Ternyata Buah-Buahan ini Bagus Dimakan Dengan Kulitnya

Ada banyak cara mengkonsumsi buah-buahan. Biasanya, kita mengkonsumsi buah dengan cara dimakan langsung, dibuat jus, atau ada yang dibuat menjadi salad buah. Buah memiliki banyak kandungan vitamin dan serat yang bagus untuk tubuh kita.

Ketika kita mengkonsumsi buah dengan cara dimakan langsung, biasanya kita akan mengupas terlebih dahulu kulitnya untuk dinikmati daging buahnya. Namun ada juga yang dimakan tanpa dikupas san bersama dengan kulitnya karena beranggapan bahwa tanpa dikupas maka kandungan serat atau vitaminnya lebih banyak.

Buah-Buahan yang Bagus Dimakan Dengan Kulitnya

Ternyata, memang ada beberapa jenis buah yang lebih baik dikonsumsi dengan kulitnya. Nah, buah apa sajakah itu?

1. Apel

Apel dengan kulitnya mengandung antioksidan dan fitonutrien. Antioksidan dapat membantu mencegah penyakit alzheimer dan penyakit degeneratif lainnya. Kulit apel juga memiliki kandungan pektin berupa serat larut yang dapat membuat kadar kolesterol jahat dan gula berlebih menurun. Kandungan pektin tersebut juga membuat rasa kenyang lebih lama sehingga cocok untuk diet.

2. Kiwi

Agak aneh memang, membayangkan memakan kiwi dengan kulitnya. Tetapi, apabila kiwi dimakan dengan kulitnya, kandungan serat dan vitamin C menjadi 3 kali lebih banyak. Selain vitamin C, kandungan vitamin E, serotonin, dan potasium dapat diperoleh lebih maksimal jika dikonsumsi bersama dengan kulit.

3. Anggur

Anggur juga ternyata baik dikonsumsi bersama dengan kulitnya. Kulita anggur, khusunya anggur merah, memiliki kandungan zat resvetarol yang kaya yang bisa membuat kesehatan jantung dan otak tetap terjaga. Zat ini bahkan diyakini bisa mencegah kanker.

4. Pir

Kulit pir juga mengandung serat dan nutrisi yang baik. Kulit pir kaya akan fitonutrien, mineral, dan juga anti-inflamasi. Selain itu, terdapat vitamin C dan K yang berfungsi sebagai antioksidan.

5. Plum

Kulit plum ternyata lebih memiliki kandungan serat yang lebih banyak dibandingkan daging buahnya. Kulit plum mengandung asam klorogenat yang berfungsi sebagai antioksidan dan sumber vitamin C.

Selain itu, terdapat pula fitonutrien, senyawa yang dapat membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Mengkonsumsi plum dengan kulitnya dapat membantu menghilangkan sembelit dan mengatasi masalah pencernaan.

6. Tomat

Tomat memang masih dalam perdebatan antara buah atau sayuran. Entah itu buah atau sayuran, tomat baik dikonsumsi dengan kulitnya. Tomat memang umum dikonsumsi tanpa dikupas lebih dahulu dam ternyata kandungan nutrisinya paling banyak di kulit. Tomat kaya akan karotenoid, potasium, vitamin A, C, dan E.

7. Mentimun

Timun memang dikategorukan sebagai sayuran, namun timun juga bisa termasuk dalam golongan buah. Timun dapat dikonsumsi dengan kulitnya. Kulit timun mengandung fosfor, potasium, kalsium, magnesium, serta vitamin A dan K. Kulit timun juga kaya akan serat dan air. Selain itu, kulit timun juga mengandung silika yang baik untuk kesehatan kulit dan kuku.

Leave a Reply