buntu yang bisa anda lakukan. Ingat, mencegah lebih baik dari pada mengobati.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sistem daya tahan tubuh atau sistem imun merupakan satu faktor yang menggambarkan statu kesehatan anda. dengan memiliki sistem imun yang baik maka berarti kesehatan tubuh anda dalam kondisi baik. Jika sistem imun anda sedang rendah maka kemungkinan resiko terkena infeksi akan lebih tinggi. Cara meningkatkan imun tubuh dapat dilakukan dengan menjaga pola makan agar tetap teratur, mengonsumsi suplemen atau vitamin C yang cukup untuk setiap harinya, menyeimbangkan antara aktivitas dan istirahat.

2. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat

Makanan tinggi serat sudah sering dipercaya untuk melancarkan sistem pencernaan. Untuk memiliki organ pencernaan yang baik anda juga perlu memperhatikan apa yang anda makan. Dengan mengonsumsi makanan tinggi serat yang mengandung banyak vitamin anda dapat memiliki organ pencernaan yang sehat. Dengan jalannya sistem pencernaan yang lancer akan menghindarkan anda dari terjadinya penyumbatan pada usus buntu.

3. Jangan menunda jika anda ingin BAB

Mungkin tidak banyak orang yang mengira bahwa tidak menahan buang air bear menjadi salah satu cara agar terhindar dari penyakit usus buntu. Buang air besar adalah salah satu cara untuk membuang kotoran yang ada dalam tubuh kita. Dengan menahan buang air besar itu sama saja dengan menyimpan kotoran pada tubuh dan akan memicu timbulnya penyakit pada tubuh kita. Sehingga dengan tidak menahan buang air besar merupakan slah satu cara mencegah usus buntu yang sangat mudah untuk dilakukan. Selain itu dengan dilakukannya hal ini anda juga terhindar dari resiko terkena penyakit wasir dan sembelit.

4. Menghindari menahan kentut

memang menahan kentut adalah hal yang sangat sepele untuk dilakukan. Namun perlu anda ketahui bahwa dengan menahan kentut akan mengunci angina yang seharusnya dikeluarkan dari tubuh. Kentut menandakan bahwa jalannya sistem pencernaan anda dalam kondisi yang baik. Walaupun biasanya dianggap kurang sopan dan jorok jika anda kentut, namun jauh lebih penting untuk menjaga kesehatan anda dari resiko penyakit usus buntu.

5. Banyak minum air putih

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk mencegah munculnya penyakit usus buntu adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan anda. Konsumsi air putih akan membantu memperlancar sistem pencernaan anda. selain itu dengan kebutuhan air yang terpenuhi juga akan mendukung organ tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

6. Menghindari makanan yang memicu sembelit

Ada banyak makanan yang dapat memicu sembelit dan kemudian mengarah kepada infeksi usus buntu. Adapun makanan yang biasanya memicu sembelit adalah makanan yang mengandung rendah lemak, tinggi karbohidrat dan makanan-makanan yang mengandung banyak gas seperti kembang kol. Dengan mengonsumsi makanan-makanan di atas akan menyebabkan perut anda terasa sakit dan begah. Sembelit yang dikarenakan kurangnya kandungan air pada feses akan membuat feses keras dan memicu timbulnya iritasi.

7. Membatasi konsumsi kafein

Bagi anda yang gemar minum kopi dan teh, mungkin sekarang anda harus menguranginya. Kafein yang terdapat dalam kopi dan teh dapat menyebabkan sembelit. Konsumsi kafein yang terlalu banyak juga akan menurunkan daya tahan tubuh seseorang sehingga akan lebih rentam terkena infeksi atau virus pada tubuh.

8. Menghindari konsumsi alcohol

Seperti yang telah kita ketahui bahwa konsumsi alcohol akan merugikan anda terutama dalam hal kesehatan. Pengaruh dari konsumsi alcohol salah satunya adalah dehidrasi. Dengan mengonsumsi alcohol yang memiliki sifat menyerap cairan akan menyebabkan orang yang mengonsumsi terus-menerus merasa haus. Selain itu dengan konsumsi alcohol yang terlalu sering akan memicu terjadinya sembelit, dikarenakan feses tidak mendapatkan air untuk melunakkan. Hal ini akan meningkatkan resiko terjadinya infeksi pada usus buntu.

9. Miliki pola tidur yang teratur

Dengan memiliki sistem metabolisme yang baik akan menghasilkan tubuh yang sehat. Jika metabolisme tubuh anda baik, maka kerja organ-organ tubuh termasuk organ pencernaan akan baik pula. Memiliki tubuh yang sehat akan menghindarkan anda dari resiko terserang infeksi atau peradangan pada usus buntu.

10. Menghindari konsumsi makanan cepat saji

Sudah menjadi rahasia umum bahwa makanan cepat saji seperti junk food mengandung banyak sekali bahan pengawet dan bahan – bahan lainnya yang tidak baik untuk kesehatan. Kandungan bahan-bahan dalam junk food berisiko mengiritasi usus dan memicu adanya infeksi atau peradangan pada usus. Oleh karena itu hindari konsumsi makanan cepat saji agar tubuh anda terhindar dari berbagai macam penyakit yang mungkin muncul.

11. Menghindari konsumsi obat pencahar

Obat pencahar biasanya digunakan oleh anda yang mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar. Jika anda sedang mengalami susah buang air besar anda tidak dianjurkan menggunakan obat pencahar untuk mengatasinya. Karena dengan mengonsumsi obat pencahar hanya akan memperparah sembelit anda dan jika tidak teratasi akan memicu timbulnya radang pada usus buntu.

Demikian beberapa cara mencegah usus buntu yang dapat anda praktikkan di kehidupan sehari-hari anda. Tips-tips di atas sangat praktis dan mudah dilakukan. Hindari radang usus buntu selama anda masih bisa mencegahnya, karena mencegah labih baik daripada mengobati.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.