Jangan Sepelekan Laporan Keuangan Perusahaan!

Laporan keuangan untuk suatu perusahaan memang merupakan hal yang penting, laporan keuangan digunakan untuk mengambil keputusan dan pertanggungjawaban kewajiban pajak. Berbeda dengan UKM, dimana laporan keuangan biasanya digunakan hanya untuk mengambil keputusan bagaimana kedepannya usaha UKM mereka, namun UKM yang sudah masuk dalam kriteria wajib pajak, mereka juga menggunakan laporan keuangan untuk mengatur pajak umkm nya.

Membuat laporan keuangan itu tidak sulit, banyak orang yang beranggapan bahwa laporan keuangan merupakan hal yang rumit. Namun hal itu kembali ke masing-masing diri nya lagi. Jika dikerjakan dengan benar dan mengikuti aturan-aturan akuntansi yang berlaku, maka laporan keuangan bisa dikerjakan dengan mudah. Selain itu, sekarang ini sudah banyak software-software yang dapat membantu aktivitas akuntansi seperi software pembukuan.

Pentingnya Laporan Keuangan

Software pembukuan merupakan salah satu bagian dari aplikasi akuntansi yang dapat membantu penggunanya membuat pembukuan secara cepat, tepat, akurat, dan simpel. Menggunakan software terebut juga lebih hemat waktu dan biaya, apalagi jika software nya sudah terintegrasi dengan software-software lain seperti aplikasi keuangan lainnya. Jadi, sebenarnya sudah tidak ada alasan lagi sebuah perusahaan merasa kesulitan dalam membuat laporan keuangan. Jangan sampai anda menyepelekan laporan keuangan lho! karena bisa saja ada oknum jahat yang menyalahgunakannya, dari sinilah biasanya orang-orang melakukan korupsi.

Neraca keuangan, laba, dan rugi setiap perusahaan juga tentu diatur oleh laporan keuangan. Adanya catatan yang lengkap mengenai laporan keuangan tersebut membuat pengelola perusahaan mudah mendapatkan investor. Misalnya, jika anda membutuhkan modal atau kredit, pastinnya seorang investor atau kreditur meminta laporan keuangan perusahaan anda. JIka laporan keuangannya saja dicatat dengan tidak rapi, tidak lengkap, jangan harap mereka menyetujui keinginan anda. Berbeda halnya dengan laporan keuangan yang rapi, mudah dibaca, dan yang paling penting adalah akurat.

Begitu juga dengan pajak, perhitungan pajak jangan disepelekan! Meskipun terlihat mudah, namun tentu saja perhitungannya tidak main-main. Dibutuhkan akuntan perpajakan untuk melakukan perhitungan pajak baik secara manual ataupun dengan bantuan aplikasi pajak. Pajak UKM sendiri diatur oleh PP No. 42 Tahun 2013 mengenai pajak penghasilan atas penghasilan dari usaha yang diperoleh wajib pajak yang memiliki peredaran bruto tertentu. Orang yang menghitung pajak harus sudah mengerti dasar-dasar hukum mengenai hal tersebut, sehingga mereka akan lebih cepat untuk mengambil keputusan dibandingkan orang-orang yang memang tidak mengerti pajak sama sekali.

Jadi, sebagai kesimpulan laporan keuangan pada perusahaan yang diatur oleh akuntansi perusahaan dan laporan keuangan UKM yang diatur oleh akuntansi UKM merupakan hal yang penting dan tidak bisa disepelekan. Masa depan bisnis atau usaha anda bisa ditentukan oleh laporan keuangan. Jika perusahaan anda selalu mengalami masalah keuangan misalnya uang yang tercampur, uang yang hilang, coba periksa laporan keuangan anda, apakah sudah dikelola dengan benar atau belum.

Leave a Reply