Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

10 Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Yang Alami Dan Terbukti Ampuh

 

Masa – masa kehamilan memang membuat tubuh seorang wanita menjadi berubah. Perubahan tersebut karena janin yang tumbuh di dalam rahim memerlukan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Sehingga wanita hamil akan memiliki bentuk tubuh yang besar karena pertambahan berat badan. Namun yang jadi masalah ialah berat badan yang bertambah selama kehamilan terkadang sulit turun bahkan setelah melahirkan.
Sehingga membuat tubuh masih tampak seperti saat hamil. Hal ini tentu dapat membuat kepercayaan diri jadi kacau karena tubuh jadi tak seindah dulu sewaktu belum hamil.

Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Dengan Mudah

Memiliki tubuh ramping sehabis melahirkan memang jadi dambaan setiap wanita, hingga membuat mereka tak memperhatikanefek buruk yang mungkin ditimbulkan. Ingin tahu cara mengecilkan perut setelah melahirkan dengan cara yang aman? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1 . Mulai dengan Makanan Sehat

Sebagai ibu baru, Anda harus lebih fokus pada pemulihan diri sendirri dan kesehatan bayi. Soal mengecilkan perut yang menggelambir usai melahirkan bisa diatasi sambil berjalanya waktu. Yang paling penting ialah cukupi asupan nutrisi sehat, supaya kebutuhan ASI tercukupi.Makanlah dengan porsi sedikit namun sering, dan perbanyak buah dan sayur. Supaya tubuh ibu tidak mengalami kelelahan atau malah mengalami baby blues. Makanan yang cukup dan bernutrisi juga bagus untuk meningkatkan produk ASI.

2. Menyusui

Jika Anda berpikir bahwa menyusui hanya baik untuk bayi, maka Anda salah. Tahu kenapa? Sebab menyusui merupakan cara yang sangat mudah untuk membuat perut jadi lebih ramping setelah melahirkan.Karena dengan menyusui, rahim akan berkontraksi secara alami dan kembali ke bentuknya semula.

Selain itu menyusui bayi Anda secara langsung juga membantu membakar kalori tubuh bahkan saat Anda sedang istirahat. Sehingga tak ada alasan untuk tak menyusui bayi secara langsung, selain membuat bayi jadi lebih sehat dan kuat, tubuh Anda pun juga akan ramping kembali.

3. Gunakan Setagen

Setagen merupakan cara kuno yang telah digunakan secara turun temurun untuk membuat perut ramping setelah melahirkan. Bila dulu setagen berupa kain panjang, sekarang jauh lebih praktis. Karena ada yang berbentuk seperti korset lentur yang bisa Anda gunakan untuk merampingkan perut. Caranya dengan melilitkan setagen di area perut, supaya terasa lebih kencang. Anda juga dapat menggunakannya sembari beraktifitas sehari-hari. Namun penggunaan setagen ini tidak direkomendasikan untuk Anda yang melahirkan dengan tindakan operasi. Sebab dapat melukai bekas jahitan karena lilitan setagen yang cukup kencang sehingga dapat membuat pemulihan jauh lebih lama.

4. Minum Teh Hijau

Teh hijau menjadi pilihan yang sangat baik untuk membantu merampingkan perut, sebab dapat membantu meningkatkan pembakaran lemak di dalam tubuh. Selain itu, teh hijau sangat kaya antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas sertameningkatkan metabolisme tubuh sehingga membantu mempercepat pembakaran lemak terutama di bagian perut.Minum teh hijau hangat sehabis olah raga di pagi hari dan sore dapat membuat perut Anda jadi lebih ramping.

5. Pijat

Pijat tak hanya membuat tubuh jadi lebih rileks, tetapi juga dapat membuat perut sehabis melahirkan jadi lebih ramping. Apalagi jika dilakukan dengan teknik yang tepat.Pemijatan di area perut sangat bermanfaat untuk mengurangi lemak pada area perut. Juga membantu membuat perut merasa lebih nyaman.Ini karena dengan pijatan di daerah perut, akan membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Metabolisme yang meningkat akan meningkatkan pembakaran kalori yang tersimpan dalam tubuh. Untuk meningkatkan hasilnya, kombinasikan dengan olah raga lainnya.

6. Perbanyak Minum Air Hangat

Minum segelas air hangat di pagi hari dapat menjadidetox yang cukup bagus untuk tubuh. Selain itu minum air hangat juga membuat suhu tubuh turut meningkatsehingga membuat metabolisme ikut meningkat dan lebih banyak membakar kalori. Karenanya minumlah air hangat setiap kali Anda merasa haus secara rutin. Dan Anda akan melihat hasilnya yang tak terduga. Tubuh jadi lebih segar dan lemak pun turut luruh, jika bosan dengan rasa air hangatAnda dapat menambahkan perasan jeruk lemon untuk menambah rasa.

7. Gendong Bayi

Menggendong bayi merupakan salah satu cara yang bagus untuk menenangkan bayi dan membuatnya lebih cepat pulas tertidur. Tetapi bersamaan dengan kegiatan tersebut, lemak di tubuh Anda pasca melahirkan juga akan terbakar. Ini karena saat menggendong bayi, tubuh seolah sedang latihan beban.

Jika Anda menambahkan gerakan seperti sedang squatjump tentu kalori yang terbakar akan jauh lebih maksimal. Namun saat melakukannya Anda pun harus memperhatikan bayi yang ada dalam gendongan Anda. Serta gunakan gendongan yang kuat agar bayi tak terjatuh dari gendongan saat Anda bergerak dan beraktivitas.

8. Konsumsi Probiotik

Penelitian yang dilakukan para ahlimenyebutkan bahwa mengkonsumsiprobiotiksangat baik untuk wanita sehabismelahirkan. Sebab dapat menjaga dan mengontrol kelebihan lemak sehabis melahirkan, terutama lemak di area perut. Hal ini dikarenakan probiotikmerupakan bakteri baik yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan dan juga usus. Sehingga membuat tubuh lebih baik dalam menyerap nutrisi dan tidak menyimpannya dalam bentuk lemak di tubuh. Konsumsi probiotik secara rutin 2 kali sehari mampu menyehatkan pencernaan dan mengurangi timbunan lemak di perut.

9. Hindarkan Diri dari Stres

Jika Anda ingin memiliki perut ramping sehabis melahirkan maka hindari stres.Stres dapat membuat tubuhmelepaskan hormonkortisol atau hormon stres ke dalam aliran darah. Sehingga menyebabkan Anda mudah marah, tersinggung hingga menyebabkan berat badan bertambah.Ini karena hormon stres tersebut dapat meningkatkan keinginan untuk mengkonsumsimakanan manis demi menjaga suasana hati. Jika demikian maka keinginan untuk mendapatkan perut ramping jadi sia-sia saja.

Untuk mengatasinya, cobalah berikan waktu istirahat yang cukup pada tubuh. Karena saat tidurtubuh akan menyingkirkan hormon stres dan akan membuat tubuh lebih rileks dan nyaman. Tapi menjaga bayi memang tak mudah, apalagi untuk menyempatkan diri beristirahat. Anda dapat mencoba beristirahat saat bayi sedang terlelap, karena saat terbangun Anda harus menjaganya lebih ekstra.

10. Latihan yang Tepat

Selain diet yang tepat dan istirahat yang cukup, untuk memiliki perut ramping sehabis melahirkan Anda perlu melakukan latihan yang tepat. Supaya hasil yang didapat lebih maksimal dan sesuai harapan. Berikut langkah-langkah latihannya

  • Mulai dengan posisikan tubuh berbaring terlentang di atas matras.
  • Selanjutnya tekuk kaki Anda dengan telapak kaki menyentuh lantai dengan posisi tubuh masih berbaring.
  • Kemudian lakukan latihan pernapasan, hembuskan napas sambil kencangkan otot perut,
  • Lalu angkat kepala ke atas dengan lutut masih ditekuk, tahan posisi ini selama beberapa hitungan.
  • Turunkan kepala dan bahu secara perlahan. Ulangi gerakan tersebut 10 hingga 12 kali repetisi.

Gerakan latihan tersebut akan membantu melatih otot perut berkontraksi dan membuatnya jadi ramping lebih cepat. Tetapi perlu diingat agar jangan terobsesi untuk segera memiliki perut yang ramping sehabis melahirkan. Sebab semuanya butuh proses yang tidak sebentar. Nikmati prosesnya sembari merawat bayi Anda dengan baik dan maksimal.

Demikian 10 cara mengecilkan perut setelah melahirkan secara alami paling mudah dilakukan. Semoga bermanfaat.

Pencarian:

  • cara mengecilkan perut
  • cara menghilangkan selulit di perut pasca melahirkan
  • mengecilkan perut secara alami setelah melahirkan
  • perut ramping setelah melahirkan

Leave A Reply

Your email address will not be published.