February 24, 2024
Ide Usaha Kuliner dengan Food Truck

Sekarang ini, segala sesuatu membawa konsep kekinian, termasuk usaha juga kekinian. Salah satu konsep usaha kekinian adalah membuka food truck dengan memanfaatkan mobil usaha. Food truck jauh lebih praktis dan menguntungkan dibandingkan dengan membuka restoran dengan modal besar.

Food truck sendiri bisa dijalankan dengan menggunakan kendaraan yang ukurannya cukup besar, misalnya trailer atau van. Kemudian lengkapi kendaraan tersebut dengan berbagai perlengkapan untuk persiapan bahan, memasak, proses penyajian, dan penjualan makanan.

Ide Usaha Kuliner dengan Food Truck

Ide Usaha Kuliner dengan Food Truck

Apa saja yang bisa dijual dengan menggunakan sistem food truck? Salah satu contoh food truck lokal adalah pedagang tahu bulat yang menjajakan makanan ringan di atas kendaraan pick up. Tapi, ada banyak ide jualan food truck lain yang bisa Anda pertimbangkan.

1. Es Krim

Di beberapa negara lain, sudah banyak food truck yang menjual es krim. Di Indonesia, es krim keliling biasanya dijual menggunakan gerobak dorong atau sepeda motor. Masih belum banyak pedagang es krim yang menjual dagangannya menggunakan food truck.

Agar bisa menarik perhatian banyak orang, baik anak-anak maupun yang sudah dewasa, siapkan mobil yang ceria dan mampu menggambarkan manisnya es krim. Gunakan warna-warna pastel dan cerah seperti kuning muda, baby blue, dan pink untuk membuat truk jualan es krim yang lebih menarik.

2. Fast food

Beberapa orang tidak suka masuk ke kios penjual makanan ketika sedang terburu-buru. Biasanya, orang-orang sibuk tersebut lebih memilih membeli makanan cepat saji agar bisa segera dibawa pergi. Salah satu ide jualan yang bisa memenuhi keinginan mereka adalah menjual fast food.

Burger, kebab, dan fast food lain sangat cocok dijual di mobil untuk jualan. Tapi pastikan fast food yang Anda jual punya nilai uniknya sendiri. Misalnya, Anda bisa menjajakan burger udang atau kebab vegetarian dengan isian tempe sebagai pengganti daging.

Dengan produk yang unik, menarik, dan tidak sama dengan food truck lain, bisnis kuliner Anda akan lebih ramai pembeli.

3. Dessert bar

Pancake dan waffle adalah dua snack yang proses pembuatannya sangat mudah dan tidak memerlukan alat yang penggunaannya terlalu rumit. Sediakan berbagai pilihan topping agar konsumen bisa memilih topping yang paling sesuai dengan selera masing-masing.

Waffle dan pancake seringkali disajikan dengan saus maple. Anda bisa menyediakan pilihan topping yang lebih bervariasi, seperti saus coklat, madu, es krim vanila, dan lain sebagainya. Dengan berbagai pilihan menarik, lebih banyak orang akan tertarik untuk mendekati kendaraan bisnis Anda.

Mobil usaha bisa menjadi ide cemerlang untuk mendapatkan pemasukan tambahan. Bahkan, Anda bisa membuka kesempatan kerja bagi orang lain dengan membuka food truck. Coba pertimbangkan tiga ide food truck di atas lalu jalankan bisnis kuliner Anda sendiri menggunakan kendaraan usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *