Pentingnya Pembukuan untuk Laporan Keuangan dalam UKM

Banyak pemilik UMKM mengabaikan hal yang bernama pembukuan. Padahal, pembukuan itu sangat penting meskipun sekarang ini banyak sekali beberapa software pembukuan yang dapat membantu dalam pencatatan, namun tetap saja pada dasarnya kita harus mengerti mengenai hal-hal yang basic/dasar dari suatu pembukuan. Pihak pengelola UKM terkadang tidak memperhatikan hal ini. Tanpa disadari, mungkin banyak pengelola UKM yang merasa keuangan bisnisnya selalu bocor, terkadang uang pribadi tercampur dengan uang hasil usaha, kerepotan mengatur keuangan, dan sulit mendapat kredit atau tambahan modal. Hal-hal itulah yang membuat pembukuan dalam suatu keuangan merupakan hal yang penting.

Pembukuan yang terarah, teratur, dan akurat tentu akan menjadi solusi permasalahan-permasalahan tersebut, apalagi jika pengelolaannya dilakukan oleh orang-orang yang mengerti betul mengenai hal tersebut, misalnya seorang akuntan. Seorang akuntan biasanya dibantu oleh aplikasi akuntansi untuk mengelola suatu sistem keuangan. Ya… tentu saja karena zaman sekarang ini semua hal sudah menggunakan teknologi, maka pencatatan keuangan juga akan lebih cepat dan akurat jika menggunakan software.

Tidak hanya laporan keuangan mengenai cashflow suatu usaha UKM saja, namun dibutuhkan juga seorang akuntan yang memang mengerti dan paham betul mengenai perpajakan sehingga ia bisa menghitung pajak UMKM nya. Eits! Jangan pernah menyepelekan sistem perpajakan lho, meskipun terlihat mudah dan bisa dihitung dengan menggunakan aplikasi pajak, sistem perpajakan itu cukup ribet dan jelimet dalam menentukan perhitungan dan nominalnya. Maka sangat dibutuhkan seseorang yang memang ahli dalam mengelola hal tersebut.

Manfaat Pembukuan

Beberapa manfaat yang berkaitan dengan pengelolaan akuntansi khususnya pembukuan diantaranya dapat melindungi uang bisnis UKM anda. Hal tersebut membuat anda bisa selalu mengecek transaksi dan saldo dalam bisnis anda. Pencatatan harus dilakukan sebaik-baiknya. Pembukuan juga dapat berfungsi sebagai analisis sumber penghasilan usaha, memonitor kemana aliran uang, bahkan bisa digunakan sebagai pedoman pengambilan keputusan dalam suatu badan usaha.

Akuntansi UKM merupakan salah satu hal yang menunjang pengolahan pembukuan dalam laporan keuangan. Akuntansi pembukuan dalam UKM juga dapat meningkatkan bonafiditas performa usaha, dengan kata lain investor akan banyak melirik usaha anda. Untuk mendapatkan modal dari berbagai sponsor juga akan sangat mudah jika anda sebagai pengelola UKM mempunyai data pembukuan yang jelas dan mudah dipahami.

Akan sangat cepat dan hasil yang akurat juga jika dalam melakukan pembuatan laporan keuangan, anda menggunakan aplikasi akuntansi. Namun tetap meskipun menggunakan aplikasi, seseorang yang mengelola nya haruslah seseorang yang mengerti mengenai pembukuan, akuntansi, manajemen, dan pengelolaan uang. Dibutuhkan ketelitian yang benar-benar serius juga dalam menggunakan aplikasi ini karena pasalnya aplikasi tersebut keberhasilannya bergantung dari orang yang menjalankannya. Jika orang yang menjalankannya teledor dan memasukkan data tidak benar, tetap saja nanti hasilnya akan salah dan merugikan perusahaan/UKM tersebut.

Leave a Reply