Beasiswa Kuliah di Jepang ini Bisa Membantu Kamu Mewujudkan Mimpi Kamu

Banyak orang yang bermimpi ingin menempuh pendidikan ke luar negeri salah satunya Jepang. Banyak alasan yang mendasarinya, seperti ingin mempelajari ilmu dan budaya baru atau karena ingin mempelajari pengetahuan yang tidak bisa dipelajari di tanah air. Yang jelas, pendidikan di Jepang yang lebih maju membuat banyak orang ingin ke sana.

Masalahnya, tidak semua orang bisa kuliah di Jepang. Karena jika ingin kuliah dengan modal sendiri, tentu membutuhkan biaya yang sangat besar. Maka dari itu, banyak orang berburu beasiswa.

Beasiswa apa saja yang bisa mengantarkan kamu kuliah ke Jepang? Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Monbukagakusho Scholarship

Beasiswa ini sudah terkenal di kalangan pemburu beasiswa Jepang. Monbukagakusho merupakan beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Sains, dan Teknologi Jepang. Ada 6 jenis beasiswa yang ditawarkan setiap tahunnya mulai dari jenjang Diploma hingga ke Reseaerch student dan juga pertukaran pelajar.

Penerima beasiswa ini nantinya akan mendapatkan tunjangan hidup sebesar ¥117.000 hingga ¥148.000 per bulannya. Ada beberapa persyarayn yang harus dipenuhi untuk beasiswa ini, untuk lebih lanjutnya kamu bisa mengunjungi situs kedutaan Jepang.

2. Mitsui Bussan Scholarship

Beasiswa ini ditujukan untuk lulusan SMA yang ingin melanjutkan studi S1 ke Jepang. Berbeda dengan yang sebelumnya, beasiswa ini didanai Mitsui & Co Ltd. yang bekerja sama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Tunjangan hidup yang diberikan oleh beasiswa ini sekitar ¥145.000 per bulan yang juga masih dilengkapi beberapa fasilitas lain. Beasiswa ini cocok untuk kamu yang ingin mempeljarai budaya di Jepang. Informasi lebih lanjut bisa kamu ketahui melalui website resminya.

3. Nagoya University Global 30 Undergraduate School

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa internasional jenjang S1 yang memenuhi syarat untuk masuk ke Nagoya University. Pihak universitas akan menilai kemampuan akademik, prestasi, kegiatan kurikuler, dan kemampuan finansial.

Beasiswa ini akan memberikan dana tunjangan tahunan senilai ¥500.000 dan juga pendanaan penuh 4 tahun di universitas. Pembukaan pendaftaran biasanya diumumkan pada musim gugur, maka dari itu rajin-rajinlah mengecek situs resminya.

4. Japan Foundation for UNU Scholarship for Developing Countries

Beasiswa ini khusus untuk yang ingin mengejar gelar Master of Science in Sustainability di United Nations University. Biaya kuliah 2 tahun akan ditanggung dan penerima beasiswa akan diberi biaya hidup sebesar ¥150.000 per bulan.

Mahasiswa yang mendaftar beasiswa ini haruslah mahasiswa yang berasal dari negara yang masuk dalam daftar OECD DAC.

Itulah beberapa beasiswa yang bisa kamu manfaatkan jika ingin kuliah di Jepang. Sebenarnya, jika kamu pintar-pintar mencari informasi, ada banyak beasiswa lain yang bisa kamu coba juga. Maka dari itu, jangan khawatir untuk kuliah di Jepang meski kamu tidak punya biaya. Karena ada banyak jalan yang bisa mengantarkan kamu menuju mimpi kamu.

Leave a Reply