Informasi Kecantikan, Kesehatan, Ibu dan Anak

12 Cara Mengatasi Depresi Yang Mudah Dan Terbukti Berhasil

Tahukah Anda, menurut penelitian, 1 dari 7 orang merasa sangat menderita karena depresi pada beberapa titik di hidupnya. Faktanya, saat ini, kurang lebih 150 juta orang merasa tertekan dan menderita akibat depresi di berbagai belahan dunia.

Menurut WHO, pada tahun 2020, depresi akan menjadi penyakit kedua yang sangat lazim ditemukan di berbagai belahan dunia. Prediksi yang cukup mencengangkan, bukan? Apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah hingga mengatasi penyakit satu ini? Ada berbagai macam perawatan khusus yang bisa didapatkan untuk mengatasi penyakit ini. Akan tetapi, terkadang kita tak benar-benar tahu ke mana harus mencari perawatan dan pengobatan untuk mengatasi depresi.

Cara Mengatasi Depresi Tanpa Obat

Namun Anda tak perlu khawatir jika memiliki gejala depresi dan ingin segera mengatasinya, ada 12 cara mengatasi depresi secara alami tanpa menggunakan obat-obatan yang bisa Anda praktekkan di rumah.

1. Konsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang

Meski terdengar hampir tak berhubungan, tapi konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang dapat membantu memperbaiki mood yang naik turun. Hindarkan diri dari mengonsumsi junk food dan makanan cepat saji yang tidak terjamin kandungan nutrisinya.

2. Konsumsi Buah dan sayuran

Mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin dapat memenuhi asupan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk men-support mood Anda. Kandungan asam folat yang tinggi pada buah dan sayuran dapat membantu merangsang proses metabolisme pada otak. Di mana kekurangan asupan asam folat justru dapat memicu depresi. Anda bisa mengonsumsi bayam, asparagus, brokoli, alpukat, dan bermacam-macam buah serta sayuran yang mengandung folat secara bergantian.

3. Asupan Protein

Mengonsumsi makanan mengandung protein yang cukup sangat dibutuhkan tubuh untuk mendukung fungsi sistem saraf dan menyeimbangkan hormon Anda. Protein selain menyediakan energi juga meningkatkan mood baik.

4. Asupan Lemak baik

Lemak menyediakan kandunga vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan energi dan menaikkan mood kembali. Mengonsumsi lemak juga dapat menangkal radikal bebas yang bisa memicu depresi. Namun, tidak semua lemak yang kita ketahui termasuk dalam golongan lemak baik yang sangat bermanfaat ini. Bahkan, mengonsumsi lemak trans justru meningkatkan resiko depresi. Jadi, pandai-pandailah mengonsumsi lemak baik yang biasanya terkandung pada alpukat, minyak kelapa murni, minyak zaitun murni, hingga kandungan omega 3 pada kacang-kacangan.

5. Probiotik

 

Mengonsumsi makanan mengandung probiotik dapat meningkatkan energi, mendukung fungsi kognitif dan sangat baik bagi kesehatan mental Anda. Makanan mengandung probiotik yang bisa Anda konsumsi seperti yogurt, susu kefir, keju segar, dan sayuran yang difermentasi.

6. Hindari konsumsi makanan olahan karbohidrat dan gula

Pernahkah Anda menyadari, saat berada di dalam tekanan, Anda cenderung makan karbohidrat dan gula dalam jumlah banyak. Misalnya mengonsumsi nasi berlebihan, keripik kentang hingga minum minuman yang manis. Hal ini dikarenakan karbohidrat memicu pelepasan enzim serotonin yang membantu memperbaiki mood. Meskipun demikian, konsumsi karbohidrat dan gula berlebih juga dapat memicu kenaikan berat badan, susah tidur, kehilangan semangat, hingga akhirnya memperparah depresi yang sedang dialami.

Bahkan pada beberapa penelitian diketahui bahwa makanan dengan kadar gula tinggi memiliki korelasi dengan peningkatan kemungkinan depresi. Asupan makanan mengandung olahan karbohidrat dan gula berbahaya bagi otak Anda karena memicu stress dan peradangan pada otak.

Untuk mengurangi gejala depresi dan mendukung kesehatan otak, sebaiknya hindari konsumsi makanan kemasan produk makanan yang terbuat dari olahan karbohidrat dan gula. Tetaplah mengonsumsi makanan dalam keadaan utuh dan alaminya.

7. Konsumsi minyak ikan

Kandungan omega 3 pada minyak ikan berperan penting bagi neurotransmitter, sebuah bagian penting yang memengaruhi kondisi emosional dan psikologis pada keseimbangan otak. Lewat sebuah penelitian yang dipublikasikan CNS Neuroscience Theraetpeutic, Omega 3 dipercaya sangat membantu mengurangi gejala depresi pada beberapa responden hingga 50 %.

8. Terapi dengan minyak lavender

Minyak lavender dipercaya mampu mengatasi depresi secara alami dengan melegakan stress, menghadirkan perasaan damai dan meningkatkan kualitas tidur.

Yang harus Anda lakukan jika ingin menggunakan minyak lavender sebagai ramuan penghilan depresi adalah,

  • Encerkan beberapa tetes minyak lavender pada air hangat sebelum mandi
  • Sebarkan 4-5 tetes minyak pada kamar di malam hari sebelum tidur
  • Aplikasikan 2-3 tetes minyak pada kulit pipi, dahi, dan tulang selangka di pagi hari

9. Vitamin D3

Vitamin D sangat disarankan untuk dikonsumsi saat sedang menjalani proses manajemen depresi. Hal ini dikarenakan vitamin D di dalam tubuh dapat berubah menjadi senyawa yang sangat berguna dalam pengobatan depresi.

Vitamin D berperan seperti hormon dan mempengaruhi kerja otak di mana dapat menurunkan resiko depresi dan penyakit mood lainnya.

10. Membangun hubungan baik dan mendapatkan dukungan

Salah satu cara paling alami mengatasi depresi adalah dengan menjalin hubungan baik dan mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat. Depresi adalah sebuah kondisi kejiwaan yang sangat tidak mudah dihadapi sendiri.

Anda bisa bergabung dengan sebuah komunitas positif yang mampu saling memberi dukungan untuk melewati saat-saat terberat dalam hidup, saling menguatkan secara spiritual dan semakin mendekatkan diri pada Tuhan.

Dalam sebuah penelitian di University of Michigan dibuktikan bahwa kualitas hubungan sosial adalah faktor utama yang berisiko menyebabkan depresi berat. Seseorang dengan kualitas hubungan sosial yang buruk cenderung rentan terkena depresi dibanding orang yang memiliki kualitas hubungan sosial yang sehat.

11. Olahraga

Saat Anda melakukan olahraga secara rutin, tubuh tidak hanya akan terasa lebih sehat, energi lebih meningkat, meningkatkan kepercayaan diri, hingga membuat waktu tidur menjadi lebih lelap. Anda bisa mencoba jenis olahraga apa pun yang diminati. Tetapi, berjalan-jalan di sekitar rumah saat udara masih segar di pagi hari dapat mengembalikan hormone bahagia Anda.

12. Mencari kegiatan di luar ruangan

Saat Anda menyadari adanya gejala-gejala depresi, sebaiknya luangkan waktu untuk melakukan kegiatan di luar ruangan. Asupan vitamin D yang Anda dapatkan saat keluar rumah terutama di pagi hari dapat membantu mengurangi gejala depresi.

Anda bisa jalan-jalan ke tempat wisata alam yang masih asri dan sepi pengunjung dan nikmati udara bersih yang mengalir ke dalam paru-paru. Hal ini dapat membuat Anda menjadi lebih rileks dan positif menjalani hari-hari selanjutnya.

Nah, itulah tadi 12 cara mengatasi depresi secara alami tanpa menggunakan obat-obatan yang bisa Anda praktekan di rumah. Depresi adalah gangguan kesehatan yang bisa menyerang siapa saja di tengah himpitan beban kehidupan yang semakin berat. Jadi, jika Anda mulai merasakan stress hingga gejala-gejala depresi, segera ambil tindakan tepat untuk mengatasinya. Tanamkan pikiran positif selalu di dalam diri Anda dan jangan lupa tersenyum karena kebahagian itu ada di dalam diri kita sendiri. Selamat mencoba

Leave A Reply

Your email address will not be published.