Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

12 Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih Dengan Mudah Dan Alami


Pada umumnya setiap orang memerlukan aktfikatas makan untuk metabolisme tubuhnya. Namun hal ini tidak berlaku apabila Anda melakukan hal tersebut secara berkelanjuntan, artinya dalam waktu 1 hari Anda beraktifitas makan berat lebih dari 4 kali. Hal tersebut akan membawa kabar buruk bagi Anda kedepannya. Terbentuknya sembelit di bagian tubuh, susah bergerak, kelebihan berat badan dan berujung pada beragam penyakit yang akan menyerang Anda.

Cara Mengurangi Nafsu Makan Dengan Mudah

Bagi Anda yang sekarang sedang menjalankan program diet tetapi menyiksa diri, berhentilah dari sekarang. Hal tersebut tidak membuat Anda menjadi sehat tetapi malah membuat Anda menjadi stress. Belajalah mengurangi nafsu makan yang sederhanan tetapi menyehatkan. Berikut ini cara mengurangi nafsu makan yang menyehatkan.

1. Rutin Minum Kopi

Pada dasarnya dengan mengkonsumsi kopi terbukti bermanfaat untuk membantu menekan nafsu makan berlebihan. Hal ini dikarena menurut penelitian kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi nafsu makan seseorang secara signifikan. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet disarankan agar mengkonsumsi kopi bebas gula, karena gula banyak mengandung kalori tinggi yang justru dapat menambah berat badan Anda.

2. Rutin Minum Air Putih

Air putih selain menyegarkan badan, juga sangat bermanfaat untuk menekan nafsu makan berlebih. Dengan mengkonsumsi banyak air putih dipercaya dapat menstimulasi otak bahwa perut telah kenyang sehingga rasa ingin makan yang Anda rasakan akan berkurang perlahan – lahan. Anda sebaiknya mengkonsumsi banyak air putih sebelum makan dan ketika makan agar perut cepat kenyang sehingga nafsu makan dapat terkendali. Selain manfaat diatas, dengan banyak mengkonsumsi air putih juga sangat baik sekali untuk kesehatan seperti dapat memperlancar metabolisme tubuh, dapat mencegah dehidrasi serta dapat memperlancar proses pencernaan pada tubuh Anda. Bagi Anda yang berniat mengurangi nafsu makan, sebaiknya Anda dapat mengkonsumsi 4 gelas air putih beberapa menit sebelum waktunya makan. Bawalah air putih ataupun air mineral kemanapun Anda bepergian sehingga disaat rasa lapar muncul sebaiknya Anda dapat meredakannya dengan hanya mengkonsumsi air putih saja.

3. Rutin Minum Teh

Seperti halnya kopi dan air putih, teh juga merupakan minuman sangat digemari oleh banyak orang dan teh juga mengandung kafein akan tetapi dengan kandungan yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi, Oleh sebab itu teh juga dipercaya sangat manjur sekali untuk mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Apabila Anda tidak menyukai minuman kopi maka Anda dapat mencoba minuman teh sebagai alternatif mengurangi nafsu makan akan tetapi Anda sebaiknya mengkonsumsi minuman teh bebas gula agar tidak menyebabkan obesitas dan beragam penyakit yang ditimbulkannya.

4. Rutin Berolahraga

Anda sebaiknya sering melakukan aktivitas fisik ringan seperti jogging atau lari santai, berolahrga dengan treadmill, senam ataupun stretching . Kegiatan diatas bertujuan untuk mengurangi nafsu makan Anda. Pada sebuah penilitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts, Amerika menyatakan bahwa dengan melakukan olahraga-olahraga ringan mampu menghambat hormon ghrelin yang umumnya dikeluarkan saat perut Anda kosong dan mengundang rasa lapar. Oleh sebab itu Anda yang ingin mengurangi nafsu makan Anda sebaiknya rutin berolahraga yang ringan saja karena dengan olahraga yang bisa menekan nafsu makan dan mempengaruhi hormon yang menciptakan nafsu makan itu sendiri.

5. Hindari Stress

Cara mengurangi nafsu makan berlebihan dengan menghindari stres terutama stres psikis. Kondisi stres psikis ini dapat terjadi pada siapa saja serta dapat disebabkan oleh apa saja termasuk masalah keluarga, masalah pekerjaan ataupun masalah dengan orang-orang disekitar Anda. Mayoritas orang yang sedang stres secara alami akan memicu untuk makan terutama mengkonsumsi makanan-makanan manis. Apabila telah mengkonsumsi makanan manis sebagian orang tersebut akan merasa lebih tenang, akan tetapi Anda telah ketahui bahwa makanan manis dapat meningkatkan berat badan.

6. Rutin Makan Buah

Mayoritas orang setelah makan berat biasanya makan buah, hal ini sering kita kenal sebagai pencuci mulut. Kebiasaan seperti ini yang patut Anda contoh, karena dengan mengkonsumsi buah setelah makan berat akan mengurangi rasa lapar atau nafsu makan berkelanjutan. Hal ini dimaksudkan agar perut merasa kenyang setelah makan berat dengan mengkonsumsi buah yang tidak memiliki kalori tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena buah tidak akan menggemukan badan melainkan menyehatkan tubuh kita.

7. Atur Jadwal Makan

Dengan cara mengatur jadwal makan Anda, maka Anda dapat mengurangi frekuensi makan berat Anda. Mayoritas orang yang melewatkan jadwal makannya, selanjutnya menjadikan hal tersebut sebagai alasan utama untuk mengkonsumsi makanan dalam porsi yang lebih besar. Hal ini dikarenakan kebiasaan mengkonsumsi makanan dalam porsi yang besar akan berdampak buruk bagi orang – orang yang memiliki nafsu makan yang tinggi.

8. Mengkonsumsi Camilan Sehat

Cara mengurangi nafsu makan selanjutnya adalah Anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi cemilan. Akant tetapi cemilan ini mengandung jenis buah-buahan segar dan juga sayuran atau dalam bentuk salad buah dan sayuran. Apabila Anda sudah terbiasa menggunakan makanan sehat tersebut sebagai cemilan maka Anda tidak perlu khawatir dengan masalah berat badan.

9. Menyebukan Diri

Keinginan untuk makan untuk berawal karena kondisi lapar dan dalam istirahat atau tak beraktifitas. Apabila Anda sibuk dengan pekerjaan Anda maka Anda akan tidak pernah memiliki waktu untuk makan berat. Cara ini sangat praktis dan ekonomis untuk mengurangi nafsu makan sehingga program diet Anda berjalan dengan lancar.

10. Mengkonsumsi Permen Karet

Permen karet, siapa yang tidak tahu permen satu ini. Dimana mengkonsumsi permen karet hanya sekedar mengunyah saja tanpa harus menelan. Hal ini menstibulus atau memberikan sinyal ke otak Anda bahwa ketika Anda mengkonsumsi permen karet berarti Anda sedang mengkonsumsi banyak makanan. Oleh sebab itu cara ini sangat praktis sebagai cara mengurangi nafsu makan.

11. Tidur yang Cukup

Ternyata tidur yang cukup dapat mengurangi nafsu makan. Hal ini dikarenakan dengan tidur manusia tidak akan mengingat rasa lapar lagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan hingga 24%, serta menurunkan kadar hormon kenyang hingga 26%. Kesimpulannya dengan mendapatkan tidur yang cukup, setidaknya tujuh jam per malam cenderung dapat mengurangi tingkat kelaparan anda sepanjang hari.

12. Meyakinkan Diri Sendiri

Cara mengurangi nafsu makan terakhir adalah memberi sugesti positif atau menyakinkan diri sendiri. Anda dapat mencobanya dengan cara mengingat tujuan Anda menjalankan program diet misalnya untuk detoksikasi tubuh, agar tubuh sehat atau untuk mendapat bentuk tubuh yang Anda idam-idamkan. Apabila hal tersebut sudah menempel erat di pikiran dan hati Anda maka saya yakin Anda akan mudah menjalankan program diet mengurangi nafsu makan Anda.

Cara mengurangi nafsu makan diatas merupakan cara yang simple dan praktis yang siapapun dapat menjalankannya. Hal yang terpenting dalam mengurangi nafsu makan adalah diri Anda sendiri. Ketika Anda sudah niat dari awal melakukan program diet dengan mengurangi makan berlebih, Anda harus belajar merubah kebiasaan yang berkaitan dengan nafsu makan. Silahkan mencoba dan semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.