Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

11 Cara Mengurangi Lemak Di Perut Dan Pinggang Dengan Cepat


Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang ideal. Kelebian lemak pada badan akan menghambat rasa percaya diri seseorang, salah satunya pada bagian perut. Kondisi perut buncit dapat menjadi masalah yang sangat mengganggu dan memalukan bagi banyak orang. Pada area perut adalah tempa paling banyak tertimbun lemak karena otot-otot pada bagian tersebut sangat jarang digunakan dan dilatih sehingga pembakaran lemak dan kalori yang terjadi di area tersebut sangat minim.

Pada umumnya orang yang memiliki perut buncit akan lebih susah untuk beraktifitas, lebih mudah lelah, dan memiliki potensi resiko lebih besar untuk terkena penyakit. Dimana terjadinya penumpukan lemak di perut berpotensi besar menyebabkan kolesterol tinggi, diabetes, jantung, dan penyakit kronis lainnya. Oleh sebab itu mari kita menjaga kesehatan kita, salah satunya dengan cara mengurangi lemak di perut.

Cara Mengurangi Lemak Di Perut Yang Aman Dan Alami

Berikut ini akan dibahas secara lengkap dan mendalam tentang cara mengurangi lemak di perut memanfaatkan bahan alami yang mudah didapat serta harga yang terjangkau. Berikut ini caranya :

1. Rutin Senam Aerobik

Sebaiknya Anda sebelum mandi pagi, luangkan waktu sejenak untuk mengolahragakan tubuh Anda, salah satunya dengan senam aerobik. Senam Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga yang paling direkomendasikan oleh praktisi kesehatan, dikarenakan dipercaya dapat membakar kalori secara bertahap dan konsisten khusunya di area perut. Senam aerobik mengandung unsur-unsur penting dari aktivitas fisik yang baik, yaitu berkesinambungan dengan ritme yang intensitas teratur berupa gerakan pemanasan, klimas, dan pendinginan. Hal tersebut berdampak asupan oksigen yang cukup sehingga dapat membakar kalori secara efektif.

2. Rutin Bersepeda atau Joging

Aktifitas bersepeda merupakan kegiatan yang termasuk salah satu olahraga aerobik yang dapat membakar kalori secara bertahap serta mengecilkan perut buncit dengan efektif. Menurut penelitian dengan bersepeda 30 menit setiap harinya setara dengan pembakaran kalori sebesar 300 kalori. Manfaat lain dari kegiatan bersepeda yaitu dapat melatih otot paha dan tungkai Anda agar lebih kuat. Untuk joging atau lari santai merupakan salah satu cara mengurangi lemak di perut. Setiap harinya Anda disebaiknya melakukan aktifitas olahraga ini minimal 30 menit untuk membakar 500 -900 kalori dari tubuh Anda.

3. Rutin Sit up dan Push up

Hal yang mudah dilakukan sebagai cara mengurangi lemak di perut adalah sit-up dan push-up. Untuk hasil yang maksimal dan cepat, sebaiknya Anda harus melakukannya secara rutin setiap pagi hari atau sore hari. Lakukan minimal 10 kali sit-up dan 10 kali push-up serta tambahkan intensitas latihan setiap harinya. Hal ini dipercaya akan dapat membantu Anda mengurangi lemak di perut dalam waktu yang singkat. Aktifitias sit-up dan push-up di pagi hari ini diklaim dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan karena dapat menyebabkan efek mudah kenyang.

4. Mengkonsumsi Teh Hijau

Khasiat teh hijau dipercaya sebagai salah satu cara mengurangi lemak di perut yang efektif. Sebaiknya Anda mengkonsumsi teh hijau tanpa gula dengan teratur sebelum Anda makan agar mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Hal ini akan membuat perut Anda terasa lebih kenyang saat makan sehingga mengurangi porsi makan Anda. Sudah sejak lama, teh hijau dipercaya dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu manfaat diatas, teh hijau mengandung anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh.

5. Mengkonsumsi Madu dan Jahe

Madu sangat dikenal memiliki banyak khasiat baik sebagai pencegahan maupun pengobatan beberapa penyakit. Selain hal tersebut, madu pun dipercaya dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan lemak di perut. Dimana madu mengandung zat yang dapat membakar lemak tubuh secara tak langsung yaitu fruktosa. Untuk jahe, secara alami mampu mengurangi nafsu makan, sehingga Anda dapat mengurangi asupan makan dengan mudah karena merasa tidak terlalu lapar. Cara membuat minuman madu dan jahe sangat mudah. Anda caampurkan 3 sendok makan madu dan 2 sendok makan perasan jahe ke dalam satu gelas dan diseduh air panas. Selanajutnya Anda minum campuran diatas minimal 2 kali sehari.

6. Rutin Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Pada dasarnya sayur – sayuran dan buah – buahan merupakan makanan rendah lemak dengan sedikit kandungan kalori dan tinggi serat. Kondisi kandungan serat yang tinggi ini dipercaya akan dapat membantu mengikat air sehingga pencernaan dapat berlangsung lebih baik agar dapat melarutkan lemak atau mengurangi lemak di perut. Pada sebuah penelitian medis mengatakan bahwa dengan mengonsumsi 14 gram serat setiap harinya akan dapat menurunkan asupan kalori sebesar 10 persen serta mengurangi 4 persen lemak di perut.

7. Hindari Stress

Pada Kondisi stress atau tertekan maka tubuh manusia akan memproduksi hormon kortisol. Hormon tersebut dengan mudahnya membuat Anda ingin makan secara berlebihan. Selain itu beberapa orang ketika dalam kondisi stress maka solusi sederhananya adalah makan. Oleh sebab itu hindari diri agar tidak terkena stress dan apabila Anda sudah mengalami stress sebaiknya Anda tenangkan diri dengan cara meditasi (yoga) atau berdoa.

8. Gunakan Minyak Zaitun

minyak zaitun dapat merangsang hormon yang berfungsi memberikan sinyal ke otak perut sudah kenyang. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi 1 sendok makan dengan disertai makanan utama seperti salad atau lainnya. Lakukan hal tersebut 15 menit sebelum makan berat.

9. Rutin Minum Air Putih

Pada dasarnya air dapat membantu meregulasi kecepatan metabolisme manusia seperti dalam proses pembakaran lemak. Apabila Anda memperbanyak mengkonsumsi air putih maka secara tidak langsung akan menghilangkan atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Oleh sebab itu, dengan rutin minum air putih setiap hari minimal 8 gelas akan membantu Anda dalam mengurangi lemak di perut.

10. Hindari Makan Berat Menjelang Tidur

Salah satu penyebab utam dalam proses penumpukan lemak di perut adalah makan malam sebelum tidur. Pada malam hari kegiatan manusia minim sehingga tidak ada yang diubah menjadi energi, akhirnya tertimbun sebagai lemak di perut. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hindari makan berat menjelang tidur malam dikarenakan diperlukan waktu 2 jam bagi makanan untuk diproses.

11. Kurangi Makanan yang Mengandung Kadar Gula Tinggi

Pada umumnya terdapat dua macam gula pada makanan, yaitu glukosa dan fruktosa. Dimana fruktosa hanya dapat dimetabolisme di hati dalam intensitas tertentu. Apabila Anda mengonsumsi makan atau minuman dengan kadar gula yang tinggi maka hati Anda tidak akan sanggup untuk memetabolisme seluruh fruktosa sehingga hal tersebut berubah menjadi lemak yang menumpuk di perut.

Nah, itulah beberapa cara mengurangi lemak di perut yang praktis dan terbukti ampuh. Cara – cara tersebut harus dilakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.