Gaya Hidup

Youtube Channel Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri yang Wajib Banget Kamu Subscribe

Syarif Zapata

Banyak orang yang berkeinginan untuk bisa kuliah di luar negeri. Sistem pendidikan yang bagus, budaya yang berbeda dan menarik, serta lingkungan yang baru seringkali menjadi alasan utama mereka ingin kuliah di luar negeri. Tapi, tidak semuanya bisa mewujudkan keinginan tersebut.

Tetapi, apakah kalian tahu bahwa dari sekian mahasiswa Indonesia di luar negeri ternyata beberapa yang eksis di dunia Youtube. Bahkan subscriber-nya ada yang mencapai angka satu juta lebih.

Channel youtube yang mereka buat tentunya sangat inspiratif dan bisa memberi gambaran bagaimana kehidupan sehari-hari dan kehidupan universitas di negara yang mereka tinggali.

Jadi, siapa saja sih mereka?

1. Gita Savitri Dewi

Gita yang channel-nya sudah memiliki subscriber 500 ribu lebih ini memberikan gambaran tentang bagaimana rasanya kuliah di Jerman. Perempuan asal Palembang ini bercerita tentang perjalanan kuliahnya di Universitas Frei, Berlin.

Video-videonya mulai dari proses awal pendaftaran dan seleksi, detail kehidupan kuliahnya, berbagai kesulitan yang dihadapi, tips tentang mengatur biaya hidup hingga ke pengalaman culture shock.

2. Jerome Polin

Meski terbilang cukup baru, channel youtube milik Jerome Polin yang bernama Nihongo Mantappu saat ini sudah memiliki subscriber satu juta lebih. Jerome adalah mahasiswa di jurusan matematika Waseda University, Jepang.

Konten video yang ia bagikan sangatlah menarik dan menghibur, mulai dari vlognya di Jepang, hingga video reaksi bersama teman-temannya yang selalu menarik perhatian. Di salah satu videonya juga, Ia sempat menceritakan perjuangannya mendapatkan beasiswa hingga dapat kuliah di Jepang.

3. Turah Parthayana

Channel youtube milik Turah merupakan salah satu yang populer karena tidak banyak mahasiswa Indonesia yang kuliah di Rusia dan membagikan ceritanya. Dengan subscriber yang lebih dari 500 ribu, Turah adalah mahasiswa asal Bali yang menempuh pendidikan di Universitas Tomsk, Rusia.

Lewat videonya, Turah seringkali menceritakan pengalamannya kuliah di Rusia, misalkan musim dingin yang mencapai -37 derajat celsius. Video-videonya juga semakin membuka wawasan mengenai sistem perkuliahan di Rusia yang tak banyak orang tahu, seperti ada matkul olahraga wajib, kuliah dari Senin hingga Sabtu dan jam kuliah yang cukup panjang.

4. Syarif Zapata

Syarif masih terbilang baru di dunia youtube dengan subscriber sekitar 200 ribu lebih. Syarif merupakan mahasiswa yang bekerja sebagai seorang au pair (semacam home stay) di Jerman. Daro situ, ia akhirnya memutuskan untuk melanjutkan kuliah S1-nya di Jerman dan Swiss.

Syarif selalu menyajikan konten yang menarik dan informatif. Ia sering membahas mengenai perkuliahan di luar negeri, komunitas Indonesia di Eropa, dan juga perbedaan budaya yang ia rasa penting untuk di pahami.

Itulah beberapa channel oleh mahasiswa Indonesia di luar negeri. Semoga channel tersebut bisa memberikan gambaran mengenai perkuliahan di luar negeri sekaligus memberi inspirasi bagi kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *