Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

14 Cara Menghilangkan Telur Kutu Yang Terbukti Manjur dan Cepat

Kutu merupakan salah satu parasit yang sangat mengganggu karena tak hanya menyerang hewan. Kutu pun juga dapat hidup pada manusia, terutama di kepala. Kutu tak hanya dapat menyebabkan infeksi pada kulit kepala tetapi juga membuat seseorang jadi tak percaya diri. Sebab infeksi kutu dapat menimbulkan rasa gatal yang luar biasa.
Namun menghilangkan kutu dari kulit kepala bukanlah hal yang mudah dilakukan. Sebab bisa saja kutu sudah hilang kembali lagi menyerang karena telurnya masih ada yang tertinggal.

Cara Menghilangkan Telur Kutu Yang Ampuh

Tenang saja, tak perlu khawatir karena Anda pun dapat mengobatinya sendiri di rumah. Ingin tahu bagaimana cara menghilangkan telur kutu? Yuk simak cara menghilangkan telur kutu berikut ulasan selengkapnya.

1. Gunakan Sisir Halus atau Serit

Menghilangkan telur kutu memang terbilang lebih sulit dari pada menghilangkan kutu dewasa. Sebab telur kutu berjumlah sangat banyak dengan ukuran yang sangat kecil. Telur kutu biasanya menempel di helaian rambuttak seperti kutu dewasa yang memiliki kaki dan dapat berpindah-pindah. Sehingga cukup sulit untuk menghilangkannya sekaligus karena telur kutu biasanya menempel dengan sangat kuat di tiap helai rambut.

Cara termudah untuk menghilangkannya ialah dengan mengambilnya satu – per satu dari rambut. Lakukan dengan teliti jangan sampai terlewat satu helai pun karena satu saja telur yang tertinggal akan dapat berkembang biak jadi banyak.

2. Baking soda

Cara menghilangkan telur kutu yang selanjutnya ialah dengan membasmi kutu dewasa terlebih dahulu. Misalnya dengan menggunakan baking soda. Baking soda merupakan salah satu bahan alami yang cukup efektif dalam menyingkirkan kutu dewasa beserta telurnya dari rambut. Caranya cukup campurkan baking soda dengan air hingga menjadi adonan seperti pasta. Usapkan pasta tersebut ke seluruh rambut, mulai dari akar hingga bagian ujungnya secara merata. Kemudian diamkan sebentar selama 10 menit, lalu bilas dengan air hangat. Tetapi jangan gunakan sampo saat membersihkannya.

3. Sampo Khusus Penghilang kutu

Anda pun juga dapat menggunakan sampo yang dibuat khusus untuk menghilangkan kutu. Biasanya sampo in dijual secara bebas di toko-toko obat atau kosmetik terdekat. Penggunaannya pun juga cukup mudah, cukup gunakan sampo di rambut hingga berbusa dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu Anda bisa menggunakan sisir halus atau serit untuk membersihkan kutu dan telur yang sudah mati. Lalu Anda pun dapat membilasnya dengan menggunakan air hangat.

4. Tea Tree Oil

Tea tree oil selama ini memang kandungan yang bagus untuk mengurangi peradangan akibat jerawat. Namun tak hanya untuk jerawat saja, karena tea tree oil juga dapat digunakan untuk menghalau kutu dan juga telur – telurnya bersarang di rambut Anda. Tak lain karena sifat anti parasit dan anti mikroba yang dimiliki tea tree oil.

Karenanya pilih sampo yang berbahan tea tree oil untuk membersihkan rambut Anda setiap hari. Kandungan minyak alaminya juga mampu melembabkan kulit kepala dan mencegah iritasi akibat alergi karena kutu.

Selain itu tea tree oil juga bisa digunakan secara langsung untuk menyingkirkan kutu berserta telur – telurnya dari rambut dan kulit kepala. Cara menggunakannya cukup tuangkan sedikit minyak tea tree oil ke telapak tangan. Kemudian oleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit kepala dan rambut lalu gunakan penutup kepala.

Diamkan selama hampir semalaman, lalu di pagi hari segera ambil sisir serit untuk menyingkirkan kutu dan telurnya dari rambut. Barulah bilas dengan air hangat hingga sisa – sisa kutu hilang. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, ulangi pemakaian selama 2 hari sekalihingga kutu dan telurnya benar- benar hilang.

5. Sabun Cuci Beraroma Lemon

Memang terdengar agak aneh saat mengetahui cara menghilangkan kutu di rambut dengan sabun cuci. Ini karena kutu memang agak bandel dan sulit untuk pergi dari penderitanya. Pemilihan sabun cuci beraroma lemon karena jenis sabun ini memiliki kandungan yang tidak terlalu keras namun mampu membasmi kutu dengan tidak membuat rambut jadi rusak.

Cara menggunakannya sama seperti menggunakan sampo pada umumnya. Tuangkan ke kulit kepala dan usap hingga berbusa lalu diamkan selama 15 menit. Jangan terlalu lama karena bisa membuat kulit kepala teriritasi. Sambil dipijat, sisir rambut menggunakan sisir halus khusus untuk menyingkirkan kutu dan telurnya. Setelah itu bilas hingga bersih dari sisa – sisa sabun.

6. Cuka sari apel

Bahan selanjutnya yang juga cukup efektif menghilangkan kutu dan telur-telurnya dari rambut ialah cuka sari apel. Kandungan cuka yang bersifat asam mampu menghilangkan telur kutu sekaligus membuat kulit kepala dan rambut jadi lebih asam. Sehingga telur enggan bersarang karena asam dapat membahayakan kutu dan telur – telurnya.

Untuk menggunakannya, cukup oleskan cuka apel di seluruh sela – sela rambut dan kulit kepala secara merata. Kemudian tutup rambut dengan menggunakan penutup kepala dandiamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air biasa hingga bersih, untuk hasil yang lebih maksimal hindari penggunaan sampo untuk membilas rambut.

7. Lotion atau pelembab

Langkah selanjutnya untuk menghilangkan telur kutu ialah dengan menggunakan krim atau lotion pelembab.Pilih lotion atau krim yang bisa mengurangi gatal dan peradangan misalnya yang mengandung antihistamin atau hidrokortison. Selain dapat meredakan rasa sakit akibat rasa gatal yang mengganggu, krim juga akan membuat telur tak lagi menempel di folikel rambut.

Sehingga mudah luruh dengan sendirinya. Caranya cukup oleskan secara merata di seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Kemudian tutup rapat menggunakan penutup kepala berbahan plastik. Diamkan selama 15 menit, lalu sisir seluruh rambut untuk menghilangkan kutu sekaligus telur yang menempel. Bilas dengan air hangat sampai benar – benar bersih.

8. Bersihkan Semua Pakaian dengan Air hangat

Menjaga kulit kepala tetap bersih dengan sampo saja tak cukup efektif menghilangkan telur kutu. Perlu ada tindakan pencegahan berkelanjutan untuk menghindarkan diri terjangkit kutu kembali. Salah satunya dengan membersihkan sisir, baju, pakaian dan semua alat – alat pribadi menggunakan air panas atau hangat.

Hal ini supaya kutu dan telur – telur kutu tak dapat bersembunyi di sana yang nantinya akan kembali lagi. Gunakan tindakan pencegahan lain dengan tidak berbagi sisir, baju atau barang pribadi lainnya dengan orang yang terjangkit kutu rambut. Meski kutu bukanlah parasit yang menular. Tetapi ia bisa hinggap di rambut Anda dan jika sudah nyaman tak akan mau pergi serta akan berkembang biak di sana. Mengerikan bukan?

Demikian cara menghilangkan telur kutu yang bersarang di rambut dengan bahan – bahan yang ada di rumah. Meskipun terlihat simpel, namun cara membersihkan telur kutu ini sangat efektif. Terlebih jika Anda melakukan treatment tersebut dengan rutin dan konsisten. Sebab hasil yang maksimal akan didapat dengan penggunaan rutin disertai pola hidup yang sehat. Semoga bermanfaat.

Pencarian:

  • cara menghilangkan kutu rambut cepat loc:ID
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.