Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

11 Cara Menghilangkan Daki Di Badan Yang Membandel Secara Ampuh

Daki yang dibiarkan berlama-lama, kelak dapat menjadi penyebab kulit berwarna gelap alias menghitam dan juga terlihat kusam. Selain itu, penumpukkan daki di permukaan kukit akan menghambat sekresi atau pengeluaran keringat dan minyak dari masing-masing kelenjar pada kulit. Padahal kedua hal tersebut sebagai mekanisme pertahanan kuli, baik untuk melembapkan maupun melawan mikroba yang mencoba masuk lewat peemukaan kulit. Nah, bisa Anda bayangkan jika aliran kelenjar-kelenjar tersebut terhambat oleh daki? Kulit pun menjadi kering dan dapat terinfeksi.

Cara Menghilangkan Daki Dengan Bahan Alami

Untuk membantu proses pembuangan daki, salah satunya adalah rutin menggosok seluruh bagian tubuh ketika mandi, terutama daerah lipatan yang sebelumnya telah disebutkan. Dengan menggunakan sabun, bersihkan seluruh tubuh dengan menggosoknya. Amati juga bagian tubuh yang terlihat menghitam karena daki, maka utamakan juga menggosok sabun pada area tersebut supaya daki yang ada tidak menumpuk berlama-lama.

Selain cara tersebut, ada juga berbagai bahan alami untuk membantu kita menghilangkan daki. Bahkan, penggunaan bahan tersebut secara rutin dan penuh kesabaran, dapat menghasilkan kulit yang semakin sehat dan terlihat cerah. Apa saja bahan-bahan yang dimaksud ? Yuk, simak ulasan cara menghilangkan daki berikut ini:

1. Air hangat

Wah, bahan yang satu ini sangat murah maupun mudah didapatkan, bukan? Anda hanya cukup memanaskan air bersih dengan kompor maupun mengambil air hangat dari dispenser. Ingat, haruslah hangat, jangan sampai terlalu panas. Jika air baru saja mendidih, campurkanlah dengan air biasa atau diamkan sejenak hingga air menjadi hangat dan nyaman serta aman jika mengenai kulit. Lalu, gunakan handuk kecil yang bersih dan basahi handuk tersebut. Gosoklah daerah kulit yang berdaki secara perlahan-lahan. Sel-sel kulit nati bercampur kotoran akan terlepas dan Anda cukup membersihkannya dengan tissu maupun kapas.

2. Lidah buaya

Banyaknya khasiat yang dimiliki oleh lidah buaya, bukanlah sebuah rahasia lagi. Apalagi khasiatnya terhadap kecantikan kulit dan melebatkan rambut. Lidah buaya memang memiliki lendir getah atau gel yang dapat membantu pengangkatan daki. Lidah buaya memiliki kandungan vitamin C yang akan mencerahkan dan melembabkan kulit.

Untuk hilangkan daki dengan lidah buaya, maka pertama kali menyediakan satu batang lidah buaya yang masih segar, kupas dan ambil bagian gelnya. Lalu Anda dapat mencacah gel lidah buaya hingga halus.

Oleskan seraya gosokkan gel lidah buaya tersebut pada daerah tubuh yang berdaki. Dengan begitu, daki akan terangkat dan mudah dibersihkan. Setelah daki sudah terangkat, Anda dapat kembali mengoleskan lidah buaya jika masih tersisa. Diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas hingga bersih. Membiarkannya selama itu bertujuan supaya sisa lidah buaya tidak terbuang sia-sia, melainkan dapat digunakan untuk membuat kulit lebih cerah dan lembap.

3. Lemon

Lemon begitu bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh. Apalagi buah satu ini seringkali digunakan sebagai perawatan kulit. Seperti kita ketahui bahwa lemon memiliki banyak cairan sehingga membuat permukaan kulit lebih licin dan dapat membuat daki lebih cepat terangkat. Lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang berperan penti g sebagai antioksidan. Selain itu, kondidi asam pada lemom mampu mencegah terjadinya infeksi.

Cara membersihkan daki dengan lemon, yaitu dengan menggosokkan potongan lemon pada daerah yang berdaki. Gosoklah secara perlahan hingga tampak daki yang menumpuk terlepas dari permukaan kulit. Jika sudah, bilas dengan menggunakan air bersih. Selepas itu, Anda sebaiknya mengoleskan pelembab pada ketiak sebab lemon dapat membuat kulit ketiak menjadi kering.

4. Strawberry

Strawberry termasuk dalam buah-buahan yang sering digunakan untuk merawat kulit. Kandungan nutrisi strawberry paling banyak yaitu vitamin C. Kandungan tersebut sangat bermanfaat sebagai antioksidan. Olahan strawberry yang dihaluskan dapat digunakan untuk membantu Anda hilangkan daki. Caranya yaitu dengan menghaluskan buah strawberry lebih dahulu dicampur madu sampai strawberry menjadi lembut. Oleskan campuran tersebut pada permukaan kulit yang berdaki, diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Anti oksidan dalam buah ini mampu mengangkat sel kulit mati sekaligus memperbaikinya.

5. Kulit jeruk

Bahasan yang tak jauh dari lemon, yaitu jeruk. Kalau sebelumnya kita memanfaatkan daging buah lemon, tetapi kali ini kita justru memanfaatkan kulit jeruk. Apakah Anda sudah mengetahui mengenai manfaat kulit jeruk ? Iya, mungkin memang banyak yang belum mengetahui manfaat kulit jeruk. Kandungan nutrisi kulit jeruk memiliki manfaat yang tidak kalah banyak dibandingkan dengan kandungan buah jeruknya sendiri. Kukit jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sama seperti dengan buahnya. Kandungan kulit jeruk memiliki manfaat diantaranya mulai dari penenang, penghalus kulit hingga obat anti nyamuk. Nah, sebenarnya bukan hanya menghaluskan kukit dan menghilangkan hitam di ketiak, tapi kulit jeruk ini dapat membantu Anda menggosok kulit berdaki.

Bagaimana cara memanfaatkan kulit jeruk untuk hilangkan daki ? Pertama, haluskan kulit jeruk lebih dahulu dengan blender. Lalu, campur bubuk kulit jeruk yang telah halus dengan madu sebanyak 2 sendok makan. Sama seperti sebelumnya, balurkan campuran bahan tersebut serata menggosok-gosok kulit berdaki. Tak butuh lama akan terlihat daki terlepas dari permukaan kulit. Bilaslah atau gunakan tissu untuk membersihkan daki ya g terlepas.

6. Air cucian beras

Air cucian beras banyak dikenal sebagai air tajin. Tapi kali ini, kita kan membahas manfaatnya di luar khasiat yang seringkali dibicarakan. Ya, air cucian beras jangan terburu-buru dibuang karena hal tersebut bisa menjadi solusi untuk hilangkan daki. Basahi area berdaki Anda menggunakan air ini sembari digosok. Daki pun akan segera terangkat dan terlihat kulit Anda akan lebih cerah dari sebelumnya. Anda sebaiknya menggunakan air cucian beras yang masih baru.

7. Minyak zaitun

Manfaat minyak zaitun sudah seringkali dibahas dalam berbagai artikel. Terutama kandungan nutrisi yang dimilikinya dapat bermanfaat untul kesehatan dan kecantikan kulit. Karena itu, kali tak perlu menjabarkan ragam khasiat minyak zaitun. Cukuplah mengenai bagaimana penggunaan minyak zaitu untuk menghilangkan daki. Anda sebaiknya menghangatkan minyak zaitun terlebih dahulu sebelum dipakai supaya daki lebih mudah dilepaskan. Seperti biasa, gosokkon minyak zaitun di area tubuh yang berdaki. Tak lupa juga bersihkan hingga tidak tersisa daki yang menempel, bisa dengan air mengalir atau cukup dengan tissu.

8. Madu

Racun di tangan kirimu, madu di tangan kananmu. Mari gunakan madu untuk menghilangkan daki. Siapa di antara Anda yang membaca 3 kalimat barusan sambil bernyanyi ? Baiklah, hanya sedikit intermezzo. Lagu yang sering kita dengarkan secara tak langsung menggambarkan madu memberi manfaat sebagaimana madu diletakkan di sisi kanan. Kelebihan madu sudah banyak dijelaskan, baik dalam artikel penulisan maupun juga hasil berbagai penelitian. Hal tersebyt dikarenaka madu memiliki banyak kandungan alami yang bermanfaat untuk kecantikan seperti antioksidan, antibakteri, vitamin B dan vitamin C, yang dibutuhkan kulit.

Untuk memanfaatkan madu supaya daki hilang dan kulit cerah gemilang, maka pertama kali Anda harus membersihkan area berdaki sekaligus menyiapkan madu murni secukupnya. Oleskan secara merata pada area berdaki dan biarkan hingga madu mengering atau selama kurang lebih 30-45 menit. Setelah itu, bersihkan madu sambil menggosok kulit secara perlahan-lahan hingga bersih.

9. Alpukat

Kandungan buah alpukat kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, lemak tak jenuh, protein, serat, karbohidrat, zat besi, kalsium, kalium dan masih banyak lainnya. Itulah mengapa alpukat seringkali digunakan sebagai bahan dalam berbagai produk kesehatan maupun kecantikan. Khususnya yang berhubungan dengan kulit. Nah, alpukat kali ini disarankan untuk membantu Anda hilangkan daki. Walaupun ketika Anda menggunakannya, terlebih pemakaian yang rutin, akan membuat kulit Anda juga semakin sehat dan cerah.

Ingin tau bagaimana menggunakan alpukat ? Pertama kali, Anda ambil bagian daging dari sebuah alpukat. Tambahkan sedikit air dan haluskan alpukat, bisa dengan menggunakan sendok atau dengan menggunakan blender layaknya membuat jus. Jika Anda menggunakan blender, sebaiknya jangan sampai hasilnya terlalu cair. Selanjutnya, balurkan alpukat yang telah dihaluskan seraya menggosok-gosok kulit hingga tampak daki telah terlepas. Bilaslah dengan air mengalir hingga tak sedikitpun sisa daki dan juga alpukat.

10. Yoghurt

Secara umum, susu dan olahannya seperti yoghurt, mengandung laktoferin yang berfungsi sebagai antioksidan. Karena kandungan tersebut, baik yoghurt dinilai dapat digunakan untuk mencerahkan kulit dan memutihkan kulit tangan. Selain itu yoghurt juga bisa untuk menghilangkan daki yang melekat pada kulit. Nah, cara memanfaatkannya yaitu pertama Anda oleskan yoghurt dengan kuas kecil pada daerah yang berdaki. Biarkan nutrisi dari yoghurt meresap dan bilas sambil menggosok-gosok kulit dengan sabun untuk membersihkannya.

11. Kentang

Banyak orang menggunakan kentang sebagai pemutih alami dan mengandung anti iritasi. Itulah alasan bahwa kentang mampu mencerahkan kulit. Selain itu, kentang juga bisa dijadikan bahan untuk menghilangkan daki pada tubuh. Caranya yaitu dengan menghaluskan kentang dalam blender dan pastikan hasilnya sudah benar-benar halus. Tempelkan pada masalah daki Anda selama 15 menit. Cuci kulit Anda dengan air biasa dan lihatlah perbedaannya.

Bahasan tentang cara menghilangkan daki dengan bahan-bahan alami usai dulu sampai disini. Coba memakai bahan-bahan ini dan lawan rasa malas untuk melakukannya berulang-ulang supaya hasilnya maksimal. Jangan lupa juga untuk jaga kerbersihan badan. Mandi dua kali sehari. Semoga artikel ini bermanfaat.

Pencarian:

  • Cara menghilangkan daki dengan air tajin
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.