Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

11 Cara Menguruskan Badan Dengan Cepat Yang Terbukti Mujarab


Berapa berat badanmu?. Inilah pertanyaan yang sangat sensitif untuk semua orang apalagi bagi kaum wanita. Tidak sedikit orang yang cenderung merasa rendah diri ketika kekurangan berat badan, begitu pula yang kelebihan atau obesitas. Kelebihan berat badan inilah yang menjadi momok para wanita muda khusunya untuk berusaha sekeras hati dan pikiran untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

Cara Menguruskan Badan Dengan Cepat dan Mudah

Bagi kamu yang sudah gundah ingin segera melangsingkan badan, berikut ini cara menguruskan badan dengan cepat, antara lain:

1. Atur Waktu Makan

Lakukan makan secara teratur dan tidak melewatkan waktu makan, hal ini sangat penting dalam menurunkan berat badan. Karena dengan makan tidak teratur akan membuat kamu makin lapar dan cenderung makan berlebihan. Beberapa makanan yang disarankan sebagai cara menurunkan berat badan antara lain:

  • Konsumsi buah dan sayur sebanyak 5 porsi atau idealnya 7- 9 porsi sehari
  • Utamakan karbohidrat, seperti roti, nasi, sereal, kentang, dan pasta sebagai sepertiga dari porsi makan
  • Hindari makanan yang tinggi lemak, kalori, gula, dan tinggi garam dengan menganti dengan makanan berprotein dan berserat tinggi

2. Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan cara yang efektif menurunkan berat badan. Karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwa olahraga dapat membantu mengurangi lemak berlebih dalam tubuh. Berkurangnya lemak inilah yang dapat membuat berat badan Anda menjadi lebih ideal. Menurut penelitian, orang dewasa berusia 19 – 64 tahun direkomendasikan untuk rutin melakukan gerakan aerobik seperti berjalan, bersepeda, berlari setidaknya 150 menit per minggu. Frekuensi ini dapat Anda tingkatkan agar menurunkan berat badan lebih cepat.

3. Kurangi Makanan Manis

Pada makanan manis memberikan energi yang lebih besar dari pada kalori ataupun protein. Akan tetapi dengan meningkatkan glukosa dalam tubuh setelah makan makanan manis sangat tidak baik bagi kesehatan yaitu meningkatnya berat badan.. Sebaiknya Anda mulai bersaha mengurangi mengkonsumis makanan yang manis-manis, sebagai contohnya teh manis, kue brownies, donut, minuman bersoda, dan sejenisnya.

4. Konsumsi Makanan yang mengandung lada atau merica

Menurut penelitian menyatakan bahwa lada atau merica dapat membantu membakar lemak berlebihan yang ada di dalam usus besar saat kita tidur. Manfaat terjadinya pembakaran ini juga berlaku untuk cabe, karena mereka sama – sama menimbulkan sensasi pedas dan panas. Oleh sebab itu, untuk Anda yang ingin menguruskan badan tidak ada salahnya mencampur lada dan bubuk cabe ke setiap makanan yang akan dikonsumsi.

5. Hindari Makan Malam

Makan malam tidak membuat Anda sehat melainkan hanya akan membuat tubuh Anda semakin membengkak. Apabila malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas fisik, sehingga jika Anda mengonsumsi makanan berkalori maka akan diubah menjadi lemak, bukannya energi. Oleh sebab itu, menurunkan berat badan akan sangat berhasil apabila Anda menghindari makan malam. Apabila tak bisa karena suatu hal, Anda dapat memajukan waktu makan malam dari biasanya. Sebaiknya Anda jangan makan melewati pukul 18.00 sore.

6. Tidur Cukup

Pada dasarnya tubuh Anda dapat memproduksi hormon yang dapat memacu Anda untuk lebih nafsu makan (hormon ghrelin) ketika kurang tidur. Hal ini dapat meningkatkan berat badan dan dapat memicu terganggunya sistem metabolisme tubuh dalam memecah zat-zat makanan menjadi energi. Akhirnya zat-zat tersebut menumpuk dalam jumlah besar dan diubah menjadi lemak.

7. Tidak Perlu Membenci Makanan

Dalam program diet, Anda tidak perlu membenci makanan yang sebenarnya Anda sukai. Apabila Anda menjauhi makanan tersebut maka Anda malah akan lebih berkeinginan untuk memakannya. Jadi kunci program diet yang berhasil adalah bukan menjauhi melainkan Anda harus mengetahui kadar normal mengonsumsinya agar tubuh tidak mengalami obesitas. Sebagai contoh Anda suka makan cemilan kue kering maka sebaiknya Anda membelinya dalam jumlah satuan, bukannya setoples. Hal sederhana semacam ini yang dapat membuat Anda tidak mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.

8. Mengkonsumsi Makanan yang Tepat & Sehat

Jenis makanan penurun berat badan terbaik adalah makanan berprotein dan berserat tinggi. Protein dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein bisa membantu membakar lemak dalam tubuh. Anda sebaiknya mengkonsumsi makanan sumber protein seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, keju, kedelai, dan kacang-kacangan. Selain protein, makanan berserat juga bisa membuat tubuh kamu kenyang lebih lama, namun lebih rendah kalori. Makanan berserat tinggi yang dapat Anda konsumsi antara lain buah, sayur, biji-bijian, popcorn tanpa mentega, dan kacang. Anda pastikan tambahkan asupan cabai ketika makan agar memuaskan selera.

9. Makan dalam Porsi Kecil

Pada dasarnya Anda dapat menggunakan piring atau mangkuk berukuran lebih kecil dari biasanya ketika makan. Kondisi sepele semacam ini terbukti mampu membiasakan diri untuk makan dalam porsi kecil, yang artinya jumlah kalori yang masuk dalam tubuh jadi berkurang. Namun makan dalam porsi sedikit, kamu sebenarnya masih bisa kenyang asalkan makan lebih lambat. Dengan makan secara perlahan-lahan dapat merangsang otak bahwa kita sudah kenyan serta makan dalam porsi kecil (4-5) kali sehari akan lebih baik untuk menurunkan berat badan, dari pada Anda makan dalam porsi besar meski hanya 3 kali sehari.

10. Rutin Sarapan

Mayoritas orang yang mempercayai cara cepat melangsingkan badan dengan mengurangi jatah makan harian seperti absen sarapan. Hal tersebut malah akan membuatmu kelaparan dan banyak mengkonsumsi camilan tidak sehat secara berlebihan di sepanjang hari, terutama ketika tubuh Anda mulai merasa gemetar akibat lapar. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya selalu sarapan di pagi hari. Sebagi contoh dengan mengonsumsi telur rebus dan satu buah pisang, atau susu rendah lemak dan selembar roti, serta mulailah membiasakan diri mengkonsumsi jus buah yang mengandung beragam nutrisi seperti serat dan vitamin.

11. Rutin Minum Air Putih

Pada penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa dengan minum air sebelum makan sangat ampuh dalam menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan mengonsumsi air sebelum makan ternyata bisa memberikan efek kenyang sehingga membuat Anda enggan untuk melahap makanan dalam porsi besar, atau bahkan Anda tidak menyentuh makanan itu sama sekali.

Tidak menutup kemungkinan saat lapar Anda akan secara langsung mengambil sendok dan bergegas makan nasi berserta lauk-pauknya, atau bahkan mencari makanan yang tinggi kalori. Mungkin saja yang Anda rasakan itu haus bukannya lapar. Jadi, apabila kondisi lapar menyerang, sebaiknya Anda atasi terlebih duhulu dengan minum air putih.

Nah, itulah cara menguruskan badan dengan cepat secara sederhana dan praktis non medis. Cara ini sangat cocok untuk semua usia. Jika ingin hasil lebih maksimal, praktekkan dengan rutin dan sabar. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.