Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

10 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Yang Menyengat Dengan Cepat dan Alami

Siapa pun tentu tak ada yang ingin memiliki ketiak dengan bau menyengat yang tidak sedap. Tentunya hal ini akan membuat diri sendiri malu dan hilang rasa percaya diri. Kondisi ketiak yang memiliki bau tidak sedap sebetulnya dipicu adanya masalah gaya hidup yang tidak sehat serta kondisi lingkungan. Seperti suka mengkonsumsi kafein, alkohol, obat-obatan, makan makanan pedas, stres, cuaca panas hingga adanya pengaruh perubahan hormon, dan masih banyak faktor lainnya.

Terkadang, meskipun sudah menggunakan deodoran atau parfum yang beraroma tajam, bau ketiak bahkan masih saja menempel. Penggunaan deodoranatau parfumsebetulnya justru memperparah bau yang ditimbulkan, sebab bau ketiak dan deodoran yang bercampur menyebabkan bau yang dapat mengganggu orang lain.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Ampuh Dan Alami

Dari pada terpaku pada deodoran saja mengapa tak mencoba beralih ke bahan alami untuk mengatasi masalah bau ketiak tersebut? Berikut beberapa rekomendasi bahan alami untuk menghilangkan bau ketiak yang bisa Anda buat sendiri di rumah.

1. Rosemary

Rosemary tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai minuman herbal yang menyegarkan tetapi juga bisa menghilangkan bau badan yang mengganggu. Ini karena rosemary memiliki kandungan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang membuat ketiak jadi bau. Kandungan mentol dan klorofil di dalamnya memiliki sifat deodoran alami yang berkerja untuk mengatasi bau ketiak yang kuat menyengat sekaligus memberi keharuman pada tubuh. Ditambah lagi, mineral zinc-nya mampu mengatasi masalah bau badan akibat kekurangan zinc.

Berikut cara menghilangkan bau badan dengan menggunakan rosemary, di antaranya.

  • Seduh segenggam daun rosemary kering dengan empat gelas air panas selama 10 menit.
  • Setelah itu masukan ke air yang akan Anda gunakan untuk mandi. Gunakan air tersebut untuk berendam setidaknya selama 15 hingga 20 menit, lalu mandi seperti biasa. Ulangi setiap hari setidaknya satu kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Cara lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif, ialah dengan mencampurkan 8hingga 10 tetes minyak esens rosemary daalam segelas air. Lalu gunakan seperti deodoran dengan mengoleskannya di ketiak.

2. Cuka Sari Apel

 

 

Cuka sari apel merupakan bahan alami yang mampu melawan pertumbuhan bakteri. Termasuk bakteri penyebab bau tak sedap pada ketiak, serta menjaga keseimbangan pH kulit.Selain itu Anda juga dapat mudah mendapatkannya di toko obat dan makanan. Berikut cara menghilangkan bau ketiak dengan cuka sari apel, di antaranya.

  • Rendam kapas dalam cuka sari apel kemudianoleskan pada ketiak Anda. Diamkan sebentar selama2 sampai 3 menit barulah mandi untuk membersihkannya. Gunakan dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Dan Anda akan lihat perubahan yang luar biasa.
  • Cara lainnya, Anda dapat menambahkan 1 cangkir cuka sari apel ke air mandi Anda. Kemudian gunakan untuk berendam satu kali sehari.
  • Anda pun juga dapat mengkonsumsinya secara langsung, dengan menambahkan dua sendok teh cuka sari apel dan sedikit madu dalam1 gelas air hangat. Kemudian minumlah secara rutin tiga kali sehari sebelum makan.

3. Buah Lemon

Lemon infused water with mint in glasses and jug.Healthy drink, detox, dieting beverage.

Lemon dikenal sebagai bahan alami yang kaya manfaat, baik untuk tubuh maupun kecantikan. Ternyata lemon juga sangat bagus untuk mengurangi bau badan yang mengganggu. Sifat asam pada lemon membantu menurunkan tingkatkeasamanberlebihan pada pH kulit, sehingga menghambat tumbuhnya bakteri penyebab bau pada ketiak.

Berikut cara menghilangkan bau ketiak dengan menggunakan lemon, di antaranya.

  • Ambil satu buah lemon segar lalu potong menjadi dua bagian. Kemudian gosokkan potongan lemon tersebut pada ketiak Anda,sambil diremas agar sari lemon keluar. Pastikan sari lemon meresap ke kulit ketiak dan tunggu sampai mengering, lalu mandilah untuk membersihkannya. Ulangi satu kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.
  • Namun jika kulit Anda tergolong sensitif, Anda dapat menggunakan kapas yang telah dicelupkan ke air perasan lemon lalu oleskan tipis-tipis di ketiak. Diamkan selama 10 menit barulah bersihkan dengan air.

4. Baking Soda

 

Baking soda with lemon juice for multiple holistic usages

Baking soda merupakan satu dari sekian banyak bahan yang kaya manfaat tetapi juga mudah di perolehdi sekitar kita. Tak sekedar dapat menyerap kelembaban berlebih pada kulit, baking soda ternyata juga dapat menghilangkan bau ketiak dengan menyerap kelebihan keringat. Selain itu baking soda juga mampu menghilangkan bakteri jahat dan menjadi deodoran alami sehingga mampu melenyapkan bau badan yang tidak sedap. Berikut cara menghilangkan bau ketiak dengan menggunakan baking soda, di antaranya.

  • Campurkan satu sendok makan baking soda dan air perasan lemon, aduk hingga tercampur rata. Kemudian oleskan ke ketiak, diamkan beberapa saat. Lalu mandilah untuk membersihkannya, namun jangan menggosoknya saat membersihkannya. Untuk mendapatkan hasil sesuai keinginan, lakukan setiap hari sekali.
  • Anda juga dapat mengganti air perasan lemon dengan tepung maizena, dan dicampur dengan baking soda. Kemudian gunakan langsung pada ketiak, gunakan seperti bedak. Ini akan mencegah tumbuhnya bakteri penyebab bau.

5. Peppermint Oil

Minyak esensial dari peppermint dikenal sangat bermanfaat untuk kesehatan,karena sifat antibakterinya. Sifatnya itulah yang mampumelawan bakteri penghasil bau badan terutama di area ketiak. Bahan alami yang satu ini juga dapat memberikan efek menenangkan dan menghindarkan Anda mengalami stress. Untuk menggunakan peppermint oilsebagai penghilang bau ketiak pun sangat mudah, berikut beberapa di antaranya.

  • Tuangkan beberapa tetespeppermint oil di tangan, kemudian gosokan secara perlahan di ketiak.
  • Cara lainnya, siapkan semprotan lalu campurkanpeppermint oil dan lavender oil ke dalamsegelas air. Lalu masukan ke dalam semprotan yang sudah disiapkan. Kemudian gunakan dengan disemprotkan langsung ke area ketiak, gunakan seperti deodoran.

6. Minyak Bunga Lavender

Minyak bunga lavender atau lavender oil ini biasa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah di kulit. Tak hanya itu, minyak esensial bunga lavender nyatanya juga dapat dijadikan bahan alami penghilang bau ketiak tak sedap. Berikut cara menghilangkan bau ketiak dengan minyak lavender, di antaranya.

  • Tuangkan beberapa tetes lavender oil di telapak tangan, lalu usapkan secara lembut di ketiak Anda. Ulangi sesuai kebutuhan.
  • Siapkan botol semprot yang sudah dibersihkan. Lalu teteskan lavender oil ke dalam segelas air, kemudian masukan ke botol semprot yang sudah disiapkan. Gunakan dengan menyemprotkannya ke area ketiak secara langsung.

7. Bedak Bayi

Tahukah Anda jika bau ketiak yang mengganggu dapat hilang dengan bedak bayi? Ya, bedak bayi.Mengapa demikian? Ini karena bedak bayi memiliki kandungan yang sangat baik untuk mengurangi keringat berlebih serta memberikan keharuman yang menyegarkan seperti aroma bayi pada ketiak Anda yang berbau tak sedap. Untuk menggunakannya pun tak sulit, cukup oleskan bedak di sekitar ketiak Anda sebelum mulai beraktivitas. Dan lihat perubahannya, untuk hasil terbaik Anda dapat mengkombinasikannya dengan konsumsi makanan sehat dan kurangi aktivitas di luar ruangan saat matahari sedang terik-teriknya.

8. Buah Tomat

Tomat menjadi salah satu buah atau sayuran yang kaya manfaat dan memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Tomat pun juga sangat baik untuk merawat kulit wajah karena jerawat serta mengatasi masalah sariawan. Tetapi tak hanya itu, tomat ternyata juga dapat membantu mengurangi bau badan tak sedap juga, lho. Ini karena kandungan antioksidannya membantu melawan radikal bebas yang menyebabkantumbuhnya bakteri penyebab bau ketiak. Berikut cara menghilangkan bau ketiak dengan menggunakan tomat, di antaranya.

  • Siapkan satu buah tomat yang sudah matang, lalu ambil daging buahnya dan haluskan hingga seperti pasta.
  • Oleskan pasta buah tomat tersebut ke area ketiak seperti menggunakan masker. Biarkan beberapa saat hingga sedikit mengering.
  • Kemudian mandilah untuk membersihkan sisa-sisa tomat yang menempel.

9. Air Mawar

Jika biasanya air mawar digunakan sebagai penyegar wajah dan tambahan untuk membuat masker wajah. Nyatanya air mawar juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau ketiak yang mengganggu. Tak lain karena adanya kandungan antibakteri dan antiseptik yang membuat air mawar bisa membuat pertumbuhan bakteri penyebab bau di ketiak terganggu. Selain itu kandungan vitamin A, C dan juga vitamin E di dalamnya sanga berkhasiat untuk kulit.

Berikut cara menghilangkan bau ketiak menggunakan air mawar.

  • Usapkan air mawar secara langsung di ketiak, untuk mengurangi bau tak sedap
  • Anda pun juga dapat menambahkan beberapa tetes air mawar ke air mandi, dan gunakan untuk mandi seperti biasa. Ini akan menjaga tubuh tetap harum terutama bagian ketiak.

10. Tea Tree Oil

Tea tree oil memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang sangat baik untuk membunuh bakteri jahat yang ada di kulit, termasuk bakteri penyebab bau badan. Selain itu tea tree oil juga bekerja sebagai astringent, sehingga dapat mengendalikan produksi keringat penyebab bau tak sedap.Berikut cara menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan bau ketiak tak sedap, di antaranya.

  • Masukan dua tetes tea tree oil dalam segelaa air.
  • Lalu masukan ke dalam botol semprot, gunakan sebagai deodoran dengan menyemprotkannya ke area ketiak yang sering menimbulkan bau tak sedap.

Demikian 10 cara menghilangkan bau ketiak tak sedap dengan bahan alami. Penggunaan bahan alami yang berlebihan juga dapat membuat kulit teriritasi, untuk itu sebelum menggunakannya periksa terlebih dulu di area yang sensitif. Jika aman barulah digunakan, semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.