Tak Perlu Refreshing di Tempat yang Jauh, Cukup Dalam Rumah Dimana Tumbuhan Hijau Tumbuh

Tempat tinggal atau rumah adalah apa yang ingin dimiliki oleh banyak orang. Apalagi bagi yang sudah berkeluarga. Memiliki rumah sendiri merupakan sesuatu yang ingin dicapai sesegera mungkin. Mengingat harga bahan bangunan atau tanah sekarang ini tinggi, berbagai pekerjaan dilakukan untuk menambah jumlah pundi-pundi uang agar mampu membeli kebutuhan yang diinginkan.

Bersamaan dengan hal tersebut, pastilah setiap orang sudah membayangkan akan seperti apa rumahnya nanti. Apakah dengan model minimalis ataupun model yang lainnya. Setiap ruangan didesain sedemikian rupa sesuai dengan keinginan. Tidak terkecuali taman yang mungkin bisa menambah kesegaran suasana hunian. Di bawah ini ada beberapa contoh taman rumah yang mungkin bisa dijadikan referensi.

1. Sederhana tapi memberi kesan segar yang luar biasa

Jika memiliki lahan tempat tinggal yang tidak terlalu besar, contoh taman seperti ini bisa dijadikan referensi. Sebenarnya agak berlebihan jika menyebutnya sebagai taman. Hal tersebut disebabkan karena tumbuhan hijau yang akan dipakai terkesan tidak tertata dengan rapi. Beberapa tumbuhan kecil diletakkan menyebar dalam ruangan dengan diletakkan di pot-pot kecil.

2. Satu jenis tumbuhan

Taman tidak harus selalu dipenuhi dengan bunga warna-warni. Seperti yang terlihat pada gambar, taman hanya diisi dengan satu jenis tumbuhan. Tumbuhan tersebut bisa didampingi dengan batuan kolam yang tersebar sebagai alas jalan. Bisa juga ditambah dengan kolam kecil berisi ikan. Cocok sekali digunakan sebagai tempat refreshing setelah lelah bekerja seharian.

3. Dinding tumbuhan yang melegakan ketika dipandang

Bagi yang memiliki rumah dengan ukuran besar, jangan khawatir akan menghiasnya dengan apa. Kebanyakan orang akan berpikir untuk memasang lukisan-lukisan besar agar ruangan tidak terlihat kosong. Hal itu bisa diganti dengan membuat dinding tumbuhan. Tumbuhan ditata sedemikian rupa agar terlihat seperti tumbuh dari dinding ruangan.

4. Taman dalam rumah

Ruang terbuka bisa dihadirkan dalam rumah. Caranya adalah dengan membuat taman, kemudian taman itu diberi atap menggunakan fiber. Cahaya matahari masih bisa masuk dengan leluasa dan ruang terbuka bisa didapat dengan mudah. Taman pun tidak perlu terlalu banyak diisi dengan tanaman. Cukup rumput dan satu sampai dua jenis tumbuhan saja.

5. Lukisan tanaman 3D

Jangan berpikir bahwa gambar yang ada merupakan lukisan yang sebenarnya. Tumbuhan hijau bisa ditampilkan dalam rumah dengan cara yang mudah. Beberapa jenis tumbuhan ditata sedemikian rupa seperti yang terlihat pada gambar. Cara ini memudahkan orang-orang yang memiliki luas hunian yang tidak terlalu besar, tapi tetap menginginkan adanya kehadiran tumbuhan hijau dalam rumah.

6. Taman kecil penghubung antar ruang

Taman bisa diaplikasikan dengan cara yang berbeda. Seperti yang terlihat pada gambar, taman ditata sebagai penghubung antar ruang. Tanaman yang dibutuhkan pun tidak terlalu banyak. Jumlahnya disesuaikan dengan luas penghubung ruang yang akan digunakan. Agar tumbuhan tetap mendapat jatah sinar matahari sesuai porsi, gunakan fiber sebagai atapnya. Dengan begitu tumbuhan yang ada tetap bisa tumbuh dengan semestinya.

7. Tanaman dalam pot tidak akan bikin repot

Bila yang muncul dalam benak ketika taman disebut adalah sekumpulan tumbuhan yang akan membuat hidup semakin repot, maka harus tahu terlebih dahulu jenis taman seperti yang terlihat pada gambar. Hanya ada sedikit ruang untuk rumput tumbuh langsung dari tanah.

Sisanya adalah tumbuhan diletakkan dalam pot-pot. Peletakan bisa bervariasi menggunakan tangga atau juga bisa pot kecil diletakkan di dinding. Acara berkumpul dengan keluarga semakin menyenangkan dengan melihat taman seperti ini.

Leave a Reply