Gaya Hidup

Ayo Jadikan Buka Bersamamu lebih Bermanfaat!

Ilustrasi Makan Bersama

Saat Ramadan tiba, pasti nanti undangan untuk buka bersama atau bukber akan berdatangan. Mulai dari teman kantor, teman kuliah, teman SMA, teman nongkrong, bahkan hingga teman SMP dan SD sekalipun. Bukber sudah menjadi agenda rutin setiap kali Ramadan tiba.

Dengan buka bersama, kita bisa meningkatkan tali silaturrahmi. Apalagi dengan teman-teman lama yang sudah lama tidak bertemu. Bisa menjadi ajang reunian dan temu kangen bersama teman-teman lama. Yang tadinya sempat lost contact, mungkin bisa menjalin komunikasi ulang sehingga tali silaturrahmi semakin dipererat.

Namun kadang, pernahkah kamu berfikir bahwa buka bersama yang kamu jalani bermanfaat? Kenyataannya saat bukber, justru salat Magrib dilupakan dan salat Isya serta Tarawih ditunda-tunda. Padahal, bulan Ramadan adalah bulan kebaikan yang seharusnya kita meningkatkan ibadah kita.

Tak jarang memang, saat bukber orang melupakan salat maghrib karena keasyikan makan, foto, dan mengobrol. Orang lebih mementing soal tempat dan menu bukber dibandingkan salatnya nanti bagaimana. Yang niat awalnya bagus, malah menjadi dosa karena ibadah wajib yang ditinggalkan.

Belum lagi, kalau sudah ketemu teman lama, rasanya ingin mengobrol terus. Tak masalah kalau yang diobrolkan bermanfaat. Tapi kalau yang diobrolkan lama-lama menjadi gosip dan ngomongin orang lain bagaimana? Yang ada malah pahala puasa kamu bisa berkurang atau yang lebih buruk bisa menjadi dosa.

Seharusnya, dibanding untuk mengobrol, waktu kamu bisa digunakan untuk mempersiapkan salat. Bahkan, bisa saja acara bukber kamu dilanjutkan dengan acara tarawih bersama, sehingga kamu tidak ketinggalan dan tidak meninggalkan ibadah yang hanya ada saat Ramadan ini.

Selain itu, acara buka bersama tidak harus selalu di restoran atau kafe-kafe. Kamu bisa mengadakan acara buka bersama di masjid sambil mendengarkan tausyiah dan salat berjamaah. Dijamin acara bukber kamu akan bermanfaat dan bisa menambah pahala.

Ikut bukber di masjid kamu jadi tidak perlu khawatir dengan salat maghrib, karena salat maghrib kamu pasti tepat waktu dan dilakukan berjamaah, sehingga pahalanya lebih besar. Selain itu, mendengarkan tausyiah bisa menambah ilmu agama kamu, apa salahnya?

Selain di masjid, kamu juga bisa menggelar acara buka bersama di panti asuhan ataupun di rumah dengan anak yatim piatu. Buka bersama dengan mereka bisa menjadikan kamu sebagai manusia yang lebih bersyukur. Selain itu, kamu juga bisa menyisihkan sebagian rezeki kamu untuk mereka sebagai sedekah.

Nah, jadi untuk Ramadan kali ini, pastikan agar acara buka bersama kamu menjadi lebih bermanfaat. Boleh-boleh saja menghadiri berbagai undangan buka bersama dari berbagai macam teman. Namun, jangan jadikan bukber sebagai alasan untuk meninggalkan ibadah. Karena sejatinya, Ramadan adalah saat bagi kita untuk memperbanyak amal kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *