Aneka Keripik Khas Indonesia yang Cocok Dijadikan Camilan Bersantai

Keripik adalah camilan favorit setiap orang. Hampir semua negara memiliki berbagai keripik yang khas dari daerah masing-masing. Di Indonesia, ada banyak sekali aneka keripik dengan bahan-bahan yang beragam, mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga daging hewan. Lalu, apa saja keripik yang terdapat di Indonesia? Perhatikan daftar berikut ini.

Aneka Keripik yang Ada di Indonesia

Keripik Tempe

1. Keripik tempe

Tidak hanya dijadikan lauk untuk makan atau gorengan, ternyata tempe juga bisa dijadikan keripik. Keripik tempe ini memang bisa dikatakan sangat khas dari Indonesia. Bagi Anda para penggemar tempe namun tidak ingin terlalu merasa kenyang, Anda bisa mencoba untuk memakan keripik tempe ini. Keripik ini bisa dijadikan pelengkap makan berat atau sekadar teman ngobrol dengan teman-teman.

2. Keripik pisang khas Lampung

Keripik berikutnya datang dari Lampung, yaitu keripik pisang. Seperti namanya, keripik ini terbuat dari bahan pisang. Berbeda dari keripik pisang lainnya, keripik pisang khas Lampung ini memiliki varian rasa yang cukup beragam, mulai dari keju, melon, stroberi, susu, cokelat, dan sebagainya. Tidak heran jika keripik ini tidak pernah absen diborong oleh para pendatang sebagai oleh-oleh.

3. Rempeyek

Rempeyek merupakan keripik yang cukup melegenda karena sudah ada sejak dulu. Untuk menemukan keripik rempeyek ini sangat mudah karena di setiap daerah umumnya sudah ada, baik itu dijual di warung kelontong maupun tempat makan. Makanan ini dibuat dari bahan tepung dan telur yang kemudian ditaburi dengan kacang tanah yang gurih. Namun, beberapa daerah biasa mengganti kacang dengan bahan lain seperti udang.

4. Sale pisang

Selain bisa dijadikan sebagai keripik biasa, pisang juga dapat diolah menjadi sale pisang. Tidak seperti keripik pada umumnya, sale pisang memiliki tekstur yang sedikit lebih basah meski masih terdapat nuansa krispi. Makanan ini sangat cocok dijadikan camilan dalam perjalanan karena selain enak, sale pisang juga bisa berguna untuk menahan lapar. Jadi, jika Anda belum sempat untuk makan, mengonsumsi sale pisang akan membantu.

5. Opak

Opak merupakan camilan khas dari daerah Sunda. Mungkin sudah banyak yang familiar dengan makanan ini karena sering muncul di berbagai sinetron seperti Keluarga Cemara. Opak terbuat dari bahan tepung beras dan bumbu-bumbu lainnya. Makanan ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih sehingga cocok untuk lidah siapa saja. Biasanya opak sering dihadirkan bersama makanan utama seperti mie ayam.

6. Keripik sanjai khas Padang

Tidak hanya Lampung, Padang juga memiliki keripik yang sangat khas, yakni keripik sanjai. Kerupuk ini dibuat dari bahan singkong yang dipotong secara memanjang dengan rasa yang sangat lezat. Para pecinta makanan balado wajib untuk mencicipi keripik ini. Rasanya yang pedas dan manis akan membuat lidah bergoyang dan merasakan sensasi yang unik.

7. Keripik cabe

Keripik yang terakhir ini mungkin terlihat asing karena biasanya capai digunakan sebagai bumbu atau bahan pembuatan sambal. Namun, jangan salah karena rasa keripik cabe sangat unik dan bisa jadi membuat orang ketagihan. Rasa renyah akan bercampur dengan pedas. Bagi Anda para pecinta rasa pedas, jangan sampai melewatkan keripik yang satu ini. Jangan lupa untuk menyiapkan air minum yang cukup.

Itulah beberapa keripik yang terdapat di Indonesia. Sebenarnya masih ada banyak sekali keripik yang belum tersebut di atas. Hal ini karena Indonesia sangat kaya akan hasil alam yang semuanya bisa dijadikan bahan untuk membuat keripik. Yang jelas, masing-masing tentu memiliki rasa yang khas dan tidak dapat digantikan dengan yang lainnya.

Leave a Reply