Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

10 Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Yang Alami Dan Terbukti Berhasil

Sepertinya tak ada seorang pun yang mau memiliki flek hitam di wajahnya, karena selain mengganggu juga membuat tampilan wajah jadi kurang sempurna. Namun ternyata menyingkirkan flek hitam bekas jerawat sedikit lebih sedikit lebih sulit daripada menghilangkan jerawat yang meradang. Sebab setelah jerawat sembuh, tentu meninggalkan bekas kehitaman di wajah. Nah, bekas tersebutlah yang sangat sulit untuk dihilangkan.

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat Alami

Tapi seperti kata pepatah, tak ada yang tak mungkin begitu pun dengan flek hitam bekas jerawat yang sulit hilang. Sebab Anda pun dapat mengatasinya dengan bahan alami dan mendapatkan wajah Anda kembali bersih tanpa flek hitam. Ingin tahu caranya? Yuk simak ulasannya berikut cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat selengkapnya.

1 Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami terbaik untuk mengatasi masalah jerawat.Sifat antiinflamasinya membantu mengurangi peradangan pada jerawat, tak hanya itu kandungan antioksidannya yang tinggi juga membantu memudarkan flek hitam bekas jerawat.

Caranya menggunakannya pun juga sangat mudah dan simpel. Berikut caranya,

  • Ambil satu bagian lidah buaya, bersihkan lalu kupas kulit luarnya.
  • Kemudian ambil dagingnya yang seperti gel, Anda dapat mengoleskannya langsung atau menghaluskannya lebih dulu.
  • Lalu oleskan di wajah untuk mengurangi flek hitam, diamkan beberapa saat setelah itu baru bilas wajah dengan air dingin hingga bersih.

2. Mentimun

Mentimun tak hanya bagus untuk mengatasi masalah tekanan darah tinggi tetapi juga sangat baik untuk mengatasi peradangan serta flek hitam bekas jerawat. Ini karena sifat anti inflamasi serta kandungan mineralnya yang kaya membantu meregenerasi kulit dengan baik. Berikut caranya,

  • Ambil satu mentimun dan cuci hingga bersih, kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian.
  • Usapkan potongan mentimun tersebut ke wajah yang terdapat flek hitam bekas jerawat. Biarkan beberapa saat selama 20 hingga 30 menit.
  • Setelah itu barulah bilas hingga bersih.
    Selain dapat menghilangkan flek hitam bekas jerawat, mentimun juga dapat digunakan untuk menyamarkan kantung mata. Sehingga membuat wajah Anda terlihat lebih segar.

3. Olive Oil

Olive oil atau minyak zaitun dipercaya sejak dahulu sebagai bahan alami untuk kecantikan dan kesehatan. Minyak zaitun sendiri mengandung anti oksidan yang tinggi sehingga dapat membuat flek hitam bekas jerawat hilang secara bertahap. Meskipun namanya minyak, tetapi jangan khawatir karena minyak zaitun ini tidak menyebabkan pori-pori tersumbat. Sehingga cukup aman dan tidak menimbulkan masalah baru di kulit. Berikut cara menggunakannya,

  • Anda dapat menggunakan minyak zaitun ini secara langsung pada wajah dan pijat lembut beberapa saat.
  • Kemudian diamkan sebentar agar kandungan alaminya meresap di dalam kulit. Barulah bilas dengan air hangat.

Selain itu Anda pun juga dapat mencampurkan beberapa tetes tea tree oildan minyak zaitun untuk mengurangi flek hitam di wajah.Kombinasi tea tree oil dan olive oil mampu memudarkan flek hitam di wajah, serta meningkatkan sirkulasi darah sehingga regenerasi sel menjadi lebih maksimal.

4. Madu

Sifat antibakteri, anti alergi dan antiseptik serta kaya akan antioksidanmembuat madu menjadi salah satu bahan alami yang kaya manfaat luar biasa. Termasuk juga mengatasi masalah flek hitam bekas jerawat. Madu juga mampu mengurangi peradangan akibat jerawat, serta mampu memberikan kelembaban pada semua jenis kulit. Berikut cara mengurangi flek hitam bekas jerawat dengan madu,

  • Gunakan madu alami tanpa tambahan apapun.
  • Campurkan satu sendok makan madu dan gula pasir. Gunakan untuk scrubbing di wajah, gosok dengan lembut sambil dipijat.
  • Diamkan beberapa saat setidaknya selama 10 sampai 15 menit. Baru kemudian dibilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Lemon

Bahan alami selanjutnya yang juga sangat bagus untuk membantu menyamarkan flek hitam bekas jerawat ialah lemon. Ini karena kandungan antioksidan, asam citrus serta vitamin C-nya yang mampu meningkatkan produksi kolagen dalam kulit sehingga mempercepat proses regenerasi sel kulit. Berikut cara menggunakannya.

  • Siapkan buah lemon segar, potong dan ambil airnya.
  • Anda dapat langsung mengaplikasikan air perasan lemon tersebut pada flek hitam di wajah.
  • Biarkan selama 10 menit, baru kemudian bilas hingga bersih.

Untuk hasil yang maksimal, ulangi sekali sehari selama dua sampai tiga minggu. Anda pun juga dapat menambahkan madu agar hasil lebih efektif lagi.

6. Umbi Kentang

Kentang bukan hanya enak untuk dijadikan french fries atau masakan lainnya tetapi ternyata juga bisa jadi cara alami menghilangkan bekas jerawat. Mengapa? Ini karena kentang mengandung banyak mineral baik seperti sulfur, kalium dan juga fosfor. Mineral tersebut diketahui sangat bagus untuk meningkatkan produksi elastin dan kolagen pada jaringan kulit. Sehingga membuat kulit wajah selalu tampak lebih muda dan segar sekaligus menyamarkan noda hitam. Berikut cara memanfaatkan kentang untuk menghilangkan bekas jerawat.

  • Siapkan satu kentang kemudian bersihkan, lalu potong melingkar.
  • Ambil satu potong kemudian gosok perlahan ke wajah dengan gerakan melingkar.
  • Lakukan hingga potongan kentang mengering, ulangi di bagian wajah yang lain setidaknya 15 sampai 20 menit.
  • Diamkan beberapa saat, baru kemudian bilas hingga bersih namun jangan gunakan sabun.

7. Susu

Anda juga dapat memanfaatkan susu untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Mengapa? Sebab susu mengandung asam laktat (alpha hidroxy acid), yakni eksfoliator alami yang mampu mengelupas kulit mati yang membuat kulit wajah jadi kusam, juga menyamarkan flek hitam di wajah akibat jerawat. Berikut cara menggunakannya,

  • Siapkan susu plain, gula pasir, dan minyak kelapa.
  • Campurkan semua bahan jadi satu, aduk rata hingga menjadi seperti pasta. Oleskan bahan tersebut di wajah yang berflek hitam.
  • Diamkan sebentar selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

8. Oatmeal

Jika kulit wajah Anda termasuk sensitif, maka Anda dapat mencoba oatmeal untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Sebab oatmeal ini lebih ringan dan lembut untuk kulit sensitif sehingga sangat sedikit menimbulkan iritasi. Oatmeal memilki kandungan saponin, yang sangat baik untuk mengangkat kotoran dan minyak di wajah. Selain itu kandungan anti inflamasi dan antioksidanjuga membantu mengurangi flek hitam bekas jerawat. Berikut cara menggunakannya.

  • Siapkan satu sendok makan oatmeal, satu sendok teh madu dan minyak kelapa (coconout oil), serta air.
  • Didihkan air dan masukan oatmeal, diamkan hingga dingin.
  • Setelah dingin, campurkan oatmeal, madu dan minyak kelapa menjadi satu. Aduk hingga merata, jadi seperti adonan pasta.
  • Oleskan ke wajah sambil dipijat lembut, diamkan selama 20 menit.
  • Baru kemudian dibilas hingga bersih dengan air hangat.

9. Bubuk Kayu Cendana

Mungkin Anda sedikit kurang familiar dengan herbal yang satu ini, sebab bubuk kayu cendana sendiri memang produk ekspor. Ini karenaa manfaatnya yang sangat luar biasa besar untuk kesehatan dan kecantikan. Bau harumnya yang khas membuat kayu cendana juga sering diambil minyaknya untuk aromaterapi, serta dapat membantu menyamarkan noda bekas jerawat. Juga memberikan tampilan glowing pada kulit wajah. Berikut cara menggunakannya.

  • Siapkan satu sendok makan bubuk cendana, gliserin dan air mawar.
  • Campurkan semua bahan menjadi satu dan berbentuk seperti pasta, jika tak ada air mawar Anda dapat menggantinya dengan susu atau madu.
  • Oleskan ke seluruh wajah hingga merata, lalu biarkan selama 10 menit. Baru kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih dari sisa-sisa masker.

10. Kunyit

Kunyit merupakan bahan alami selanjutnya yangefektif untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat kunyit mampu memperbaiki kerusakan di kulit akibat paparan radikal bebas serta mengurangi hiperpigmentasi pada kulit. Tak hanya itu, kunyit juga mampu menghilangkan flek hitam akibat paparan sinar matahari. Berikut cara menggunakannya.

  • Siapkan satu ruas kunyit, susu dan lemon.
  • Bersihkan kunyit dan haluskan, lakh tambahkan susu dan air perasan lemon.
  • Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
  • Oleskan ke kulit wajah yang terdapat flek hitam. Diamkam beberapa saat hingga 20 menit. Kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.

Demikian 10 cara menghilangkan flek hitam bekas jerawat secara alami. Sebetulnya mencegah lebih baik dari pada mengobati, apalagi soal jerawat. Agar jerawat tak menimbulkan bekas, hindari memegang atau pun memencet jerawat. Karena selain dapat meninggalkan flek hitam, hal tersebut dapat menimbulkan bekas luka yang membuat wajah jadi bopeng. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.