Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

10 Cara Menghilangkan Hitam Di Selangkangan Dan Memutihkannya Dengan Ampuh

Berbicara mengenai kesehatan dan kecantikan kulit tidak akan pernah ada habisnya. Masalah kulit cenderung tidak membahayakan, tapi tetap saja dikhawatirkan. Apalagi oleh kaum wanita yang sangat aware terhadap kondisi kulit mereka. Salah satu masalah kulit yang marak adalah kulit menghitam di daerah-daerah lipatan tubuh, seperti selangkangan. Sebenarnya kulit hitam di selangkangan maupun daerah lipatan lainnya bukan merupakan sebuah penyakit. Namun, kaum wanita tetap saja resah dengan selangkangan yang gelap, bahkan sebagian orang bisa juga kurang percaya diri ketika hal tersebut diketahui orang lain.

Kulit hitam tersebut biasanya sehat, tetapi secara fisiologis sel epitel kulit yang mati di daerah lipatan memang seringkali menumpuk. Itulah mengapa, kulit daerah lipatan cenderung berwarna gelap. Selangkangan, seperti kita ketahui, merupakan bagian tubuh yang berdekatan dengan anus untuk membuang feses atau kotoran. Hal tersebut juga dapat mempengaruhi terjadinya selangkangan berwarna gelap karena memicu peningkatan aktivitas bakteri seiring daerah lipatan juga lebih lembap dari bagian tubuh lainnya.

Cara Menghilangkan Hitam Di Selangkangan Denga Cepat

Banyak wanita yang bingung harus melakukan metode seperti apa agar mereka memiliki area selangkangan yang lebih cerah. Jika Anda termasuk ke dalam kelompok wanita tersebut, maka setelah membaca artikel kali ini, usai sudah kebingungan Anda karena bahasan kali ini adalah bagaimana memanfaatkan kekayaan alam untuk hilangkan selangkangan hitam. Apalagi Indonesia dikaruniai oleh Tuhan YME dengan tumbuhan yang beraneka ragam.

Oleh karena itu, tidak sulit mencari solusi untuk kulit selangkangan yang hitam dengan kekayaan alam. Apa saja bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan? Simaklah ulasan cara menghilangkan hitam di selangkangan di bawah ini :

1. Jagung

Jagung (Zea Mays L.) merupakan salah satu tanaman pangan dunia yang terpenting, selain gandum dan padi. Bahan pangan yang satu ini sudah sangat dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat, khususnya masyarakat Amerika tengah dan Selatan. Tak hanya itu, penduduk di beberapa daerah di Indonesia, seperti Madura dan Nusa Tenggara, telah menggunakan jagung sebagan bahan pangan pokok.

Tapi taukah Anda bahwa Jagung juga merupakan sumber vitamin dan mineral, sehingga cukup baik untuk memenuhi gizi dan kesehatan tubuh ? Kadar karbohidrat pada jagung memang menempati peringkat kedua setelah padi, tetapi jagung jga kaya akan zat nutrisi lainnya, seperti antioksidan, vitamin B1, fosfor, magnesium, dan lainnya. Sehingga tak heran, perusahan farmasi maupun produk kecantikan, memanfaatkan bahan ini karena sejalan dengan penelitian, jagung memang memiliki banyak khasiat. Salah satunya yaitu untuk menghilangkan kulit selangkangan yang menghitam secara perlahan-lahan.

Pertama, syarat jagung yang dapat dimanfaatkan, yaitu bersih, sehat, dan tidak terdapat serangga maupun kotoran-kotoran lain. Nah, selanjutnya, masuk ke tahap pembuatan yakni memarut 2 buah jagung yang telah dicuci bersih sebelumnya. Kemudian, balurkan pada selangkangan yang juga sudah dibersihkan sebelumnya dan diamkan hingga mengering dengan sendirinya. Terakhir, jangan lupa bilas hingga tidak tersisa sedikit pun parutan jagung.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak nabati dengan kandungan minyak tak jenuh, terutama kandungan asam oleik dan polifenolnya. Minyak yang dijuluki sebagai cairan emas ini sudah sejak lama dipercaya dapat bermanfaat sebagai obat luar untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada kulit dan rambut. Minyak zaitun merupakan satu-satunya minyak dari tumbuh-tumbuhan yang dapat langsung dikonsumsi setelah diperas dari buahnya.

Umumnya minyak zaitun didapat dengan cara memeras buah zaitun, tanpa melibatkan panas atau bahan kimia Sebagai bahan baku produk kecantikan, minyak zaitun kaya akan vitamin E yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Vitamin E merupakan zat antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari partikel-partikel yang dapat merugikan kesehatan. Vitamin tersebit jugalah yang berperan untuk hilangkan selangkangan berwarna hitam.

Bagaimana cara mengolah minyak zaitun ? Pertama siapkan satu sendok makan minyak zaitun. Bisa juga menambahkannya dengan satu sendok minyak kelapa. Lalu, balurkan minyak sambil menggosoknya secara perlahan pada ketiak. Biarkanlah selama 30 menit. Terakhir, jangan lupa membilas ketiak hingga bersih supaya tak memicu pertumbuhan bakteri.

3. Kulit jeruk

Pernahkah Anda tau bahwa seluruh bagian buah jeruk itu memiliki manfaat ? Bahkan, sekalipun kulit jeruk juga berguna ? Iya, mungkin tak banyak yang mengetahui manfaat dari kulit jeruk. Vitamin C pada jeruk nyatanya tak hanya dijumpai pada daging buahnya, tapi juga pada kulit jeruk. Selain daging jeruk, khasiat dan manfaat buah jeruk juga banyak terkandung pada kulit jeruk. Kulit jeruk memiliki kandungan manfaat yang tidak kalah banyak dibandingkan dengan kandungan buah jeruknya sendiri. Kandungan kulit jeruk memiliki manfaat diantaranya mulai dari penenang, penghalus kulit hingga obat anti nyamuk.

Secara spesifik untuk kulit, kulit jeruk sebenarnya tak sekedar menghaluskan tetapi juga dapat mencerahkan. Maka, artikel ini menyarankan penggunaan kulit jeruk untuk memutihkan selangkangan. Untuk mencerahkan kulit selangkangan menggunakan kulit jeruk Anda bisa menggosokkan kulit jeruk ke area selangkangan yang berwarna hitam. Jika Anda kurang suka cara tersebut, Anda jiga bisa memarut kulit jeruk lebih dahulu hingga halus. Kemudian, mengoleskannya ke area selangkangan yang hitam. Sama seperti biasanya, diamkan beberapa saat lalu cuci menggunakan air dan juga sabun supaya tak ada sisa kulit jeruk yang menempel terlalu lama hingga sebabkan iritasi.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat kaya akan vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit. Bahkan, minyak kelapa sudah sedari dulu digunakan untuk menjaga kesehatan kulit dan juga berguna sebagai antioksidan alami. Untuk memperoleh manfaat minyak kelapa, Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke area selangkangan dan mendiamkannya beberapa saat. Kandungan nutrisi dalam minyak kelapa, salah satunya adalah vitamin E sangat berguna untuk mencerahkan kulit dan mencegahnya kembali hitam. Setelah didiamkan beberapa saat, basuhlah kulit selangkangan menggunakan air hingga tak menyisakan minyak yang dapat membuat lengket.

5. Kunyit

Kandungan zat senyawa yang dimiliki kunyit, antara lain minyak asiri volatil oil, lemak, karbohidrat, protein, pati, vitamin C, zat besi, fosfor, dan kalsium. antibakteri dan antioksidan sehingga kunyit mampu digunakan untuk obat tradisional baik menjaga kesehatan maupun kecantikan kulit tubuh. Maka, jangan heran jika kunyit direkomendasikan juga untuk mencerahkan kulit selangkangan.

Cara memanfaatkan kunyit supaya dapat mencerahkan kulit di selangkangan secara optimal adalah Anda campurkan bubuk kunyit atau kunyit yang telah dihaluskan dengan air lemon atau air jeruk nipis, kemudian mengoleskan campuran bubuk kunyit dan air lemon tersebut ke area selangkangan. Diamkan beberapa saat hingga mengering, kemudian cuci dengan air dan juga sabun hingga bersih.

6. Bengkoang

Begitu banyak berbagai produk kesehatan dan kecantikan berbahan kimiawi yang mengadaptasi bengkoang sebagai bahan bakunya. Produk kecantikan umumnya berfokus pada kulit. Bagaimana produk tersebut melembutkan dan juga mencerahkan kulit. Jangan heran mengapa itu terjadi karena sebenarnya umbi bengkoang mengandung vitamin C yang berfungsi untuk pembentukan kolagen dan proses pigmentasi, vitamin C dapat diabsorpsi oleh kulit.

Cara memanfaatkannya adalah dengan menghaluskan bengkoang kemudian mengoleskan air bengkoang tersebut ke area selangkangan. Anda sebaiknya menghaluskan bengkoang dengan memarutnya ketimbang menggunakan blender. Menghaluskan bengkoang dengan blender dapat membuat nutrisi di dalamnya banyak terbuang. Selepas menghaluskan bengkoang, Anda bisa mengoleskan bengkoang yang telah dihaluskan ke area selangkangan secara tipis-tipis. Setelah kering, cuci daerah selangkangan hingga bersih.

7. Susu dan Yoghurt

Kedua bahan ini dimanfaatkan untuk memutihkan area selangkangan yang hitam. Menggunakannya bisa salah satu bahan saja atau bahkan mencampurkan keduanya supaya mendapatkan efek yang lebih maksimal. Secara umum, susu dan olahannya seperti yoghurt, mengandung laktoferin yang berfungsi sebagai antioksidan. Karena kandungan tersebut, baik susu maupun yoghurt dinilai dapat digunakan untuk mencerahkan kulit, termasuk di daerah selangkangan. Selain kulit selangkangan yang lebih putih dan juga cerah, susu dan juga yogurt sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit sehingga kulit lebih kenyal dan lembab. Karena itulah, maka jumlah produk kesehatan maupun kecantikan berbahan sus maupun yoghurt sudah tidak terhitung lagi.

Untuk memperoleh manfaat susu atau yogurt agar mendapatkan area selangkangan yang lebih putih, Anda bisa mencampurkan susu atau yogurt ke dalam air dan menggunakannya untuk mandi. Metode lainnya, Anda bisa mengoleskan susu atau yogurt ke area selangkangan dan mendiamkannya beberapa saat. Sama seperti sebelumnya, bilaslah dengan air hingga bersih. Khususnya untuk kedua bahan ini sangat penting untuk tidak membiarkan sisa susu maupun yoghurt berlama-lama di kulit karena kedua bahan tersebut mengandung laktat yang dapat dijadikan sumber nutrisi bahi bakteri maupun mikroba lainnya.

8. Tomat

Tomat merupakan salah satu buah yang bisa kamu manfaatkan sebagai pemutih selangkangan. Buah tomat ( ) mengandung berbagai komponen penting, yaitu antara lain vitamin C, beta karoten dan likopen. Ketiga komponen tersebut utamanya berperan sebagi antioksidan. Cara menfaatkan tomat pun tak kalah mudah dibandingkan pemanfaatan bahan-bahan sebelumnya. Pertama kali cuci nersih 3 buah tomat dan belah setiap buah menjadi 2 bagian. Keruklah isi tomat dan letakkan pada sebuah mangkuk. Lalu, balurkan pada selangkangan hingga mengering sendirinya. Selepas itu, bilas daerah selangkangan hingga bersih dan keringkan.

9. Pisang

Buah yang satu ini juga bisa digunakan sebagai pemutih selangkangan secara alami. Manfaat pisang tak terlepas dengan kandungan nutrisinya, yang meliputi kalium, fosfor, kalsium, vitamin C, B, A, dan berbagai zat lainnya. Sebagimana ketiga vitamin tersebut dapat berkhasiat untuk mencerahkan kulit, maka pisang juga direkomendasikan untuk menghilangkan kulit selangkangan yang lebih gelap. Cara memanfaatkan buah ini adalah lebih dahulu menghaluskan sebuah pisang dengan blender dengan sedikit air. Anda bisa menambahkan minyak zaitun ke dalam campuran tersebut. Oleskan masker dari campuran bahan-bahan tersebut dan diamkan hingga air meresap, dan jika sudah agak kering gosoklah dengan tisu atau kapas bersih. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih.

10. Teh hijau

Teh hijau (Camellia sinensis) mengandung polifenol yang berperan sebagai antioksidan yang baik untuk kesehatan. Bahan pemutih kulit berbahan kandungan kimia sintetis umumnya bekerja sebagai penghambat tirosinase dan telah banyak digunakan dalam bahan kosmetik sebagai pencegah hiperpigmentasi alias kulit berwarna lebih gelap. Padahal, teh hijau merupakan bahan alam yang bisa dimanfaatkan untuk menghambat enzim tirosinase. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki salah satu derivat polifenol yang mempunyai daya hambat terhadap tirosinase sehingga memperlambat proses terjadinya pigmentasi kulit atau warna kulit yang semakin menggelap.

Membuat masker teh hijau sama mudahnya dengan menyeduh teh untuk diminum. Anda dapat melakukannya setelah meminm teh hijau sebagaimana Anda buka lebih dahulu kantong bubuk teh yang baru saja digunakan. Letakkan bubuk teh dari kantongan tersebut ke mangkuk kecil, lalu tambahkan madu ke dalamnya. Kemudian, aduk hingga campuran kedua bahan menyatu layaknya sebuah pasta. Balurkan pasta tersebut pada daerah lipatan paha alias selangkangan dan tunggu selama lebih kurang 10 menit. Terakhir, bilaslah bagian tubuh tersebut dengan air mengalir hingga bersih.

Sekian dulu bahasan artikel cara menghilangkan hitam di selangkangan ini. Perlu diingat bahwa setelah dapat menghilangkan kulit yang hitam di selangkangan, jangan mengumbar-umbarkannya dengan membiarkan banyak orang melihatnya. Cukuplah kulit yang cerah itu dinikmati oleh Anda dan pasangan. Lagipula daerah lipatan tubuh, seperti ketiak dan selangkangan merupakan aurat, khususnya untuk wanita, sehingga baiknya Anda senantiasa memakai pakaian tertutup yang tidak mempertontonkan bagian tubuh tersebut. Semoga tulisan ini beemanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.