Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

10 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Yang Lemah Agar Tidak Mudah Sakit


Kekebalan tubuh merupakan sebuah sistem yang kompleks dapat tidak dapat bekerja sendirian.Sistem tersebut terdiri dari jaringan sel dan organ di seluruh tubuh yang bekerja sama dalam menjaga tubuh dari serangan penyakit. Kekebalan tubuh bekerja dengan menangkal adanya serangan penyakit yang berasal dari virus, bakteri, jamur hingga parasit yang hendak menyerang tubuh. Sehingga sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh agar tubuh tak gampang tumbang karena serangan penyakit.

Sebetulnya, faktor gaya hidup serta pola makan lah yang memiliki pengaruh utama terhadap tingkat kekebalan tubuh seseorang. Menjaga kekebalan tubuh sebetulnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan, hanya saja memang perlu perhatian secara khusus. Sebab ada banyak faktor yang membuat kekebalan tubuh bekerja dengan baik.

Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh Yang Ampuh

Ingin tahu bagaimana cara meningkatkan kekebalan tubuh? Simak ulasannya berikut ini.

1. Istirahat yang Cukup

Pernahkah Anda melihat seseorang atau mungkin diri Anda sendiri merasa kacau ketika kurang tidur atau istirahat? Jika seseorang kurang istirahat memang dapat mempengaruhi kondisi tubuhnya menjadi lebih buruk. Hal ini karena ketika tubuh tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup, tubuh akan memproduksi hormon kortisol lebih banyak. Dan produksi hormon kortisol yang tinggi secara terus menerus dapat menyebabkan kekebalan tubuh menurun. Sehingga tubuh akan sangat mudah sekali terserang bermacam penyakit.
Setidaknya berikanlah waktu istirahat pada tubuh selama 7 sampai 8 jam sehari. Supaya tubuh dapat meregenerasisel dan mendapatkan energinya kembali untuk beraktivitas esok hari.

2. Jauhi Alkohol

Ingin tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan penyakit maka jauhilah alkohol.Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat membuat tubuh kehilangan kekebalan tubuh. Mulai dari keseimbangan dan koordinasi tubuhyang menurun, meningkatnya tekanan darah, anemia, hingga menyebabkan serangan jantung. Ini karena di dalam alkohol terkandung senyawa yang sangat berbahaya yakni ethanol yang dapat menimbulkan berbagai efek negatif pada tubuh. Untuk itu cara meningkatkan kekebalan tubuh paling cepat dan mudah ialah hindari alkohol. Selain tak ada manfaat positif mengkonsumsi alkohol juga dilarang oleh pemerintah.

3. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur merupakan makanan yang akan memberi tubuh Anda nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa meningkatkannya asupan buah dan sayur dapat meningkatkan respons antibodi di dalam tubuh. Sehingga kekebalan tubuh bisa menjadi lebih kuat.
Pilih sayur dan buah yang kaya kandungan vitamin A,vitamin C, zat besi, zinc dan juga selenium.Nutrisi tersebut akan membuat kekebalan tubuh semakin meningkat. Dan Anda jadi tak mudah terserang penyakit.

4. Lakukan Olah Raga Teratur

Tak hanya dengan menjaga asupan nutrisi saja demi dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tetapi Anda pun juga perlu melakukan olah raga secara teratur. Olah gerak tubuh sangat penting demi menjaga sistem kekebalan tubuh tetap prima. Tubuh yang malas bergerak justru lebih mudah terserang penyakit, seperti obesitas hingga serangan jantung.

Perlu kita sadari bahwa gerak tubuh penting demi membantu proses metabolisme menjadi lebih maksimal. Terutama kinerja jantung dan pembuluh darah, sebab dengan berolah raga jantung akan terpacu secara ritmis dan lebih terkontrol. Sehingga metabolisme semakin maksimal dan tubuh jadi lebih kebal.

5. Tingkatkan Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih merupakan bumbu masakan yang pasti semua orang sudah tahu. Warnanya yang putih dengan aroma yang menyengat dapat membuat masakan jadi semakin lezat. Tetapi jangan anggap remeh bumbu masakan yang satu ini, sebab bawang putih memiliki kandungan anti mikroba yang sangat baik untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat membantu tubuh lebih kebal terhadap serangan penyakit. Namun pilih yang masih segaruntuk dimakan, sebab proses memasak dengan memanaskannya membuat bawang putih kehilangankhasiatnya.

6. Jangan Takut sinar Matahari

Jika sebelumnya Anda sangat menghindari atau mungkin takut terkena sinar matahari maka mulai sekarang ubahlah segera. Mengapa? Hal ini karena matahari sangat penting untuk membantu tubuh mengubah provitamin D di dalam tubuh menjadi vitamin D. Manfaat vitamin D sendiri sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta mengurangi resiko penyakit lain. Misalnya saja jantung, stroke, diabetes juga penyakit yang berkaitan dengan autoimun.

Untuk itulah mengapa sinar matahari begitu penting untuk membantu tubuh lebih kebal. Namun sinar matahari yang baik hanya ada di pagi hari saja, berada di waktu sekitar jam 6 sampai 9 pagi. Jika lebih dari jam tersebut kurang baik karena paparan sinar matahari menjadi lebih kuat dan justru berbahaya bagi kesehatan.

7. Jauhi Rokok

Sebagian orang merasa lebih tenang dengan merokok namun sebetulnya hal tersebut hanyalah semu. Yang sesungguhnya terjadi ialah tubuh jadi semakin lemah dan tergerogoti penyakit, mulai dari resiko bronkitis, hipertensi, lambung hingga serangan jantung. Satu batang saja rokok yang Anda hisap akan membuat tubuh beresiko terserang semua penyakit tersebut. Sebab asap yang dihisap ketika merokok mengandung sejumlah senyawa kimia karsinogenik yang sangat berbahaya dan dapat memicu tumbuhnya kanker. Oleh karenanya menghindari rokok menjadi menjadi cara meningkatkan kekebalan tubuh paling ampuh. Dengan begitu selain membuat diri sendiri lebih kebal, Anda juga dapat mengurangi resiko orang lain untuk terpapar zat berbahaya dari rokok yang Anda hisap. Karenanya jika ingin punyatubuh lebih kebal maka berhentilah merokok mulai dari sekarang.

8. Tambahkan Konsumsi Probiotik

Jika biasanya bakteri dapat menyebabkan penyakit dan mengganggu kekebalan tubuh, maka berbeda dengan probiotik. Sebab probiotik merupakan bakteri atau jamur yang justru dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Terutama membantu menyehatkan sistem pencernaan dan juga pernapasan.

Sesungguhnya di dalam tubuh terdapat begitu banyak macam bakteri, ada bakteri baik dan bakteri buruk. Jika jumlah bakteri baik meningkat maka kekebalan tubuh juga turut meningkat, dan begitu pun sebaliknya. Jika jumlah bakteri jahat lebih banyak maka tubuh jadi mudah terserang penyakit. Nah, fungsi probiotik ini membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dan melawan bakteri jahat. Sehingga jumlah bakteri baik dan jahat jadi lebih seimbang. Probiotik sangat baanyak ditemukan pada produk fermentasi seperti yoghurt dan kefir.Meskipun probiotik ini bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh namun konsumsi secara berlebihan juga tidak baik. Terutama untuk anak-anak, wanita hamil dan juga lansia. Konsumsi secara pas agar kekebalan tubuh semakin meningkat.

9. Kurangi Tingkat Stres

Ketika seseorang mengalami stres baik fisik maupun mental, tubuh akan lebih mudah terserang penyakit. Hal ini karena kekebalan tubuh menurun akibat produksi hormon kortisol yang berlebihan akibat reaksi tubuh terhadap stres. Jika terus berlanjut, tubuh bisa benar-benar tak berdaya untuk melawan penyakit bahkan pilek pun bisa berbahaya. Karenanya sebisa mungkin hindari stres.Bisa dengan untuk sharing dengan orang terdekat, atau coba dengan meditasi misalnya dengan yoga. Olah raga yang menonjolkan meditasi serta olah pernapasan ini sangat baik untuk membantu meredakan emosi yang berlebihan. Anda bisa mencobanya 2 sampai 3 kali seminggu, agar emosi negatif menjadi lebih stabil.

10. Tambahkan dengan Suplemen Vitamin

Jika Anda selalu terkena infeksi berulang, pertimbangkan untuk mengkonsumsi suplemen. Bisa dengan suplemen herbal atau juga vitamin tambahan. Supaya kekebalan tubuh tetap terjaga dan lebih kuat terhadap serangan virus dan bakteri penyakit. Namun konsumsi suplemen hendaknya menurut petunjuk dokter atau tenaga medis lainnya. Sebab mengkonsumsi suplemen tanpa takaran dan dosis yang tepat justru dapat membahayakan bagi tubuh.

Demikian 10 cara meningkatkan kekebalan tubuh yang bisa dilakukan dengan mudah. Menjaga kekebalan tubuh sebetulnya sangat mudah dan bukaan hal yang sulit. Namun terkadang kebiasaan dan gaya hidup membuat seseorang mudah sekali terserang penyakit sehingga perlu beberapa cara untuk menanganinya. Semoga bermanfaat.

Pencarian:

  • menjaga imun tubuh
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.