Tips

Peralatan Penting Pada Saat Bekerja di Ketinggian

Pekerjaan konstruksi merupakan pekerjaan yang memiliki resiko kecelakaan yang cukup tinggi, oleh sebab itu selalu memakai baju wearpack, helm proyek dan peralatan keamanan lainnya agar kamu dapat bekerja dengan aman. Setiap proyek membutuhkan peralatan dan juga prosedur yang berbeda, oleh sebab itu pada saat merencanakan sebuah proyek pembangunan kamu juga harus memperkirakan apa saja peralatan yang dibutuhkan pada saat proses tersebut.

Hal ini dilakukan karena pengadaan peralatan pembangunan membutuhkan waktu dan prosedur yang tidak mudah. Ada pula beberapa peralatan yang harus kamu adakan pada saat mengerjakan proyek yang memiliki bangunan tinggi, peralatan tersebut adalah:

Tangga

Salah satu penyebab utama kematian para pekerja konstruksi adalah jatuh dari ketinggian, oleh sebab itu kamu membutuhkan serangkaian peralatan pendukung dan keamanan untuk mendukung pekerjaan kamu termasuk tangga. Namun dalam penggunaan tangga tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Pastikan kondisi tangga masih bagus tidak rusak atau cacat
  • Posisi penempatan tangga harus tepat
  • Tangga harus di tempatkan pada alas yang lurus, rata, dan tidak licin
  • Mematuhi prosedur keselamatan penggunaan tangga

Full Body Harness

Para pekerja konstruksi tentu sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini, Full body harness berfungsi sebagai alat pelindung jatuh perseorangan saat bekerja di ketinggian. Penggunaan alat tersebut lebih dianjurkan apabila dibandingkan dengan safety belt terutama jika kamu bekerja di ketinggian lebih dari 1,8 meter.

Salah satu kelebihan daripada full body harness adalah alat ini memiliki tali pengaman yang bisa melindungi seluruh tubuh pekerja yang mana hal ini dapat menurunkan kemungkinan cedera akibat hentakan saat jatuh menjadi sangat kecil. Namun meski manfaat yang dimiliki sangat besar sebagai alat pelindung, masih banyak pekerja yang mengabaikan tata cara penggunaan yang benar. Ada beberapa prosedur yang arus di patuhi mulai dari cara penggunaan, pemeriksaan, hingga perawatan alat tersebut.

Perancah

Perancah adalah suatu struktur sementara yang digunakan untuk menyangga para pekerja dan material dalam proses konstruksi, perbaikan gedung dan bangunan-bangunan besar lainnya. Biasanya perancah dibentuk dari sistem modular dari pipa atau tabung logam, dan juga dapat menggunakan bahan-bahan lain sesuai dengan kebutuhan.

Menurut Occupational Safety and Health Administration (OSHA), ada sekitar 2,3 juta pekerja konstruksi melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan perancah. Akan tetapi, banyak juga pekerja yang berpotensi mengalami sejumlah bahaya terkait perancah seperti terjatuh, tertimpa jatuhan benda, dan tersengat aliran listrik. Namun alat ini merupakan salah satu alat yang penting dan cukup efektif digunakan pada proyek konstruksi.

Peralatan tersebut di atas akan sangat membantu para pekerja konstruksi dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Saat ini juga telah hadir platform digital seperti software kontraktor yang dapat membantu berbagai macam urusan kamu dalam perihal konstruksi bangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *