Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

10 Cara Menghilangkan Bulu Kaki Secara Permanen Tanpa Rasa Sakit

Bulu kaki merupakan hal lumrah bagi seorang pria. Sekalipun bulu kaki cukup panjang dan lebat, mayoritas kaum pria tak merasa risih dengan hal itu. Kondisi bulu kaki seperti itu  memanglah umum terjadi karena pria cenderung memiliki kadar hormon testoteron dan androgen yang lebih tinggi. Kedua hormon tersebut sangat berpengaruh pada pertumbuhan seluruh rambut di tubuh, termasuk bulu kaki.

Kadar kedua hormon tersebut terbilang rendah pada wanita karena adanya hormon esterogen dan progesteron. Itulah menjadi penjelasan fisiologis mengapa kaum wanita umnya memiliki bulu kaki tipis dan hampir tidak terlihat. Kondisi bulu kaki seperti itu tentunya tidak akan mengganggu penampilan sehingga mereka merasa percaya diri.

Namun, sayangnya pada kondisi tertentu, seorang wanita dapat memiliki banyak rambut di seluruh tubuhnya. Kondisi tersebut dinamakan hirsutisme. Termasuk memiliki bulu kaki yang panjang maupun lebat. Meskipun, sebagian kasus tersebut bukanlah hal abnormal, tetapu tetap saja wanita dengan bulu kaki yang jelas terlihat panjang dan lebat, akan merasa janggal. Hal tersebut dapat berujung pada rasa kurang percaya diri.

Karena seakan tidak nyaman dengan bulu kaki yang panjang dan lebat, maka cara yang paling praktis untuk menghilangkannya, yaitu dengan mencukur bulu kaki. Namun, proses mencukur bulu kaki sayangnya dapat menimbulkan beberapa efek samping yang merugikan, diantaranya bulu kaki justru akan tumbuh lebih cepat dan kasar daripada sebelumnya. Hal ini disebabkan karena proses mencukur sebenarnya hanya memotong bulu kaki yang dekat dengan permukaan kulit, dan tidak menuntaskan hingga ke akarnya. Padahal sekali Anda merasa risih dengan bulu kaki dan berniat menghilangkannya, kebanyakan dari Anda ingin bulu kaki tersebut hilang selamanya alias secara permanen.

Cara Menghilangkan Bulu Kaki Secara Permanen Tanpa Pisau Cukur

Nah, bagi Anda merasa bulu kakinya mengganggu penampilan dan Anda ingin menghilangkan bulu kaki secara alami, tanpa gunakan pisau cukur, berikut ini adalah aneka bahan yang bisa Anda gunakan :

1. Adonan gula (gulali)

Menghilangkan bulu kaki dengan adonan gula sudah dilakukan oleh banyak orang. Keberhasilannya untuk menghilangkan bulu kaki secara tuntas pun telah terbukti. Pembuatan adonan gula sangat mudah untuk dilakukan, khususnya di rumah. Anda cukup menyediakan campuran beberapa sendok makan gila pasir, air perasan jeruk nipis dan tambahkan sedikit madu. Campuran ketiga bahan tersebut selanjutnya dipanaskan di atas api hingha terbentuk gumpalalan seperti gel.

Kemudian, oleskan pada kaki yang berbulu dengan alur satu arah selanjutnya tutup dengan kertas katun dan diamkan selama lebih kurang 5-10 menit. Jika terasa kertas katun seakan telah melekat erat pada kulit, Anda sudah dapat menarik kertas katun yang tertempel secara perlahan-lahan. Amati hasilnya bahwa bulu kaki akan ikut tercabut dengan menempel erat pada kertas katun.

2. Kunyit dan garam

Menghilangkan bulu kaki dengan bahan yang satu ini memang kurang populer dibandingkan adonan gula sebelumnya. Namun, taukah Anda bahwa masyarakat India justru sejak lama menggunakan kunyit dan garam untuk menghilangkan rambut-rambut di tubuh, termasuk bulu kaki, dengan alami.

Cara membuat bahan tersebut adalah dengan mencampurkan kunyit dengan garam batu hingga menjadi pasta kental, lalu oleskan pada seluruh. Biarkan sesaat hingga pasta dapat menyerap, lalu diikuti menggosok-gosokkan pasta pada kaki. Terakhir bilas dengan  air bersih. Cara yang satu ini memang tidak instan menghilangkan bulu kaki layaknya adonan gula. Namun, bahan kunyit dan garam dapat menghambat pertumbuhan bulu kaki.

3. Pepaya

Banyak orang senang memakan buah yang satu ini. Alasannya karena rasa pepaya yang manis disertai kandungan nutrisi di dalamnya yang bergizi. Selain memberi nutrisi ke dalam tubuh, pepaya juga sering dijadikan sebagai bahan masker agar nutrisi dari luar juga optimal. Nah, taukah Anda bahwa penggunaan pepaya dari luar juga dapat dilakukan untuk menghilangkan kumis dan bulu kaki? Seharusnya Anda telah mengetahui hal tersebut karena hilangkan bulu kaki dengan pepaya sudah menjadi rahasia umum.

Membuat krim pepaya untuk menghilangkan bulu kaki juga sama mudahnya, yaitu menghaluskan beberapa potong buah pepaya dengan menggunakan blender. Lalu, campurkan dengan bubuk kunyit dan aduk adonan krim sampai merata. Jadilah krim tersebut dan siap untuk dioleskan pada kaki. Biarkan krim tersebut selama lebih kurang 15-20 menit atau hingga krim tersebut terlihat kering, lalu bersihkan kaki Anda dengan membilasnya dengan air bersih.

4. Putih telur

Cara menghilangkan bulu kaki dengan putih telur. Putih telur sudah terkenal sebagai bahan untuk menghilangkan komedo. Tetapi, siapa sangka bahwa putih telur juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo? Janganlah heran karena putih telur yang dibiarkan mengudara pada kulit, nantinya akan memiliki daya lekat layaknya adonan gula yang telah kita bahas sebelumnya.

Pembuatannya pun tak kalah mudah, yaitu dengan hanya mencampurkan  satu putih telur dengan bubuk kunyit dan aduk adonan krim sampai merata dan aduk campuran tersebut hingga adonan kental layaknya pasta. Kemudian, ileskan pada kaki dan biarkan hingga mengering. Setelah kering dan terasa kulit seakan tertarik, barulah Anda mengelupas campuran telur dari kulit Anda. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda juga dapat menggunakan kertas katun. Prinsip penggunaannya juga sama dengan adonan gula pada pembahasan di atas.

5. Batu apung

Penggunaan batu apung sudah lama dilakukan untuk menghilangkan bulu kaki. Caranya pun mudah yaitu hanya dengan menggosokkannya pada kaki saat sedang mandi. Supaya tidak sakit dan kering, jangan lupa untuk memberi sabun lebih dahulu supaya permukaannya sedikit lebih licin. Hasilnya memang tidak akan langsung terlihat, namun jika Anda melakukannya secara rutin, pertumbuhan bulu kaki anda akan melambat dalam beberapa minggu.

6. Kapur sirih dan kunyit

Jila sebelumnya membahas kombinasi kunyit dengan garam, maka ternyata kunyit juga dapat dicampurkan dengan kapur sirih untuk menghilangkan bulu kaki. Perpaduan dua bahan alami ini tentunya sangat ampuh untuk membasmi bulu di kaki. Yang harus dilakukan hanyalah membuat krim dari bubuk kunyit dan kapur sirih yang sudah di haluskan. Kadar kapur sirih yang digunakan hanya secukupnya supaya krim ini tidak mengiritasi kulit. Krim kunyit dan kapur sirih juga dioleskan pada kaki layaknya krim-krim lainnya. Selanjutnya, diamkan beberapa menit supaya mengering. Sesudahnya bisa dibersihkan dengan air hangat. Kunyit juga merupakan bahan alami yang ampuh menghilangkan flek hitam bekas jerawat.

7. Pisang dan Oatmeal

Kombinasi pisang dan oatmeal sudah sering buat, terutama sebagai makanan saat sarapan. Pisang yang manis sangat cocok memang dicampurkan dengan oatmeal. Tetapi, pembahasan kali ini bukan mengenai kombinasi dua bahan makanan tersebut untyk dimakan melainkan untuk membasmi bulu-bulu di kaki. Mengapa bisa pisang dan oatmel digunakan umtuk hilangkan bulu kaki? Tak lain dan tak bukan larena kandungan nutrisi yang dimiliki oleh masing-masing bahan tersebut. Sebagaimana pisang sendiri juga sering dijadikan bahan masker untuk memberi nutrisi dari luar.

Nah, kalau untuk membuat kombinasi dua bahan tersebut untuk basmi bulu kako adalah dengan menyiapkan satu buah pisang matang dan dua sendok makan oatmeal. Pisang tersebut dihancurkan hingga lunak seperti pasta, lalu campurkan oatmeal dengan pisang tadi. Oleskan pasta pada seluruh kaki sambil dipijat selama 15-20 menit. Setelah itu, cuci kaki dengan air hingga bersih.

8. Tawas dan air mawar

Serupa dengan campuran kunyit dan garam, campuran yang satu ini juga sudah marak digunakan oleh para wanita di India untuk menghilangkan rambut tubuh yang tak diinginkan. Tawas itu sendiri juga sering digunakan oleh  orang-orang Pakistan untuk menghilangkan berbagai jenis bulu yang mengganggu. Untuk membuat campuran ini, cukup gunakan tawas secukupnya karena jumlah tawas terlalu banyak dikhawatirkan akan mengiritasi kulit.

Air mawar yang biasanya dibuat sebagai campuran masker alami, juga bisa menyeimbangkan tawas karena air mawar diketahui dapat melembutkan kulit. Untuk membuat campuran kedua bahan tersebut, caranya adalah mecampurkan setengah sendok teh bubuk tawas, 2-4 sendok makan air mawar, minyak zaitun atau minyak wijen secukupnya. Terua diaduk hingga campuran berbentuk pasta.

Gunakan kapas untuk mengoleskannya ke kaki dan biarkan mengering dan oleskan lagi lapisan baru. Senantiasa mengoles lapis demi lapis selama 50-60 menit. Jika dalam waktu tertentu kulit terasa iritasi, hentikan pengolesan. Bagi kulit sensitif pun, sebaiknya cukup mengoleskan pasta berbahan tawas dan air mawar hanya selama 15 menit. Cuci dengan air dan keringkan dengan ditepuk – tepuk dan kembali oleskan minyak wijen saja pada kaki untuk melembapkan kulit.

9. Teh spearmint

Teh ini diketahui dapat menyeimbangkan kelebihan hormon androgen sebagaimana telah dijelaskan secara singkat mengenai peran hormon tersebut pada tubuh. Cara membuat ramuan menggunakan daun spearmint untuk menghilangkan bulu di kaki, yaitu: meletakkan  5-6 helai daun spearmint atau satu sendok teh spearmint kering di teko, tuangkan air mendidih dan biarkan 5-7 menit. Kemudian, saring teh dan minum, sebaiknya diminum satu sampai dua kali sehari.

10. Kemangi dan Daun bawang

Kombinasi kedua bahan ini potensial untuk menghilangkan bulu kaki Anda. Kedua bahan tersebut secara efektif mampu merontokkan bulu tanpa mengiritasi  kulit kaki Anda. Kulit pun bakal lebih bercahaya dan sehat setelah menggunakan campuran bahan ini.

Cara mengolah kedua bahan tersebut yaiu pertama kali, sediakan bawang merah sebanyak 2 siung bersama dengan daun kemangi kurang lebih 10-12 lembar. Kupas dulu bawang merah yang sudah Anda siapkan dan cuci bersih, kemudian lanjutkan dengan menghancurkan daun kemangi di dalam sebuah mangkuk disusul juga dengan bawang merah tadi. Haluskan kedua bahan tersebut sambil dicampur rata hingga membentuk pasta. Langsung oleskan ke area kulit kaki berbulu, tunggu sampai maksimal 25 menit sebelum Anda membilasnya menggunakan air.

Usai sudah pembahasan kali ini mengenai cara menghilangkan bulu kaki secara alami. Perlu Anda ingat bahwa berbagai cara tersebut tidak akan menunjukkan hasil secara instan hanya dalam 1 atau 2 kali pemakaian. Meskipun begitu, bahan alami ini cenderung memiliki efek samping minimal dan tetap dapat menghilangkan bulu kaki dengan maksimal dengan jangka waktu yang cukup lama.

Untuk mendapatkan hasil maksimal tersebut, sebaiknya Anda melakukan tips tersebut berulang-ulang. Setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Anda sebaiknya juga menambahkan pelembap pada kaki setiap kali habis mandi supaya sekalipun bulu kaki tetap tumbuh, bulu tersebut tumbuh dengan lembut. Baiklah, semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

 

Pencarian:

  • cara menghilangkan bulu kaki secara alami tanpa rasa sakit
  • obat alami untuk menghilangkan bulu rambut pada kaki dan paha pria secara permanen
  • cara mengilangkan bulu dengan kunyit dan garam
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.