Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

10 Cara Mengatasi Biduran Yang Ampuh, Alami Dan Terbukti Berhasil

Pernahkah Anda merasakan gatal di kulit dan terasa seperti terbakar lalu kulit pun tampak bentol-bentol, seperti bilur-bilur kecil hingga seperti ruam merah? Jika iya, maka itulah yang disebut biduran yang bisa mengenai bagian tubuh mana saja.Kondisi tersebut merupakan reaksi tubuh terhadap alergen (penyebab alergi). Seperti halnya cacar air, umumnya biduran tidak berbahaya dan dapat hilang dengan sendirinya, namun kondisi tersebut tetap harus diwaspadai sebagai indikasi awal adanya penyakit tertentu.

Cara Mengatasi Biduran Ampuh Dan Alami

Lantas bagaimana mengatasi biduran tersebut? Sedangkan biduran bukanlah sesuatu yang dapat diketahui kapan munculnya. Sebab biduran merupakan respon tubuh terhadap sesuatu yang masuk maupun bersentuhan dengan tubuh yang sukar diketahui pasti penyebabnya. Namun yang paling sering menimbulkan biduran ialah makanan, obat-obatan, debu hingga stres. Penanganan yang tepat akan menjauhkan Anda dari masalah yang lebih parah. Namun jika biduran yang Anda alami tergolong ringan maka ulasan berikut dapat membantu Anda mengatasi masalah biduran. Yuk simak cara mengatasi biduran berikut ini.

1. Sabar dan Tunggu Hingga Mereda

Biduran mungkin tidak memerlukan pengobatan apa pun jika gatal-gatal yang dirasakan terbilang ringan. Jika Anda sabar dan tahan dengan rasa tidak nyaman akibat biduran maka tunggulah sebentar, karena mungkin saja biduran dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan apa pun. Supaya biduran tak semakin parah, makahindari mandi dengan air panas. Selain itu jangan mengenakan pakaian ketat karena dapat meningkatkan rasa kurang nyaman terutama di area yang gatal. Coba ganti baju dengan yang lebih longgar, supaya kulit dapat bernapas lebih lega.

2. Kompres dengan Air Dingin

Ketika mengalami biduran, pertama kali yang perlu Anda lakukan ialah dengan mengkompresnya dengan air dingin.Kompres dingin berfungsi untuk mengurangi iritasi yang ditimbulkan biduran. Untuk melakukannya, cobalah ambil es batu kemudian balut dengan handuk lalu kompreskan ke tubuh yang mengalami biduran selama kurang lebih 10 menit. Lakukan lagi hingga rasa gatal dan panas biduran mereda. Ingat saat mengompres, jangan menempelkan es batu secara langsung pada kulit.

3. Jauhi Penyebab Alergi

Biduran timbul karena adanya alergen yang masuk atau menyerang tubuh. Untuk itu kenali lebih dulu apa saja penyebab alergi yang Anda miliki. Penyebab alergi bisa beragam, seperti makanan, debu, bulu binatang, cuaca, obat-obatan dan masih banyak lagi lainnya. Mengetahui alergi dapat dilakukan dengan tes alergi dan juga mengetahui makanan apa yang Anda makan. Jika salah satunya sudah diketahui, maka Anda dapat menghindari kontak langsung dengan alergen tersebut.

4. Lotion Calamine

Ketika gatal akibat biduran terasa sangat mengganggu Anda dapat mencoba mengatasinya dengan produk yang mengandung calamine. Kandungan calamine akan membantu meredakan gatal dengan mendinginkan kulit. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan calamine tidak boleh sembarangan karena dapat menyebabkan iritasi kulit, terutama pada bayi yang memiliki kulit sangat sensitif. Untuk itu sebelum menggunakannya kocok lebih dahulu botol berisi calamine. Selain itu Anda dapat menggunakan kapas untuk mengoleskannya ke kulit yang terkena biduran dan biarkan mengering.Hindarkan dari anak-anak dan bayi, dan gunakan sesuai petunjuk dokter.

5. Coba Mandi Dengan Oatmeal

Selain manjur digunakan untuk menghilangkan bulu kaki, oatmeal juga bisa meredakan gatal akibat biduran.

Caranya cukup mudah, berikut di antaranya.

  • Siapkan dua gelas oatmeal mentah, lalu masukan ke dalam kain dan ikat dengan kuat
  • Letakan gandum tersebut di bak mandi Anda di bawah air mengalir. Diamkan selama beberapa saat agar sari oatmeal keluar.
  • Baru kemudian gunakan air tersebut untuk mandi seperti biasa.
    Oatmeal dikenal sebagai bahan alami yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Hal ini berkat kandungan asam salisilat alami di dalam oatmeal yang tinggi membuatnya sangat baik untuk meringankan peradangan termasuk akibat biduran.

6. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang dikenal dengan sifat anti inflamasi alaminya yang mampu meredakan peradangan di kulit termasuk karena biduran. Selain itu mengoleskan lidah buaya di area biduran juga dapat memberikan rasa sejuk dan menenangkan kulit yang terasa panas.

Berikut cara mengatasi biduran dengan lidah buaya, di antaranya.

  • Ambil satu potong lidah buaya yang masih segar.
  • Bersihkan lidah buaya dari kotoran kemudian potong-potong kecil.
  • Lalu usapkan lidah buaya tersebut ke area tubuh yang mengalami biduran, diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan air dingin biasa bukan air hangat.

7. Baking Soda

Baking soda merupakan bahan alami yang sangat populer untuk merawat kulit, termasuk karena biduran. Sifat anti inflamasinya mampu mengurangi peradangan dan juga rasa gatal yang membuat kulit terasa tidak nyaman. Berikut cara mengobati biduran dengan menggunakan baking soda, antara lain.

  • Tambahkan satu cangkir baking soda ke bak mandi berisi air hangat.
  • Aduk rata hingga tercampur semuanya.
  • Lalu berendamlah di air mandi tersebut selama 20 hingga 30 menit.
  • Anda dapat melakukan hal tersebut sekali tiap hari hingga biduran mereda.
  • Anda pun dapat membuat pasta baking soda untuk mengurangi peradangan dan rasa gatal akibat biduran.
  • Cukup tambahkan air ke dalam dua sendok makan baking soda. Campur hingga mengental lalu oleskan ke area tubuh yang mengalami biduran.
  • Diamkan beberapa saat selama10 menit lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

8. Jahe

Dikenal sebagai salah satuherbal ajaib, jahe ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati biduran. Inikarena sifat anti-inflamasi dan antihistamin di dalam jahe yang terbilang cukup kuat. Jahe menekan pemicu munculnya gen dan enzim yang dapat memicu peradangan dan rasa gatal akibat biduran. Hal tersebut meningkatkan sirkulasi darah ke kulit sehingga mengurangi rasa terbakar, gatal hingga pembekakan yang terjadi. Berikut cara menyembuhkan biduran dengan jahe, antara lain.

  • Siapkan satu ruas jahe, tiga sendok cuka, dan satu sendok gula pasir.
  • Rebus semua bahan dengan segelas air selama beberapa saat.
  • Setelah mendidih, angkat rebusan jahe tersebut.
  • Kemudian campurkan dengan air dingin, barulah oleskan ke area kulit yang terkena biduran selama beberapa kali sehari.
  • Sebagai alternatif lainnyaAnda dapat mengupas satu ruas jahe, kemudian bisa langsung dioleskan ke area biduran dua hingga tiga kali sehari.

Untuk hasil maksimal, letakan jahe pada lemari pendingin untuk memberikan efek dingin. Selain itu Anda juga dapat mengkonsumsinya dengan di minum untuk menghangatkan badan.Ulangi dengan rutin agar hasil yang didapat lebih maksimal.

9. Kunyit

Tak hanya jahe, kunyit juga dikenal dengan sifat anti-inflamasinya yang baik untuk mengatasi peradangan. Selain itu kunyit juga membantu menstimulasi produksi kortikosteroid anti-inflamasi alami di dalam tubuh. Hal tersebut dianggap sebagai antihistamin dan antioksidan alami yang sangat efektif untuk mengatasi gatal-gatal di kulit akibat inflamasi dan ampuh untuk menghilangkan kutil. Berikut cara menghilangkan biduran dengan menggunakan kunyit.

  • Campurkan satu sendok teh kunyit bubuk ke dalam segelas air hangat atau susu. Lalu minumlah dua kali sehari.
  • Anda pun dapat menggunakan kunyit sebagai bumbu masakan sebagai alternatif cara mengurangi akibat biduran.

10. Kemangi

Jika biasanya kemangi lebih dikenal manfaatnya untuk lalapan makan, karena rasanya yang sedikit pedas. Ternyata kemangi juga bisa digunakan untuk mengobati biduran. Ini karena sifat antihistamin alami yang sangat efektif untuk mengobati gatal-gatal dan bengkak karena alergi termasuk biduran. Untuk memanfaatkannya pun tak sulit, berikut beberapa caranya.

  • Pilih daun kemangi yang dikeringkan. Lalu masukkan satu sendok makan daun kemangi kering tersebut ke dalam gelas.
  • Tambahkan air panas kemudian tutup gelas tersebut lalu diamkan hingga dingin dengan sendirinya.
  • Setelah itu oleskan seduhan daun kemangi kering tersebutke area biduran dengan menggunakan kapas atau kain katun yang bersih.
  • Biarkan beberapa saat agar kandungan kemangi meresap dan mengurangi efek biduran.

Demikian beberapa cara mengatasi biduran dengan mudah dan cepat secara alami. Cobalah salah satu tips diatas menyesuaikan jenis kulit Anda. Semoga bermanfaat.

Pencarian:

  • apakah boleh mengompres biduran dengan botol panas?
  • Cara mengatasi gatal biduran di mulut secara alami
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.