Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

10 Cara Mengecilkan Pipi Tembem Agar Tirus Dengan Perawatan Alami

Kecantikan wanita yang ideal identik dengan tubuh langsing dan proporsional, kulit putih, hidung mancung, dan wajah yang berbentuk tirus alias lancip. Karena persepsi wanita cantik seperti itu tertanam dalam benak masyarakat,  para wanita yang memiliki wajah bulat atau dengan pipi yang tembem, akan cenderung merasa kurang percaya diri.

Sebagian orang memang menganggap bahwa pipi tembem itu bikin orang jadi kelihatan lebih muda dan imut, tetapi orang lain, khususnya wanita, yang memiliki perspektif cantik jika wajahnya tirus,  akan berusaha mengecilkan pipinya. Terlebih lagi jika sejak lahir pipinya tembem maupun mengalami kenaikan berat badan hingga wajahnya terlihat chubby.

Terkadang mereka menilai opsi tercepat untuk mengecilkan pipi tembem adalah dengan operasi. Namunsegala tindakan medis, termasuk pembedahan, tetap memiliki risiko bahaya maupun efek samping yang mungkin terjadi baik saat sedang berlangsung maupun setelah operasi. Kemungkinan terjadinya memang kecil dan jarang, tapi siapa tau nasib buruk terkait munculnya efek samping terjadi pada kita. Segala proses yang instan pun biasanya berujung tidak baik. Maka, daripada menghabiskan banyak uang operasi dan di kemudian hari terjadi penyesalan, lebih baik mengecilkan pipi tembem secara alami terlebih dahulu. Kesabaran memang sangat dibutuhkan dalam prosesnya, tetali cara alami cenderung lebih aman daripada tindakan kecantikan yang invasif.

Cara Mengecilkan Pipi Tembem Secara Alami

Apakah Anda termasuk orang yang ingin mengecilkan pipi tembem? Nah, artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengecilkan pipi secara alami. Ingin tau caranya?  Simak terus ulasan artikel di bawah ini

1. Menerapkan pola makan sehat

Pola makan sehat adalah salah satu aspek penting bagi tubuh. Terutama jika ingin memiliki tubuh ideal, termasuk pipi yang tidak tembem. Bagaimana sebenarnya pola makan yang sehat ? Apakah harus diet dengan porsi makan yang sedikit ? Berikut ini penjelasannya :

  • Porsi makanan harus sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Anda pasti lebih paham dengan ritme tubuh Anda sendiri. Jika Anda akan melakukan banyak aktivitas fisik, misalnya rutinmencapai lantai 4 kantor Anda dengan naik turun tangga atau ke stasiun sejauh 1 km dengan berjalan kaki, maka sudah pasti Anda memerlukan porsi karbohidrat lebih banyak karena Anda butuh lebih banyak energi. Tetapi jika Anda bekerja di depan komputer seharian saja, maka minimalisasi karbohidrat, seperti nasi, roti, dan biskuit. Karbohidrat yang menumpuk akan menjadi lemak hingga akhirnya membuat pipi menjadi tembem. Baiknya Anda konsultasi kepada ahlinya atau belajar dari berbagai referensi untuk menetukan porsi makan yang sesuai dengan Anda.
  • Hindari makanan yang banyak mengandung garam dan gula. Konsumsi makanan yang mengandung banyak garam akan menyebabkan retensi cairan alias penumpukkan cairan di Nah, jika terjadi retensi cairan, maka cairan akan mencari seluk-beluk untuk menumpuk cairan di badan maupun juga wajah.
  • Pilih juga makanan rendah lemak karena lemak yang menumpuk juga dapat membuat pipi menjadi lebih tembem. Paling penting hindari gorengan dan jajanan lainnya yang mengandung banyak lemak.
  • Perbanyak mengonsumsi sayuran, buah-buahan dan makanan yang mengandung omega-3 karena akan membantu proses mengecilkan pipi serta mencegah lemak maupun cairan menumpuk di badan dan pipi. Jenis makanan ini juga baik untuk mengencangkan otot wajah.

2. Olahraga

Banyak orang sulit rasanya untuk memulai olahraga secara rutin. Bisa karena merasa tidak memiliki waktu atau rasa malas yang sulit untuk dilawan. Padahal dapat meakukan olahraga ringan terlebih dahulu seperti jogging, push-up, sit-up, berenang, bersepeda dan lainnya. Jika memang Anda sibuk bekerja seharian, maka Anda tetap bisa aktif bergerak, misalnya ke kantor dengan bersepeda atau berjalan kaki, naik turun tangga, dan melakukan senam-senam kecil sambil meregangkan oto sesaat selama 15-20 menit.

Olahraga begitu penting. Mengapa ? Karema olahraga atau aktivitas fisik membantu metabolisme tubuh dan berperan juga  dalam pengolahan nutrisi yang masuk ke tubuh. Olahraga yang rutin dapat membakar lemak pada tubuh kita, termasuk lemak pada pipi kita.

3. Senam wajah

Senam wajah paling banyak digunakan untuk mengecilkan pipi tembem. Terdapat beragam gerakan senam wajah yang digunakan untuk mengecilkan pipi dan juga akan membuat wajah tampak segar dan tidak terlihat kelelahan. Nah berikut ini jenis-jenis senam wajah yang mudah untuk dilakukan :

  • Berkata X-O adalah salah satu gerakan senam wajah yang sederhana. Mengucapkan X-O secara bergantian dapat dilakukan seraya Anda melakukan aktivitas lain, misalnya saat memasak, mengetik, nonton, dan lainnya. Fungsi dari gerakan ini yaitu untuk mengecilkan garis rahang dan untuk mengencangkan pipi.

4. Memutar lidah

Caranya dengan mulut tertutup lalu memutar lidah, lidah harus sampai menyentuh permukaan luar gigi atas ataupun bawah lakukan searah jarum jam lalu lakukan juga berlawanan dengan arah jarum jam. Lakukan gerakan ini 10 hingga 15 kali dalam sehari.

5. Mengangkat dagu

Cara ini dilakukan khususnya ketika sedang duduk. Misalnya sedang mengetik, menonton televisi, atau main komputer. Melakukannya pun masih mudah hanya dengan  posisi tegak dan fokuskan penglihatan Anda ke depan pada satu titik, lalu angkat dagu dan bibir ke atas dan tahan lamanya hingga 5 detik. Lakukan hal ini selama 2 menit dengan frekuensi 5-10 kali per hari.

6. Berkumur-kumur

Taukah Anda bahwa melakukan kumur-kumur secara rutin  dapat mengecilkan pipi ? Berkumur-kumur menggunakan air hangat sebanyak 3 hingga 5 kali dalam sehari. Jika tidak nyaman dengan air hangat, Anda juga bisa gunakan air biasa selepas menggosok gigi. Lakukan kumur-kumur selama lebih kurang 1-2 menit setiap kali usai gosok gigi.

7. Banyak tersenyum

Supaya dapat tersenyum,  ada lebih kurang 17 otot wajah yang perlu digerakkan. Senyum pun senantiasa memberikan aura positif pada diri kita dan memudahkan kita untuk memulai interaksi dengan orang lain. Seorang yang senang tersenyum pada orang lain juga senang pada diri kita sehingga secara tidak langsung dapat membawa berbagai kemudahan pada kita. Terkait mengecilkan pipi, tersenyum pun membutuhkan energi sehingga lemak tidak menumpuk di pipi. Nah, banyak bukan kelebihan tersenyum ini ? Masih enggan kah Anda tersenyum ? Mari tersenyumlah

8. Mengunyah permen karet.

Cara yang satu ini nampaknya lebih enak dilakukan karena permen karet memiliki berbagai varian rasa. Kunyah permen karet selama 15 menit lakukan 2 kali dalam sehari (lakukan setelah makan siang dan setelah makan malam). Usahakan permen karet yang di kunyah yang pasti bebas dari kandungan gula.

9. Meniup balon

Meskipun ada orang yabg mengira bahwa meniup balon akan membuat pipi menjadi tembem, tetapi meniup balon justru merupakan cara yang bagus dalam usaha untuk mengecilkan pipi. Anda hanya perlu menyiapkan 1 buah balon lalu tiup balon tersebut sampai besar dan setelah itu kempeskan kembali. Lakukan gerakan meniup balon sebanyak 10 sampai 20 kali dalam satu hari. Lakukan gerakan ini secara rutin dalam seminggu.

10. Pijat wajah

Memijat wajah cukup efektif untuk mengurangi lemak yang ada di pipi. Pijat pipi dapat merangsang sirkulasi darah yang sehat, serta dapat membantu aliran limfatik dan mengurangi retensi air.

Sekian dulu bahasan kali ini mengenai cara mengecilkan pipi tembem yang alami. Semoga Anda tak ragu untuk memulai cara-cara alami yang telah dijelaskan. Terlebih lagi, tak sulit bukan metode melakukannya? Jangan terburu-buru memilih tindakan kecantikan supaya memiliki pipi kecil alias tirus. Apalagi jika tindakan tersebut invasif seperti pembedahan. Semoga tulisan ini bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.