Hati-Hati akan Bahaya Makeup Palsu

Makeup sudah menjadi bagian tak terelakkan bagi setiap wanita. Mau bagaimana lagi, setiap wanita pasti ingin terlihat cantik dan berusaha mempercantik diri. Berbagai jenis makeup pun dimiliki, mulai dari bedak, lipstick, fondation, blush dan lain sebagainya.

Karena makeup memiliki pasar yang besar atau konsumen yang banyak, seringkali ada saja yang memanfaatkan dengan cara yang tidak baik. Tak jarang kita temukan beredarnya makeup palsu di pasaran.

Makeup palsu umunya dijual dengan harga yang lebih murah sehingga lebih mudah menarik calon pembeli. Apalagi bagi konsumen yang tidak tahu menahu dan mudah percaya dengan tawaran orang lain.

Kamunperlu berhati-hati karena dibalik makeup palsu tersebut tentu ada bahaya yang mengintai.

1. Bahan-Bahan yang Berbahaya

Dalam suatu penelitian, ditemukan racun alois arsenic yang cukup tinggi pada makeup palsu. Racun ini bisa mengakibatkan rasa seperti tersetrum, sakit perut, bahkan hingga kematian jika digunakan terus-menerus dalam jangka panjang.

Makeup palsu juga mengandung merkuri yang dapat terserap melalui pori-pori. Merkuri dapat menyebabkan jerawat, gatal, dan jika sudah parah dapat mengakibatkan pusing, mual, serta gangguan penglihatan.

Selain itu, dalam makeup palsu khususnya lipstick ditemukan mengandung Rhodamin B. Rodhamin B sendiri umumnya dipakai untuk pewarna tekstil, tinta, dan kertas. Apabila masuk ke dalam tubuh, Rodhamin B dapat menyebabkan bengkak, penyakit liver, hingga kanker.

2. Menimbulkan Alergi dan Bercak pada Kulit

Alergi makeup bukan cuma disebabkan karena ketidakcocokan, tapi dalam kasus makeup palsu, penyebabnya adalah bahan-bahan di dalamnya. Kandungan kimia yang berbahaya bisa menimbulkan alergi pada kulit kamu dan meninggalkan bekas.

Ada pula makeup palsu yang ternyata mengandung timah dan berrylium yang tinggi sehingga menimbulkan bercak pada kulit terutama area wajah. Bahan kimia tersebut menyebabkan ruam atau bercak dan penyakit dermatitis kulit.

3. Mengakibatkan Kulit seperti Terbakar

Kandungan bahan-bahan kimia dalam makeup palsu apabila sudah diaplikasikan ke kulit, tentu akan menimbulkan reaksi-reaksi yang aneh. Reaksi tersebut bisa mengakibatkan kulit kemerahan seperti luka bakar. Apabila sudah diobati pun, kulit kamu bisa jadi sensitif.

Selain itu, ada pula kandungan asam retinoat yang mempunyai efek kulit terbakar dan iritasi. Kandungan asam ini juga berbahaya bagi ibu hamil karena membahayakan janin hingga dapat mengakibatkan cacat permanen.

Setelah mengetahui bahaya makeup palsu, kamu harus lebih berhati-hati dalam membeli makeup. Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Tetapi juga bukan berarti makeup murah adalah palsu, karena ada juga makeup murah dengan kualitas yang terjamin.

Belilah makeup di tempat meyakinkan seperti di beauty e-commerce atau datangi langsung official store-nya. Kamu juga perlu mengecek bahan-bahannya agar tidak mengandung bahan berbahaya yang sudah disebutkan. Dengan demikian, kamu bisa terhindar dari bahaya makeup palsu.

Leave a Reply