Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

18 Cara Menangani Orang Pingsan Dengan Metode Yang Tepat Dan Cepat


Pernah mendapati orang pingsan tiba-tiba di depan umum? Pasti sangat mengejutkan, bukan. Apalagi jika Anda berada dalam posisi yang cukup dekat dengan orang tersebut. Tapi Anda tak perlu panik. Ada 18 cara menangani orang pingsan secara tiba-tiba tanpa persiapan yang bisa Anda lakukan.

Cara Menangani Orang Pingsan Dengan Cepat Dan Tepat

Pingsan adalah kondisi kehilangan kesadaran secara tiba-tiba yang diakibatkan oleh berbagai faktor mulai dari penyakit, kelelahan, paparan gas, hingga banyak penyebab lainnya. Berikut cara menangani orang pingsan yang tepat, antara lain:

1. Cegah benturan

Jika Anda berada dalam posisi dekat dengan korban dan melihat tanda-tanda bahwa ia akan pingsan, secepatnya mendekat dan sebisa mungkin melindungi tubuhny, terutama kepala dari benturan di lantai atau tanah. Saat mulai kehilangan kesadaran, orang tak bisa lagi melindungi diri sendiri sehingga ketanggapan Anda sangat dibutuhkan untuk mencegah cedera yang lebih berat.

2. Panggil bantuan

Segera hubungi petugas kesehatan atau minta orang di sekitar Anda untuk mencarikan ambulans.Tetap tenang dan jangan panik.

3. Periksa respon

Anda bisa mengukur kesadaran si korban dengan menggoyangkan pundaknya, menepuk pipi perlahan hingga memanggil-manggil namanya. Umumnya orang akan segera kembali sadar dan merespon setelah beberapa saat.

4. Cek tanda-tanda vital

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan jika korban tak merespon adalah mengecek tanda-tanda vital mulai dari napas melalui hidung, denyut nadi pada pergelangan tangan atau pun leher, hingga degup jantung. Jika korban tak merespon namun tanda-tanda vitalnya masih aktif, Anda harus segera mendapatkan pertolongan medis untuknya.

5. Percikan air

Jika di sekitar Anda ada air yang bisa dijangkau, percikan sedikit air untuk menyadarkan korban. Biasanya korban akan bereaksi setelah tersentuh air.

6. Beri bau-bauan

Beri minyak kayu putih untuk mengembalikan kesadaran korban. Namun, jika Anda tak memiliki minyak kayu putih, Anda bisa menggunakan bawang merah atau bawang putih sebagai gantinya. Kedua bumbu dapur ini memiliki bau yang sangat menyengat dan memungkinkan korban meraih kembali kesadarannya setelah mencium bau tersebut.

7. Topang tubuh

Saat tiba-tiba seseorang memperlihatkan tanda-tanda akan pingsan, Anda dengan sigap bisa berusaha menopang tubuhnya agar terhindar dari benturan yang bisa saja membahayakan jiwanya. Setelah itu barulah Anda bisa meletakkan tubuh korban secara perlahan-lahan ke lantai.

8. Letakkan pada tempat datar

Setelah menopang korban, Anda bisa meletakkan korban secara perlahan pada tempat yang datar selama 15-20 menit agar darahnya kembali mengalir ke otak.

9. Hindarkan memasukkan apa saja ke mulut korban

Jangan sekali pun berpikir untuk memasukkan apa saja ke dalam mulut korban seperti air atau makanan lainnya karena ini berpotensi membahayakan keselamatannya. Masuknya makanan atau air ke dalam mulut korban yang sudah kehilangan kesadaran hanya akan menyebabkan dia tersedak dan terhalangi jalan napasnya.

10. Jangan gerakkan korban secara berlebihan

Ketika korban sudah benar-benar kehilangan kesadaran dan tak memberi respon berarti, Anda tidak disarankan menggerakkan tubuh korban jika kondisi korban terlihat parah dengan adanya beberapa cedera di bagian tubuh. Tunggulah hingga bantuan medis datang dan mengevakuasi korban.

11. Angkat kaki korban

Jika Anda bisa memastikan dengan jelas bahwa korban tak mengalami cedera, mengangkat kaki korban bisa sangat membantu untuk melancarkan aliran darah ke otak dan jantung. Langkah ini memungkinkan korban sadar kembali.

12. Jangan bergerombol

Kejadian seseorang pingsan di tempat umum sudah pasti memancing perhatian dan kehebohan. Namun, jika Anda sudah berhasil menyelamatkan tubuh korban dari benturan, minta orang sekitar untuk tidak bergerombol di sekeliling korban. Karena hal ini akan menyebabkan asupan oksigen yang dibutuhkan korban menipis dan membuat sesak napas. Berilah korban udaraa segar sebanyak-banyaknya.

13. Jangan gegabah mengubah posisi korban

Pada saat seperti ini, Anda pasti akan melakukan apa saja untuk menyadarkan korban kembali. Namun Anda harus menghindari mengubah posisi korban dengan gegabah. Misalnya mendudukkan korban setelah posisi baring atau bahkan memaksakannya berdiri. Tindakan paling benar adalah membaringkan korban di permukaan yang rata.

14. Jangan menaruh bantal

Seringkali saat melihat orang pingsan, kita berinisiatif melakukan apa saja untuk membuatnya merasa nyaman. Salah satunya dengan memberikan bantal di bawah kepala korban. Tetapi, jangan salah. Hal itu sangat tidak disarankan karena justru dapat mengganggu peredaran korban. Letakkan kepala korban di permukaan rata agar sirkulasi aliran darah ke otaknya tidak terganggu.

15. Memberikan udara lebih

Selain disarankan untuk tidak bergerombol di sekeliling korban karena dapat mengurangi asupan oksigen, kita bisa memberikan udara lebih pada korban dengan cara mengipasi bagian wajah.

16. CPR

Jika petugas medis belum datang dan Anda sudah melakukan berbagai cara agar si korban kembali sadar, jalan terakhir yang bisa diambil adalah memberikan CPR. Apalagi jika Anda merasakan napas korban mulai melemah.

Berikut langkah-langkah CPR yang bisa Anda lakukan :

  • Posisikan diri Anda berlutut tepat di sisi korban
  • Letakkan ujung telapak tangan Anda pada tengah dada korban
  • Tangan satunya letakkan pada tangan di tengah dada
  • Posisikan siku lurus, tidak ditekuk
  • Fokuskan seluruh berat badan bagian atas untuk menekan badan korban
  • Lakukan gerakan ini berulang hingga petugas medis datang

17. Jaga korban tetap tenang setelah sadar

Ketika korban mulai sadar, tenangkan dia dan cegah agar sang korban tidak terburu-buru bangun. Minta korban berbaring lebih lama beberapa menit agar aliran darah lancar ke otak sepenuhnya. Jika buru-buru bangkit setelah pingsan dikhawatirkan korban akan merasa pusing dan kehilangan kesadaran lagi. Semua yang dilakukan korban setelah pingsan harus dilakukan perlahan-lahan dari mulai duduk, berdiri hingga berjalan agar tidak terjadi kasus yang lebih serius.

18. Berikan minuman atau makanan

Saat korban mulai menemukan kesadaran dan bisa duduk, barulah Anda boleh memberikan minuman manis seperti teh hangat, jus, dan lainnya atau makanan berupa cemilan yang asin-asin. Umumnya akibat seseorang pingsan adalah kekurangan cairan, tekanan darah rendah, kurangnya asupan garam, hingga kadar gula yang rendah.

Penderita anemia yang memiliki kadar hemoglobin rendah biasanya sangat rentan kehilangan kesadaran secara tiba-tiba. Di sinilah pentingnya memberikan asupan makanan minuman manis dan asin pada korban sesaat setelah siuman dari pingsannya.

Nah, itulah tadi 18 cara menangani orang pingsan secara tiba-tiba yang bisa Anda lakukan saat mendapati kasus seperti itu di sekitar Anda. Ikuti cara-cara yang dianjurkan dan sebisa mungkin hindari cara-cara yang dilarang. Ingat, sedikit saja kepedulian yang Anda tunjukkan dengan sigap menolong saat seseorang pingsan berpotensi menyelamatkan nyawanya. Jadi, pekalah terhadap kondisi sekitar dan cepat tanggap saat melihat tanda-tanda orang yang akan pingsan tanpa pandang bulu karena kepedulianlah yang tetap menjaga harga kita sebagai seorang manusia. Semoga bermanfaat.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.