Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

10 Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Yang Mudah Dan Terbukti Ampuh

Penyakit cacar air ditandai dengan adanya bintik merah yang semakin lama akan melepuh dan berisi air, kondisi tersebut disebabkan karena adanya infeksi virus varicella. Cacar air membuat penderitanya merasakan gatal dan panas di sekujur tubuh. Karenanya terkadang ketika tak tahan dengan rasa gatal, biasanya penderita akan menggaruk lepuhan tersebut hingga akhirnya menimbulkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan.

Cacar air sebetulnya bukan penyakit yang berbahaya karena biasanya dapat sembuh dengan pemberian vaksin dan penanganan yang tepat. Biasanya penyakit ini menyerang tubuh setidaknya satu kali sebelum mendapatkan vaksin. Hanya saja terkadang setelah sembuh cacar air biasanya meninggalkan bekas luka yang sulit sekali hilang.

Pencegahan memang selalu jadi jalan terbaik daripada harus mengobati, namun ketika sudah terlanjur menimbulkan bekas luka maka tak perlu sedih. Sebab masih ada banyak cara untuk menghilangkan bekas cacar air yang tertinggal di tubuh. Misalnya dengan melakukan serangkaian perawatan medis seperti dermabrasi, mikro dermabrasi, eksisi hingga facial bisa Anda terapkan.

Cara Menghilangkan Bekas Cacar Air Dengan Bahan Alami

Namun ketika ada bahan alami yang punya khasiat mampu membantu menghilangkan bekas cacar air, buat apa repot – repot treatmen dan mengeluarkan biaya yang mungkin tidak sedikit. Penasaran bagaimana caranya, simak ulasannya berikut selengkapnya.

1. Air Kelapa

Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati bekas cacar airyang pertama ialah air kelapa.Mengapa demikian? Sebab si dalam air kelapaterdapat kandungan nutrisi yang cukup berlimpah, meliputi berbagai macam mineral dan vitamin. Seperti natrium, kalium, kalsium, magnesium, fosfor dan beberapa kandungan lainnya.

Kandungan mineral tersebut yang sangat baik untuk membantu meregenerasi kulit. Terutama karena air kelapa diketahui memiliki kandungan asam laurat dan sitokin yang diketahui sangat bagus untuk mengatasi masalah kulit seperti menyamarkan bekas luka, keriput serta menghidrasi kulit.

Sitokin dalam air kelapa sendiri memiliki peranan penting dalam membantu menjaga jaringan ikat, regenerasi sel serta menjagakeseimbanganpH alami. Tak hanya itu saja, air kelapa pun memiliki sifatanti mikroba, dan anti jamur yang mampu mengurangi bahkan menghilangkan bekas luka di wajah yang mungkin terjadi akibat cacar air atau jerawat.

Berikut cara menghilangkan bekas cacar air dengan menggunakan air kelapa, di antaranya.

  • Tambahkan 2 gelas air kelapa ke bak mandi penuh air, dan gunakan untuk mandi seperti biasa.
  • Di minum setiap hari, kandungan nutrisinya akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang sangat penting ketika dalam masa pemulihan.
  • Menggunakannya untuk kompres bekas luka, gunakan kapas untuk menyerap air kelapa kemudian diletakan pada bekas cacar air. Diamkan sebentar, lalu angkat tanpa perlu dibilas. Ulangi penggunaannya hingga beberapa kali dalam sehari agar hasil maksimal.

2. Oatmeal

Tak hanya bagus untuk dikonsumsi secara langsung, ternyata oatmeal juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas cacar air. Hal ini karena oatmeal mampu menghidrasi kulit, sehingga mempercepat proses penyembuhan serta menyamarkan bekas luka cacar air. Selain itu oatmeal juga dapat mengurangi kemerahan di kulit ketika sedang mengalami pengelupasan.Berikut cara menghilangkan bekas cacar air dengan menggunakan oatmeal.

  • Bahan yang diperlukan hanyaoatmeal dan air panas.
  • Campurkan kedua bahan hingga menjadi seperti bubur dan tunggu hingga dingin sebelum menggunakannya.
  • Kemudian oleskan bubur oatmeal yang sudah dingin tersebut ke wajah sambil dipijat dan gosok dengan lembut.
  • Kemudian diamkan sebentar selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Tekstur oatmeal yang sedikit kasar mampu mengangkat sel kulit mati yang tertinggal di permukaan kulit sehingga mampu menghilangkan bekas cacar air.

3. Yoghurt

Sour cream

Konsumsi yoghurt sangat baik untuk kesehatan karena di dalamnya terkandung banyak nutrisi yang penting untuk tubuh.Tetapi tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh bagian dalam, yoghurt juga dapat membantu mengatasi masalah pada kulit seperti bekas luka. Ini karena kandungan asam laktat di dalamnya bertindak sebagai exfoliator alami yang mengikis sel kulit mati sehingga membantu menghilangkan bekas cacar air yang ada di kulit. Berikut cara menggunakannya.

  • Siapkan yoghurt, air perasan lemon dan oatmeal.
  • Campurkan oatmeal yang telah diberi air panas dan menjadi pasta, kemudian tambahkan yoghurt dansatu sendok air perasan lemon.
  • Aduk rata lagi hingga tercampur semuanya, tunggu beberapa saat sampai dingin.
  • Lalu oleskanke kulit atau wajah yang memiliki bekas akibat cacar air sambil dipijat lembut,
  • Diamkan dan tunggu hingga 20 menit. Lalu bilas hingga bersih.

4. Lemon dan Kayu Manis

Lemon merupakan bahan alami yang sangat berkhasiat untuk kecantikan. Termasuk membantu menghilangkan bekas cacar air di wajah atau bagian lain. Ini karena lemon memiliki kandungan asam sitrat yang berfungsi untuk mencerahkan, sehingga mampu mengatasi bekas luka secara alami. Sedangkan kayu manis yang kaya antioksidan membantu meregenerasi sel kulit lebih cepat, sehingga bekas luka akan memudar secara bertahap. Berikut cara menggunakannya.

  • Siapkan air perasan jeruk lemon, oatmeal, bubuk kayu manis dan air.
  • Pertama campurkan oatmealdengan air yang telah mendidih, aduk rata hingga berbentuk pasta.
  • Lalu masukan air perasan jeruk lemondan bubuk kayu manis, aduk rata kembali.
  • Diamkan agar suhunya lebih dingin, lalu oleskan ke kulit yang memiliki bekas cacar air.
  • Biarkan selama 20 hingga 30 menit hingga mengering barulah basuh hingga benar-benar bersih dengan air hangat.

5. Baking Soda

Baking soda bersifat basasehingga sangat baik untuk menjaga pH kulit Anda. Bahan ini pun juga sangat baik untuk mengurangi bekas luka termasuk akibat cacar air.1 Sebab, baking soda merupakan ekafoliator alamisangat bagus dalam membantu mengelupaskan kulit mati sehingga merangsang regenerasi sel baru. Berikut cara menghilangkan bekas cacar air dengan baking soda, di antaranya.

  • Bahan yang diperlukan hanya baking soda dan air saja, campur keduanya hingga berbentuk pasta.
  • Oleskan ke bekas luka sambil digosok perlahan kurang lebih 2 menit. Lalu bilas hingga bersih dengan air.
    Untuk hasil maksimal lakukan cara tersebut dengan rutin setidaknya 3 kali dalam seminggu.

6. Madu

Kaya akan nutrisi membuat madu sangat baik untuk menutrisi kulit, tak hanya itu madu pun juga meningkatkan regenerasi sel baru. Sehingga madu menjadi bahan alami yang tepat untuk menghilangkan bekas cacar air yang membandel. Berikut cara menghilangkan bekas cacar air dengan menggunakan madu, di antaranya

  • Siapkan bahan yaitu oatmeal, madu dan air secukupnya. Lalu campurkan semua bahan hingga menjadi bubur pasta.
  • Oleskan ke bekas cacar air baik di wajah maupun kulit hingga merata.
  • Biarkan selama 15 sampai 20 menit, baru kemudian di bilas hingga benar-benar bersih.

7. Lidah Buaya

Sudah sejak lama lidah buaya menjadi herbal yang dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa untuk kulit. Sebagai pelembab alami serta mampu menyembuhkan dari berbagai macam masalah kulit termasuk menghilangkan bekas cacar air.

Kaya kandungan antioksidan dan anti mikroba membuat lidah buayatak hanya mampu menghilangkan bekas lukanya saja tetapi juga bisa menyembuhkan cacar air sekaligus. Sifat anti inflamasi yang dimiliki lidah buaya pun juga sangat baik untuk mengurangi peradangan pada kulit. Berikut cara menghilangkan bekas cacar air dengan menggunakan lidah buaya, di antaranya.

  • Siapkan lidah buaya yang masih segar, lalu kupas kulit luarnya hingga menyisakan bagian dalamnya yang seperti gel saja.
  • Anda bisa langsung menggosoknya ke kulit atau melumatkannya terlebih dahulu hingga tersisa lendirnya saja.
  • Gunakan di seluruh wajah atau kulit yang memiliki bekas luka.
  • Diamkan beberapa saat hingga mengering lalu bilas hingga sisa-sisa lendir lidah buaya hilang sepenuhnya.
  • Untuk hasil yang maksimal ulangi penggunaan setidaknya 3 sampai 4 kali sehari secara rutin.

8. Pepaya

Enzim papain di dalam buah sangat baik untuk menyingkirkan sel kulit mati dan sebagai exfoliator alami sehingga mampu mengangkat lapisan kulit mati yang tertinggal. Pepaya pun juga memiliki sifat melembabkan kulit, ini karena sodiumnya yang rendah membuat kulit lembab lebih lama. Selain itu kandungan vitamin C di dalamnya membantu merangsang produksi kolagen sehingga membuat kulit mampu meregenerasi sel yang rusak termasuk menghilangkan bekas cacar air. Berikut cara menggunakannya.

  • Siapkan pepaya yang sudah matang, susu segar dan gula pasir.
  • Cuci dan kupas buah pepaya lalu bersihkan, kemudian haluskan.
  • Lalu masukan susu dan gula ke dalam pepaya yang sudah dilembutkan tadi, aduk hingga tercampur rata.
  • Diamkan adonan tersebut selama sekitar 15-20 menit.
  • Selama menunggu, bersihkan wajah atau bagian tubuh yang memiliki bekas cacar air.
  • Lalu oleskan campuran pepaya, susu dan gula tadi ke bagian yang sudah dibersihkan tadi.
  • Gunakan seperti scrub dan gosokan secara perlahan, diamkan beberapa saat. Lalu bilas hingga bersih.

9. Virgin Coconut Oil

Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa (virgincoconutoil)diketahui dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Asam lemak ini tidak hanya merangsang produksi kolagen tapi juga menjaga kulit tetap lembab. Sehingga sangat baik untuk menghilangkan bekas cacar air yang mengganggu. Berikut cara menggunakannya.

  • Siapkan minyak kelapa (Virgin coconutoil),
  • Oleskan minyak tersebut pada area yang terdapat bekas luka, misalnya wajah atau tubuh.
  • Gunakan minyak tersebut untuk memijat area yang memiliki bekas cacar air.
  • Pijat dengan lembut supaya minyak meresap dengan baik ke kulit.Ulangi sampai 3 – 4 kali sehari.

10. Minyak Bunga Lavender

Minyak esensial dari bunga Lavender tidak hanya memiliki sifat antiseptik dan anti jamur, tetapi juga dapat mengatasi bekas luka termasuk bekas cacar air.Ketika di oleskan ke bekas luka, minyak tersebut akan membuat bekas luka memudar sedikit demi sedikit. Berikut cara menggunakannya.

  • Minyak bungaLavender – 1-2 tetes
  • Minyak zaitun atau bisa diganti minyak kelapa 1 – 2 sendok makan
  • Campurkan minyak bunga lavender dan minyak zaitun, lalu oleskan ke bekas cacar air sambil berikan pijatan lembut.
  • Ulangi 2 hingga 3 kali setiap hari.

Demikian 10 cara menghilangkan bekas cacar air dengan bahan alami yang bisa di dapat dengan mudah di sekitar Anda. Berbeda dengan metode yang dilakukan secara klinis yang dapat memberikan hasil nyata yang cepat. Ketika memilih bahan alami, Anda harus sabar dan telaten karena hasilnya memang tidak langsung terlihat. Tetapi bedanya bahan alami memiliki resiko yang hampir tidak ada sehingga cukup aman digunakan. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.