Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

7 Cara Membuat Masker Beras Untuk Memutihkan Dan Mencerahkan Wajah

Tak diragukan lagi bahwa beras memiliki kandungan nutrisi yang melimpah serta kaya akan mineral penting untuk tubuh. Namun ternyata beras tak hanya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dari dalam saja tetapi juga dari luar. Hal ini karena beras diketahui juga dapat menutrisi kulit dengan jalan digunakan sebagai masker wajah.

Cara Membuat Masker Beras Dengan Mudah

Untuk memanfaatkan beras sebagai masker pun bukan hal yang sulit. Sebab di pasaran sudah banyak produk kosmetik yang menawarkan masker berbahan dasar beras. Tetapi jika ingin menggunakan bahan alami, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara membuat masker beras yang cukup simpel dan mudah, di antaranya.

1. Masker Beras sebagai Uv Protection

Berasmemiliki beberapa kandungan yang bersifat sebagai UV Protection agent atau pelindung daripaparan sinar UV. Kandungan tersebut seperti ferulic acid dan juga allantoin. Kedua kandungan inilah yang bekerja menjadikan beras sebagai tabir surya alami yang cukup bagus. Tak hanya itu, memiliki sifat anti-inflamasi yang baik bedak yang terbuat dari beras juga dapat mengurangi peradangan akibat sengatan sinar matahari dan mencegah kulit mengalami sun burning.

Cara membuat masker beras sebagai UV protection cukup mudah, berikut bahan yang harus disiapkan dan langkah-langkahnya.

  • Siapkan beras yang sudah ditumbuk hingga halus menjadi tepung. Lalu siapkan susu cair dingin secukupnya.
  • Campurkan kedua bahan, yakni tepung beras dan susu hingga menyatu dan jadi seperti pasta.
  • Oleskan campuran tersebut pada wajah, diamkan sebentar setidaknya selama 15 menit.
  • Kemudian bilas dengan air dingin hingga semua bagian masker terangkat semuanya.

Jika Anda menginginkan hasil yang maksimal gunakan masker secara konsisten minimal seminggu sekali. Anda akan melihat perubahan yang signifikan setelah satu atau dua bulan pemakaian rutin.

2. Masker Beras untuk Mengurangi Lingkaran Hitam di bawah Mata

Ketika kurang istirahat tubuh akan merasa lelah, tandanya di bawah mata akan terlihat lingkaran hitam. Dan tepung beras merupakan salah bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi masalah lingkaran hitam atau kantung mata yang cukup mengganggu penampilan.Efek dingin yang diberikan masker beras dapat mengurangi warna gelap tersebut dan membuatnya terlihat segar kembali. Berikut cara membuat masker beras untuk mengatasi kantung mata.

  • Siapkan bahan utamanya, seperti tepung beras, pisang dan castor oil.
  • Campur semua bahan seperti pisang tepung beras dan juga castuor oil menjadi seperti bubur atau pasta.
  • Kemudian gunakan campuran pasta tersebut di bagian bawah mata. Aplikasikan secara tipis dan merata di bagian yang menghitam.
  • Biarkan beberapa saat, setidaknya selama 15 menit. Kemudian bilas hingga seluruh sisa masker bersih.

Bahan yang digunakan sebagai masker tersebut memilikimanfaat yang sangat bagus untuk mencerahkan kulit di area bawah mata. Masker ini pun juga dapat memberikan efek relaksasi sehingga membuat wajah Anda terlihat jauh lebih muda.

3. Masker Beras sebagai Exfoliation agent

Beras yang ditumbuk sendiri memiliki tekstur yang sedikit kasar, sehingga cocok digunakan sebagai untuk melakukan eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati yang ada di permukaan wajah. Beras pun juga dapat menyerap sebum atau minyak yang ada di wajah sehingga membuat kulit wajah terlihat bersih, halus dan berseri kembali.

Berikut cara membuat masker beras untuk digunakan sebagai exfoliant agent, di antaranya.

  • Siapkan tepung beras yang sedikit kasar, bubuk cokelat, gula pasir dan madu.
  • Campur semua bahan menjadi satu hingga seperti lulur, tidak terlalu encer atau pun padat.
  • Oleskan campuran tersebut merata di bagian wajah dan tubuh yang ingin dilakukan eksfoliasi.

Sambil dioleskan, sambil dilakukan pemijatan.Setelah dirasa cukup, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin.

Saat melakukan eksfoliasi, usahakan jangan menggosok dengan keras karena dapat menimbulkan luka. Lakukan pemijatan dengan lembut dan intens.

4. Masker Beras sebagai Pencerah Wajah

Kandungan nutrisi dan mineral yang cukup melimpah pada beras telah dikenal sebagai salah satu bahan alami pencerah wajah. Kandungan asam amino serta vitamin yang terdapat pada setiap butirnya bertindak sebagai pencerah wajah dan mampu menjaga warna kulit.Tak jarang banyak produk kecantikan ternama yang menjadikan beras sebagai komposisi utama.

Untuk membuat masker beras pencerah wajah, berikut langkah yang perlu Anda ikuti.

  • Tepung beras, madu dan kefir dari susu sapi.
  • Campurkan semua bahan mulai dari tepung beras, madu dan kefir menjadi satu.
  • Oleskan secara merata baik pada wajah dan juga leher. Tunggu beberapa saat hingga benar-benar mengering.
  • Kemudianbilas hingga bersih dari sisa masker yang menempel.

Penggunaan masker ini secara rutin dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan halus.

5. Masker Beras sebagai pengganti Bedak

Tahukah Anda bahwa tepung beras bisa menjadi pengganti bedak mahal yang Anda miliki? Partikel beras yang telah berupa tepung memiliki sifat menyerap minyak berlebih, sehingga cocok digunakan untuk kulit wajah yang cenderung berminyak. Tak hanya itu, partikelnya pun mudah diserap dan menyatu kulit serta mampu menyamarkan pori-pori yang besar.

Untuk membuat masker beras jadi bedak alami, berikut langkah yang harus Anda ikuti.

  • Siapkan tepung beras dan tepung maizena dengan perbandingan 2:1.
  • Campur bahan menjadi satu. Anda bisa langsung menggunakannya sebagai bedak tabur dan mengaplikasikannya begitu saja di wajah.

Tak perlu khawatir akan adanya iritasi atau masalah kulit lainnya sebab bahan yang digunakan alami. Jadi tak perlu terlalu khawatir.

6. Masker Beras untuk Mengatasi Keriput dan Noda Hitam di Wajah

Untuk pemilik kulit berjerawat memang sangat menyebalkan ketika wajah yang semula mulus tiba-tiba muncul jerawat yang meradang. Banyak cara dilakukan untuk mengatasinya danhal tersebut kadang menimbulkan bekas yang sukar untuk dihilangkan. Dan beras merupakan bahan alami yang dapat mengatasi hal tersebut. Tak hanya itu, garis halus di wajah pun juga dapat tersamarkan dengan menggunakan beras, lho.

Untuk membuat masker beras guna menghilangkan bekas noda hitam dan garis halus di wajah, ikuti petunjuknya berikut ini.

  • Siapkan tepung beras secukupnya, lalu perasan lemon dan sari mentimun.
  • Campurkan semua bahan menjadi satu dan berubah menjadi pasta.
  • Oleskan pada wajah secara merata, diamkan hingga mengering.
  • Kemudian bilas hingga bersih.

Masker beras dengan campuran air lemon dan mentimun tak hanya dapat mengurangi garis halus dan juga peradangan jerawat. Tetapi juga dapat digunakan untuk mengurangi efek sun burning yang biasanya membuat kulit menjadi lebih gelap.

7. Masker Beras sebagai Pelembab Wajah

Hidup di perkotaan dengan tingkat polusi yang tinggi secara tidak langsung membuat kulit wajah terasa kering. Selain itu juga dapat membuat wajah terkena iritasi dan berbagai macam masalah kulit lainnya. Kandungan nutrisi pada beras yang berlimpah membuat dapat memberikan kelembaban secara alami pada kulit wajah. Anda bisa menggunakannya sebagai masker.

Untuk membuat masker wajah dari beras untuk melembabkan kulit, berikut langkah praktisnya.

  • Siapkan beras utuh, wadah, kapas untuk wajah, dan air secukupnya
  • Cuci beras, kemudian ambil airnya dan letakan pada wadah bersih.
  • Masukan kapas pada air beras tersebut, rendam beberapa saat.
  • Kemudian angkat dan peras kelebihan airnya laku sapukan pada wajah. Gunakan seperti toner atau moisturizer tanpa perlu dibilas lagi.

Demikian 7 cara praktismembuat masker beras di rumah. Masih banyak lagi manfaat yang bisa didapat dari beras sebab bahan alami yang satu ini memang memiliki nutrisi yang berlimpah di dalamnya. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.