Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

10 Cara Menghilangkan Bau Mulut Yang Ampuh, Alami Dan Terbukti Cepat

Masalah bau tidak sedap pada mulut memang menimbulkan masalah yang cukup mengganggu. Umumnya bau mulut timbul karena ada masalah di dalam mulut, misalnya saja karena gigi berlubang. Beberapa orang menggunakan obat kumur untuk menyingkirkan bau mulut tersebut. Namun pada sebagian orang lainnya hal tersebut tidak memberikan hasil yang maksimal.Sebab gigi yang berlubang memang menjadi tempat yang disukai oleh bakteri penyebab bau mulut. Ini karena lubang pada gigi menyebabkan sisa-sisa makanan terjebak dan sulit dibersihkan sehingga menimbulkan bau meski sudah membersihkannya dengan sikat gigi.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Ampuh

Untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh gigi berlubang sebetulnya tidaklah sulit dan bisa dilakukan dengan cara medis maupun memanfaatkan bahan alami. Berikut cara menghilangkan bau mulut tidak sedap dengan cara alami, di antaranya.

1 . Sikat Gigi Lebih Sering

Plak dan sisa makanan yang tertinggal pada gigi menyebabkan bakteri penyebab bau mulut tumbuh subur. Begitu juga sisa makanan yang terjebak di lubang gigi pun menambah masalah yang sama. Sikat gigi sangat penting untuk menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang. Lakukan setidaknya tiga kali sehari sehabis makan, bila perlu bersihkan juga sela-sela gigi dengan benang khusus gigi.

Namun saat menyikat gigi jangan terlalu berlebihan. Sebab jika terlalu keras menyikatgigi dapat menimbulkan luka pada gusi dan gigi, sehingga rentang terjadi infeksi dan pembusukan gigi.

2. Kumur Dengan Larutan Air Garam

Garam merupakan bahan alami yang sangat simpel dan mudah didapat untuk menghilangkan bau mulut apalagi karena gigi berlubang. Larutan air garam mampu mencegah adanya pertumbuhan bakteri jahat di dalam mulut dan tenggorokan, serta mampu menjangkau sela-sela gigi berlubang yang menyebabkan bau tidak sedap. Hal tersebut terjadi karena air garam mampu mengurangi tingkat keasaman di dalam mulut sehingga dapat mengurangi munculnya bakteri jahat di dalam mulut.

Cara penggunaannya cukup mudah dan simpel dengan bahan yang bisa Anda dapatkan di dapur.

  • Cukup siapkan garam satu sendok teh dan air hangat.
  • Masukan garam ke gelas berisi air hangat, lalu aduk hingga tercampur rata.
  • Gunakan untuk berkumur seperti biasa.
    Anda dapat mengulanginya 2 hingga 3 kali sehari, dan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan lakukan secara rutin setiap hari.

3. Menggosok Lidah

Tahukah Anda jika lapisan yang terbentuk di lidah bisa menjadi rumah yang nyamanbagi bakteri penyebab bau? Karenanya tak hanya kebersihan gigi saja yang perlu diperhatikan dan dijaga. Untukmengatasinya, sikatlah secara perlahan lidah Anda dengan sikat gigi yang biasa Anda gunakan

Jika sikat gigi ukurannya terlalu besar untuk menyentuh lidah dan Anda merasa tidak nyaman, maka cobalah alat khusus penggosok lidah. Alat tersebut dirancang khusus untuk membersihkan permukaan lidah. Hal ini akan membantumenyingkirkan bakteri, sisa-sisa makanan, dan sel-sel mati yang tidak akan dapat bersih hanya dengan menyikat gigi saja. Anda dapat membelinya di toko obat maupun ritel terdekat.

4. Lemon

Cara menghilangkan bau mulut dengan lemon. Lemon tak hanya bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat dan kulit berminyak. Ternyata lemon pun juga dapat menghilangkan bau mulut tak sedap akibat gigi berlubang yang mungkin dapat mengganggu aktivitas dan rasa percaya diri.

Ini karena lemon memiliki kandungan asam citrus yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri di mulut Anda. Ditambah lagi, aroma alami lemon yang khas membantu menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang tak sedap . Untuk menggunakan lemon sebagai penghilang bau mulut tidak sedap secara alami, berikut langkahnya.

  • Siapkan air perasan lemon, garam secukupnya dan air.
  • Campurkan air perasan lemon dan garam ke segelas air, aduk hingga tercampur rata.
  • Gunakan air tersebut untuk berkumur seperti biasa. Ulangi 2 kali sehari.
    Ramuan tersebut juga dapat mengatasi masalah mulut lainnya, seperti bibir pecah – pecah dan juga sariawan.

5. Daun Peterseli

Bila biasanya daun peterseli digunakan sebagai salah satu rempah penyedap masakan. Ternyata daun berwarna hijau dengan aroma yang khas tersebut juga memiliki manfaat luar biasa untuk menjaga kesehatan.

Salah satunya menjaga kesehatan mulut, dengan menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Ini karena daun peterseli memiliki kandungan klorofil yang bisa membantu menetralisir bau tidak sedap pada mulut akibat bakteri.Untuk memanfaatkannya cukup mudah dan simpel, berikut caranya.

  • Cukup kunyah satu batang peterseli yang masih segar untuk menghilangkan bau tak sedap di mulut dan membuat napas Anda kembali segar.
  • Selain ituAnda juga dapat merendam daun peterseli tersebut pada cuka dapur, baru kemudian dikunyah hingga lumat.
  • Jika Anda tak suka mengunyahnya secara langsung, Anda oun dapat membuatnya jadi jus dan meminumnya.
  • Jangan khawatir, daun peterseli ini juga sangat bagus untuk pencernaan, sehingga dapat mengatasi masalah pencernaan sekaligus jika Anda meminum jusnya.

6. Cuka Sari Apel

Banyak manfaat yang didapat dari cuka sari apel tak hanya dapat mencerahkan wajah yang kusam tetapi juga dapat menghilangkan bau mulut yang mengganggu. Hal ini karena cuka sari apel memiliki sifat untuk menjaga keseimbaangan pH di dalam mulut. Sehingga cuka sari apel dapat membantu mengurangi bau mulut karena gigi berlubang yang tidak sedap.Berikut cara menggunakan cuka sari apel untuk menghilangkan baumulut.

  • Siapkan satu sendok makan cuka sari apel dan segelas air.
  • Campurkan cuka sari apel tersebut ke dalam air, lalu gunakan untuk berkumur seperti biasa. Gunakan dua sampai 3 kali sehari.
  • Campuran cuka sari apel ini tak cuma membantu menghilangkan bau mulutsaja, tetapi juga dapat mengatasi masalah pencernaan.

7. Baking Soda

Baking soda yang juga dikenal sebagai Soda kue merupakan salah satu bahan yang bagus untuk menyingkirkan bau mulut. Baking soda jugamampu menjaga kadar asam di dalam mulut serta melawan bakteri jahat yangdapat menyebabkan bau tak sedap. Cara menggunakannya pun tak sulit, berikut di antaranya.

  • Siapkansetengah sendok teh baking soda dan air hangat.
  • Campurbaking soda ke dalam air hangat, lalu pergunakan untuk berkumur.
  • Anda pun juga dapat menggunakan baking soda sebagai pengganti pasta gigi.
  • Menyikat gigi dengan baking soda juga dapat membantu mengurangi tingkat keasaman di mulut sehingga mencegah bakteri jahat menimbulkan bau tak sedap.

8. Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau lebih dikenal dengan tea tree oil memilikisifat antiseptik alami di dalamnya. Ini mengapa minyak tea tree oil tersebut juga dapat menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang tidak sedap secara alami. Anda pun dapat memilih pasta gigi yang mengandung tea tree oil. Untuk menggunakan bahan alami ini, berikut langkahnya.

  • Siapkan tea tree oil, peppermint oil dan lemon oil. Campurkan semua bahan ke dalam segelas air, lalu gunakan untuk berkumur seperti biasa.
  • Anda pun juga dapat menambahkan beberapa tetes tea tree oil pada pasta gigi Anda. Lalu gunakan untuk menyikat gigi seperti biasa.

9. Kayu Manis

Kayu manis mengandung minyak esensial aldehida cinnamic, minyak esensial inilah yang tidak hanya dapat mengatasi bau mulut tak sedap, tetapi juga mengurangi pertumbuhan bakteri di mulut. Termasuk yang ada di dalam lubang gigi. Berikut cara menghilangkan bau mulut dengan menggunakan kayu manis, di antaranya.

  • Siapkan bahan, seperti kayu manis bubuk, daun salam dan kapulaga
  • Lalu didihkan air satu gelas saja, setelah mendidih masukan kayu manis bubuk satu sendok teh lalu diaduk rata.
  • Anda bisa menambahkan dua lembar daun salam dan kapulaga di dalam rebusan tersebut.
  • Setelah beberapa saat hingga air rebusan menyusut setengahnya, angkat dan saring air rebusan kayu manis tersebut.
  • Lalu Anda pun dapat menggunakannya untuk berkumur supaya bau mulut kembali segar. Anda dapat mengulanginya 2 kali sehari.

10. Cengkih

Selanjutnya ada cengkeh yang dapat membantu menyegarkan nafas Anda dan menghilangkan bau tidak sedap pada mulut yang mengganggu karena gigi berlubang. Sifat antibakteri yang dimiliki cengkih sangat baik untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap secara alami. Untuk menggunakannya pun juga cukup mudah, berikut di antaranya.

  • Anda dapat mengunyahnya secara langsung beberapa biji cengkih, kunyah hingga halus lalu buang dan jangan ditelan. Ini akan membantu mengurangi bau mulut yang mengganggu.
  • Selain itu Anda juga bisa menggunakannya sebagai obat kumur atau meminumnya seperti minum teh.
  • Rebuslah satu sendok teh cengkeh dalam satu gelas air sampai mendidih.
  • Lalu Anda bisa menggunakan air rebusan tersebut sebagai obat kumur atau bisa juga
    diminum secara langsung.

Demikian 8 cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang secara alami yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Menggunakan bahan alami tentu selain lebih minim efek samping tetapi juga mengurangi residu bahan kimia yang mungkin saja menjadi penyebab bau mulut yang mengganggu. Semoga bermanfaat.

Pencarian:

  • obat bau mulut dan nafas loc:ID
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.