Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

10 Cara Mengobati Batuk Pada Anak Dengan Cepat Tanpa Obat Dan 100% Alami

Batuk maupun pilek sebenarnya merupakan mekanisme tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang mengganggu, seperti bakteri, virus, atau kotoran. Dalam dunia medis, batuk bukanlah diagnosis penyakit, melainkan sebuah gejala yang bertujuan untuk melindungi tubuh. Usia kanak-kanak adalah masa seseorang rentang mengalami batuk. Faktor utama yang memengharuhi seorang anak mengalami batuk adalah sistem imunitas tubuh yang belum sempurna. Imunitas berperan sebagai pertahanan tubuh untuk melawan berbagai mikrorganisme atau benda asing lainnya yang masuk.

Batuk pada anak dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Penyebab batuk akut yang tersering adalah ISPA atau infeksi virus. Kadang-kadang perlu dicurigai penyebab lain seperti tersedak atau masuknya benda asing ke saluran napas. Sementara, penyebab batuk kronis atau yang terjadi dalam jangka waktu lama adalah alergi. Alergi yang menyebabkan gejala batuk adalah rhinitis alergi dan asma.

Cara Mengobati Batuk Pada Anak Dengan Bahan Alami

Sebagaimana batuk merupakan sebuah mekanisme pertahanan tubuh, jangan khawatir terlalu berlebihan jika anak Anda baru-baru ini mengalami batuk. Apalagi jika Anda tidak memiliki risiko alergi, baik riwayat alergi sebelumnya maupun riwayat pada keluarga. Bahkan, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia pernah mempublikasikan artikel mengenai cara mengobati batuk pada anak dengan cara alami. Nah, jika anak Anda baru saja mengalami batuk, hilangkan ketakutan Anda yang berlebihan dan silahkan mencoba gunakan bahan-bahan berikut ini :

1. Air hangat

Anak Anda sebaiknya memperbanyak minum air hangat, terutama ketika batuk berdahak. Air hangat dapat membantu pengeluaran dahak dari tenggorokan supaya lancar. Sekedar informasi tambahan, alasan utama seorang anak tidak boleh mengonsumsi jajanan es atau minuman dingin sembarangan bukan karena dinginnya, tetapi karena dalam bentuk es atau kondisi dingin, ada mikroba yang seakan tidur alias non-aktif. Tetapi, ketika es tersebut cair, mikroba tersebut kembali aktif sehingga merangsang tubuh untuk batuk.

2. Teh jahe

Jika hanya menggunakan jahe sebagai jamu misalnya, anak-anak seringkali menolak. Sebagian besar mengganggap bahwa rasa jahe pedas dan tidak enak. Maka, supaya mengatasinya Anda sebaiknya mencampurkan irisan jahe secukupnya ke dalam segelas teh manis. Keampuhan teh jahe sebagai obat batuk alami sudah dipercayai oleh banyak orang di Asia. Konsumsilah teh jahe sebanyak 2 kali per hari, khususnya jila anak Anda mengalami batuk berdahak. Anda sebaiknya menyediakan teh jahe yang hangat untuk sang anak supaya proses penyembuhan terjadi lebih cepat.

3. Kunyit

Kunyit sudah amat terkenal sebagai tanaman herbal dengan beragam khasiat bagi manusia, baik dewasa maupun anak-anak. Kunyit memiliki zat aktif yang mampu mengurangi inflamasi dan memperkuat daya tahan tubuh. Itulah mengapa tanaman ini seringkali dijadikan bahan utama obat tradisional untuk sembuhkan batuk pada anak. Sama seperti jahe, para anak cenderung tidak suka mengonsumsi kunyit begitu saja karena rasanya tidak enak. Solusinya adalah Anda campurkan 1 sdm madu dengan 1/2 sdt kunyit yang telah ditumbuk hingga halus. Kemudian, suapkan campuran tersebut pada Anak sebelum makan. Pastikan bahwa sebelum ditumbuk, kunyit lebih dahulu dicuci hingga bersih.

Selain cara tersebut Anda juga dapat membuatnya dengan cara membuatlah potongan tipis seperti keripik, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga air rebusan tersisa setengahnya. Setelah itu tunggu air rebusan hingga hangat dan bisa diminum oleh anak. Anda boleh menambahkan 1 sdm gula supaya sang anak mau menghabiskannya. Jika anak masih bayi dan menyusui, maka hal ini juga dapat dilakukan dengan mengolesi puting payudara dengan kunyit yang sudah di tumbuk.

4. Jeruk nipis

Taukah Anda bahwa jeruk nipis mengandung vitamin C dan juga antioksidan ? Ya, kandungan jeruk nipis itulah yang sangat berkhasiat sebagai pertahanan tubuh melawan infeksi bakteri maupun virus. Maka, jangan heran jeruk nipis dianjurkan untuk Anda jadikan solusi bagi batuk sang anak. Selain itu, jeruk nipis juga mudah didapatkan dan sangat ekonomis.

Campurkan perasan air jeruk nipis sebanyak 2 sdm dan 3 sdm madu, lalu larutkan kedua bahan tersebut ke dalam 75 cc air hangat atau setara dengan 5 sdm air putih. Suapkan ke anak 1 sdt larutan tersebut sebelum makan sebanyak dua kali sehari.

5. Asam jawa

Penggunaan asam jawa tidak melulu dalam sayur asam, tetapi bisa jiga digunakan sebagai obat batuk pada anak secara alami. Anda hanya cukup menyiapkan 5 ruas asam jawa dan rebus dengan 3 gelas air bersih. Tunggu hingga air mendidih dan tersisa 2 gelas saja, lalu tambahkan sedikit gula merah atau gula pasir atau juga madu, agar rasanya tidak terlalu asam. Jika air rebusan tersebut hangat, barulah Anda berikan pada si kecil.

6. Belimbing wuluh

Pernahkan Anda mengetahui bahwa belimbing wuluh tak hanya bisa dimanfaatkan dalam manisan ? Nah, artikel kali ini menginformasikan pada Anda jika belum mengetahui manfaat buah satu ini sebagai obat. Ya, belimbing wuluh dapat juga Anda gunakan sebagai obat batuk alamu untuk si kecil. Yang perlu Anda lakukan hanyalah parut beberapa buah belimbing wuluh dan tambahkan ke dalam air gula, lalu saring dan minumkan pada anak.

7. Lada putih

Rempah satu ini tidaklah sekedar bumbu dapur biasa, melainkan bisa juga dijadikan bahan alami obat tradisional. Termasuk obat batuk berdahak secara alami. Lada putih memiliki sensasi panas yang dapat merangsang dahak menjadi cair dan mengurangi sensasi batuk karena lendir.

Cara memanfaatkannya pun tak kalah mudah dengam berbagai bahan sebelumnya. Anda cukup nampurkan lada putih pada segelas teh madu, kemudian meminta anak Anda meminumnya sebanyak dua kali sehari.

8. Daun kemangi

Banyak sekali orang Indonesia menjadikan daun kemangi sebagai lalapan bersama makanan yang dimasak dengan menggunakan arang, misalnya ayam atau ikan bakar. Salah satu alasannya karena wanginya harum dan rasanya cukup enak. Setelah membaca artilel ini, Anda bisa juga memanfaatkan daun kemangi untuk hilangkan batuk si kecil.

Caranya pun masih mudah, yaitu Anda hanya perlu menyediakan daun kemangi secukupnya dan merebusnya bersama 2 gelas air putih hingga air rebusan tersisa setengahnya. Sediakan ketika hangat dan tambahkan gula atau madu secukupnya supaya si kecil semakin selera untuk menghabiskan air rebusan daun kemangi.

9. Daun pecut muda

Sebagian dari Anda mungkin belum familiar dengan nama tumbuhan satu ini. Daun ini biasa tumbuh di pekarangan rumah, karena tanaman ini termasuk dalam tanaman herbal yang liar.

Cara memanfaatkan daun pecut muda sebagai obat batuk untuk si kecil adalah merebus beberapa helai daun pecut muda dengan 3 gelas air hingga air tersisa setengahnya. Setelah air rebusan hangat, baru minumkan kepada anak. Anda sebaiknya menambahkan gula atau madu secukupnya.

10. Bunga mawar

Apakah Anda pernah berpikir akan memanfaatkan bunga mawar menjadi obat ? Ya, jarang sekali orang yang memanfatkannya sebagai obat karena orang mengira manfaat bunga mawar hanyalah perihal keindahan dan wanginya yang harum. Padahal bunga yang satu ini dapat berkhasiat untuk atasi batuk sang anak. Resepnya adalah sediakan bunga mawar segar kira-kira sepuluh gram, kemudian rebus dengan air secukupnya dan tambahkan gula batu sesuai selera. Minumlah sebanyak dua kali sehari.

Sekian dulu bahasan kali ini mengenai cara mengobati batuk pada anak tanpa obat-obatan. Selain menjadikan bahan-bahan tersebut sebagai terapi yang alami, usahakan juga membujuk anak untuk senantiasa makan. Penting sekali meningkatkan asupan dan juga harus dengan makanan bergizi. Anda sebaiknya meminta anak jangan banyak beraktivitas dan main, serta perbanyak istirahat. Jika dalam 5 hari, batuk anak makin parah atau tidak kunjung sembuh, Anda sebaiknya membawa si kecil beeobat ke dokter untuk mencari tau apa penyebabnya dan mendapatkan terapi yang tepat untuk anak Anda. Baiklah, semoga artiken ini bermanfaat.

Pencarian:

  • menghilangkan batuk secara alami
  • cara cepat menghilangkan batuk berdahak
  • mengobati balita batuk
  • obat batuk membandel pada anak

Leave A Reply

Your email address will not be published.